Advertising

Tuesday 27 March 2012

[wanita-muslimah] PARTAI KOALISI SETUJUI KENAIKAN HARGA BBM

 

PARTAI KOALISI SETUJUI KENAIKAN HARGA BBM

Partai Keadilan Sejahtera akhirnya sepakat.

Partai koalisi pendukung pemerintah di Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat satu suara mendukung kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi. "Fraksi-fraksi telah sepakat," ujar anggota Badan Anggaran dari Partai Amanat Nasional, Laurens Bahang Dama, di sela rapat kerja dengan pemerintah membahas subsidi energi kemarin.

Laurens berujar Fraksi Demokrat, Golkar, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Amanat Nasional, dan Partai Kebangkitan Bangsa menyetujui opsi pertama dari dua opsi subsidi energi dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan 2012. Opsi tersebut adalah memberikan subsidi BBM Rp 137 triliun, subsidi listrik Rp 64,9 triliun, cadangan risiko fiskal Rp 26,6 triliun, dan mencabut Pasal 7 ayat 6 UndangUndang APBN 2012 yang melarang pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi. Pencabutan pasal tersebut berarti memberi kesempatan kepada pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi sebesar Rp 1.500 menjadi Rp 6.000 per liter.

Sebelumnya juga beredar opsi kedua, yakni menaikkan subsidi BBM dari Rp 123,6 triliun menjadi Rp 178 triliun, subsidi listrik tetap Rp 64,9 triliun, dan cadangan risiko fiskal Rp 26,6 triliun. Konsekuensinya, harga BBM bersubsidi tidak naik.

"Pengusung opsi ini adalah PDI Perjuangan, Gerindra, dan Hanura," ujar Laurens. Ia menyatakan kedua opsi tersebut akan diboyong ke sidang paripurna DPR yang akan digelar Selasa pagi nanti. Bila opsi satu akhirnya dipilih, harga BBM dipastikan naik mulai 1 April mendatang.

Dimintai konfirmasi, anggota Badan Anggaran dari Fraksi PKS, Andi Rahmat, hanya menjawab, "Opsi pertama mencabut pasal dan menentukan besaran subsidi. Soal penyesuaian harga BBM, itu urusan pemerintah," ujarnya.

Namun, hingga kemarin malam, rapat kerja antara pemerintah dan Badan Anggaran DPR kembali diskors. Penyebabnya, debat alot antara Menteri Keuangan Agus Martowardojo dan sejumlah anggota Badan Anggaran. Ia berkeras meminta pencabutan pasal 7.

Ketua Badan Anggaran Melchias Marcus Mekeng meminta waktu untuk melobi kalangan internal dengan ketua-ketua fraksi. "Akan dibahas apakah rapat kali ini hanya membahas angka (subsidi) atau juga pencabutan pasal 7," ujarnya. Hingga pukul 23.00, rapat itu belum berakhir.

M ANDI PERDANA | IRA GUSLINA SUFA | EFRI R

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment