Advertising

Friday 30 March 2012

[wanita-muslimah] 100 Ribu Warga Kalsel Luntang-Lantung

 

 
Kalimantan
100 Ribu Warga Kalsel Luntang-Lantung
Penulis : Denny Susanto
Kamis, 29 Maret 2012 18:10 WIB
100 Ribu Warga Kalsel Luntang Lantung
Ilustrasi--MI/Angga Yuniar/rj
BANJARMASIN--MICOM: Sekitar 100 ribu angkatan kerja di Kalimantan Selatan (Kalsel) masih menganggur. Padahal provinsi itu termasuk daerah kaya sumber daya alam. Selain itu, angka kemiskinan juga masih tinggi.

Menurut Kepala Bidang Peningkatan Kualitas dan Penempatan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalsel Eddy Wijaya di Banjarmasin, Kamis (29/3), pengangguran terbanyak berusia 15 sampai 44 tahun.

Mayoritas penganggur itu adalah tamatan sekolah dasar (SD) dan putus sekolah. Mereka tidak memiliki keterampilan, sehingga daya serap lapangan pekerjaan terhadap penganggur itu rendah.

Berdasarkan data Dinas Nakertrans Kalsel, hingga akhir 2011 tercatat jumlah pengangguran sebanyak 97.309 orang. Mereka berusia 15 hingga 19 tahun, terdiri dari laki-laki 16.532 orang dan perempuan 13.695 orang. Sedangkan yang berusia 20 sampai 29 tahun, meliputi 33.642 laki-laki dan 24.150 perempuan. Sisanya adalah usia 30 sampai 55 tahun.

Eddy mengungkapkan, Dinas Nakertrans Kalsel beberapa tahun terakhir telah melakukan sejumlah program untuk menekan tingginya angka pengangguran. Antara lain dengan menyelenggarakan job fair serta program pelatihan dan penempatan tenaga kerja yang dilakukan bekerja sama dengan sejumlah perusahaan.

Sayangnya program ini tidak berjalan maksimal. "Pada 2011 lalu penyerapan tenaga kerja kurang lebih hanya 1.000 orang, sehingga angka pengangguran masih tetap tinggi," katanya. (DY/OL-01)

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment