Advertising

Thursday 23 May 2013

[wanita-muslimah] Partai Menjadi Tempat "Cuci Uang" Korupsi

 

 
 
Partai Menjadi Tempat "Cuci Uang" Korupsi
 
Ruhut Ambarita | Kamis, 23 Mei 2013 - 15:29:09 WIB
: 61


(SH/Septiawan)
Sejumlah kader partai membawa berkas perbaikan daftar caleg sementara (DCS) di gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta, Rabu (22/5).
Sejumlah kasus korupsi di Indonesia yang melibatkan politikus bisa dijerat dengan UU TPPU.

JAKARTA - Partai disinyalir menjadi lembaga yang paling sering dijadikan tempat pencucian uang dari hasil korupsi. Namun, sayangnya, penegak hukum di Indonesia, termasuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), masih enggan membongkar lebih jauh kejahatan korupsi yang melibatkan partai.

Pakar Hukum Pidana Pencucian Uang dari Universitas Trisakti Jakarta Yenti Garnasih mengatakan, menjelang pemilihan umum (pemilu) partai bakal menjadi tempat pencucian uang dari hasil korupsi. "Sangat mungkin," ujar Yenti saat dihubungi SH di Jakarta, Rabu (22/5).

Yenti mengatakan partai sangat dimungkinkan menjadi tempat pencucian uang hasil korupsi karena aturan saat ini belum terlalu ketat. Menurut Yenti, UU Partai Politik masih memberikan peluang terjadinya tindak pidana pencucian uang karena dalam aturan tersebut hanya mengatur soal batas sumbangan, baik dari individu maupun lembaga, kepada partai.

"Tak pernah dilihat sumbernya dari mana. (Lagi pula) Tidak ada UU saat ini yang mengatakan itu. Selain itu, tidak pernah ada audit setelah sumbangan diberikan," ujarnya.

Sejak diterbitkannya UU Pencucian Uang pada 2010, kata Yenti, penegak hukum di Indonesia, termasuk KPK, belum pernah menelusuri lebih jauh kasus korupsi yang melibatkan politikus.

Padahal, menurut Yenti, sejumlah kasus korupsi di Indonesia yang melibatkan politikus sesungguhnya bisa dijerat lebih lanjut dengan UU TPPU. Semisal, kasus korupsi yang melibatkan mantan politikus Partai Demokrat Angelina Sondakh. Pada saat itu, Angelina menjabat sebagai anggota DPR Komisi X dan wakil sekretaris jenderal partai.

Saat ini, Komisi Antikorupsi tengah mengenakan UU Pencucian Uang terhadap Luthfi Hasan Ishaaq yang menjadi tersangka kasus dugaan suap daging impor di Kementerian Pertanian. Ketika ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Antikorupsi, Luthfi menjabat sebagai anggota DPR dan presiden PKS.

Yenti mengatakan tindak pidana pencucian uang bisa dikenakan pada individu atau korporasi, yang dalam hal ini partai. Pasal 6 Ayat 2 UU TPPU menyebutkan korporasi bisa dinyatakan terlibat pidana pencucian uang, jika dilakukan atau diperintahkan oleh pengendali korporasi.

"Di partai, pengendali korporasi adalah pengurus," ujarnya. Tidak hanya itu, lanjut Yenti, partai bisa dinyatakan terlibat pidana pencucian uang, jika kejahatan itu dilakukan untuk memenuhi maksud dan tujuan partai dan memberikan manfaat untuk partai.

Secara terpisah, Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera DPR Hidayat Nur Wahid mengatakan dana kegiatan partainya selama ini berasal dari negara, sumbangan simpatisan, dan iuran yang diberikan kader. "Untuk detailnya, monggo (silakan ditanyakan) ke bendahara umum," ujarnya.

Hal senada disampaikan Sutan Bhatoegana, politikus Partai Demokrat di DPR. Menurut Sutan, biaya operasionalisasi Partai Demokrat berasal dari kader. Namun, baik Hidayat maupun Sutan membantah bila dikatakan uang operasionalisasi partainya berasal dari kejahatan hasil korupsi.

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment