Advertising

Monday 29 November 2010

[wanita-muslimah] SPG Bisa Dipakai …

 

SPG Bisa Dipakai …

Banyak orang yang memandang rendah kerjaan sebagai SPG. Bahkan yang sudah
berpandangan positif pun, pada dasarnya masih undervalue pada profesi yang
satu ini. Padahal pada kenyataannya, terutama pada beberapa perusahaan,
ujung tombak perusahaan yah sudah jelas, ndak jauh jauh lagi, ya tentunya
para SPG ini lho.

Penampilan menarik, ramah, dan upayanya untuk bersapa ria dengan semua
kalangan, terutama yang profilnya merupakan target market produk mereka
seringkali disalah artikan sama sekali. Siapa bilang coba, bangsa kita
adalah bangsa yang ramah. Lha, wong masih suka kagetan begitu. Begitu ada
yang manis manis beramah tamah ria, yang muncul malah piktor – alias pikiran
kotor [image: :)]

Bahkan dari kalangan ibu yang berusaha menghargai, masih undervalue, "SPG
ada yang sholehah, lho …" Weikkks. Kasian amat dikau, SPG … [image: :D]

Dari piktor sampai memandang rendah begini kan sejatinya justru perwujudan
dari suatu bangsa yang tidak memahami arti keramahtamahan toh ya ? Iya apa
iya, hayooo ? [image: :P] Dalam rangka membersihkan nama SPG, sebenarnya
kerjaan mereka apa toh, ya ? Kita baca lagi, ramai ramai … Ini ilustrasi
contohnya dari teman. Jadi bukan angka dari perusahaan tertentu sih ….

*[sok suci dan sok baik mode on]*

*Promotion SPG
*Bertugas untuk berpromosi dengan target Consumer Contact or Consumer Trial.
Ini buat ngenalin produk kita.
*Consumer Contact -> Consumer Trial -> Consumer Sales (Effective Contact)*

KPI [Key Performance Index]:

*Quantitative*
1. Total Consumer Contact (check dari Contact Report)

- mini Market 20 to 30 / day
- Supermarket 50 to 70
- Hypermarket minimal 100

2. Ratio Effective Contact to Total Consumer Contact (For Promotion 60% to
70%)

*Qualitative*
1. Communication Skill
2. Appearance Performance

*Sales SPG*
Tugas Utama menjual Product dengan Informasi Point sebagai secondary. Total
penjualan jadi target mereka.
*Consumer Contact -> Consumer Sales (Effective Contact) -> Quantity Sold*

KPI [Key Performance Index]:

*Quantitative*
1. Total Consumer Contact mini Market 20 to 30 / day, Supermarket 50 to 70,
Hypermarket minimal 100
2 Ratio Effective Contact to Total Consumer Contact 80% to 90%

*Or if Sales is very-very role than Quantity shall be the parameter:
*1. Total Sales / Day (jumlah yang terjual dalam 1 hari) Target depend on
the product (Makin Banyak makin Bagus)
2. Trend Target, Perbandingan tahun/bulan/hari lalu dengan sekarang.
3. Set Benchmark for Average Sales per SPG per day, Tidak boleh lebih rendah
dari nilai tersebut.

*Qualitative*
1. Communication Skill
2. Appearance Performance

--
Aldo Desatura ® & ©
Twitter = @desatura
YM = desatura
Facebook = hanjakal@gmail.com

================
Kesadaran adalah matahari, Kesabaran adalah bumi
Keberanian menjadi cakrawala dan Perjuangan Adalah pelaksanaan kata kata

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment