Advertising

Thursday 30 May 2013

[wanita-muslimah] Berteman

 

130529

Berteman.

Bismi l-lahi r-rahmani r-rahiem.

Saat ini tidak ada yang dapat menolak kenyataan bahwa besar sekali pengaruh lingkungan terhadap perilaku seseorang; bahkan orang yang tidak punya gen (faktor keturunan) untuk gemuk akan menjadi gemuk jika dia berada di lingkungan yang orang-orangnya gemuk. Kegemukannya terjadi karena dia menganggap bahwa gemuk itu baik, dan dia merasa bahwa banyak makan tanpa kendali itu perilaku yang benar. Oleh karena itulah dalam memilih tempat tinggal, maka untuk "menyelamatkan" diri dan keluarga dari pengaruh buruk lingkungan pergaulan (tetangga), Rasulullah Muhammad saw. mengingatkan "Lihat dulu tetangga rumahnya sebelum menentukan rumah untuk dipilih".

Perilaku yang akhir-akhir ini banyak diberitakan di berbagai media massa dan dibicarakan banyak orang adalah munculnya berbagai macam bentuk geng, yang memunculkan banyak onar. Perilaku mereka itu dari sekedar suka berhura-hura <dengan ataupun tanpa pengaruh minuman keras ataupun narkoba secara umum>, perusakan, penjarahan, penganiayaan, sampai pun melakukan pembunuhan. Di geng itu ada pertemanan orang-orang yang dominan, yang jika ada seseorang yang bergabung kepadanya sebagai teman, maka teman-temannya yang "senior" mempengaruhinya, mengajaknya, ataupun bahkan memaksanya untuk berperilaku sama dengan "teman-teman" lainnya. Pemaksaan ini tidak jarang dilakukan dengan sekedar intimidasi (ancaman), pemalakan, ataupun bahkan penganiayaan. Demikianlah maka geng ini akan kian besar dari waktu ke waktu, kalaulah tidak dibendung.

Tidak salah kalau Rasulullah juga mengingatkan bahwa seseorang akan diwarnai oleh perilaku atau budaya temannya. Oleh karena itu pula diberitahukan jika ingin menilai seseorang lihatlah siapa temannya.

Jika akan memilih seseorang untuk menjadi teman pertimbangkan benar-benar siapa dia itu, yang secara sederhana digambarkan Rasulullah apakah dia itu penjual wewangian (parfum) ataukah tukang api pandai besi. Berteman dengan penjual parfum sejak awal pasti sudah menyenangkan karena telah ikut menikmati keharuman parfum, sedangkan berteman tukang api sejak awal sudah akan merasakan bau keringatnya ataupun bau asap, belum lagi besarnya peluang baju berlubang oleh percikan bara apinya.

Pertemanan yang baik, yang tidak mengakibatkan kerugian kita dalam memanfaatkan waktu dalam umur, sebenarnya sudah digambarkan oleh Allah SwT dalam surat al-`Ashri[103] ayat 1-3:

DEMI MASA (1); SESUNGGUHNYA MANUSIA ITU BENAR-BENAR BERADA DALAM KERUGIAN (2), KECUALI ORANG-ORANG YANG BERIMAN DAN MENGERJAKAN AMAL SALEH, SERTA NASIHAT-MENASIHATI SUPAYA MENTAATI KEBENARAN DAN NASIHAT MENASIHATI SUPAYA MENEPATI KESABARAN (3).

Perteemanan yang seperti itu akan meluruskan langkah kita dalam kehidupan dunia maupun akhirat, dan membangkitkan semangat ketika kita sedang "down".

Semoga dengan bentuk pertemanan yang seperti ini kita dapat membangun kelompok-kelompok kokoh-kuat yang setiap langkah dan usahanya penuh kegigihan dan mengarah ke kebaikan, yang merupakan komponen penting untuk tercapainya masyarakat sempurna sebagai negara yang adil makmur dalam ampunan Allah.

Wa l-Lahu a'lamu bi sh-shawwab

==============================

saw. = shalla 'l-Lahu 'alaihi wa sallam (Semoga shalawat Allah dan salamNya terlimpahkan pada Rasulullah Muhammad).

SwT. = subhanahu wa ta-'ala (Yang Maha Suci lagi Maha Tinggi kedudukanNya).

*** Kutipan ayat-ayat diperoleh dari penelusuran menggunakan software sederhana: "Indeks Terjemah Qur'an".

========================================

Assalamu 'alaikum wr. wb.

Semoga sedikit uraian di atas bermanfaat.

Sebarkanlah pelita hikmah ini dengan forward langsung ataupun dengan mengajak bergabung JOIN di URL http://groups.yahoo.com/group/pelita-hikmah/.
Jika Anda punya ataupun ingin kajian masalah tertentu untuk pegangan hidup silakan hubungi saya.

Wassalam,
dr. H.R.M. Tauhid-al-Amien, MSc., DipHPEd., AIF., AIFO.
e-mail: tauhidHW@gmail.com

Jalan Kendangsari Lebar 48 Surabaya INDONESIA 60292

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment