Advertising

Tuesday 27 March 2012

[wanita-muslimah] Polisi: TNI Jaga Istana, DPR, dan Monas + Polisi Perkirakan Pendemo Anti-BBM Capai 8000 Orang

 

 

Polisi: TNI Jaga Istana, DPR, dan Monas

TEMPO.CO, Jakarta - Kepolisian Daerah Metro Jaya memastikan Tentara Nasional Indonesia (TNI) bakal ikut membantu pengamanan unjuk rasa terkait dengan kenaikan harga bahan bakar minyak, Selasa besok, 27 Maret 2012. TNI akan dilibatkan menjaga tiga titik vital.

Juru bicara Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto mengatakan ada tiga titik vital yang dijaga TNI, yaitu kompleks gedung MPR/DPR, Istana Negara, dan Monumen Nasional. Tiga titik tersebut memang dikenal kerap menjadi titik panas saat sebuah unjuk rasa besar berlangsung.

"Kami juga mempertimbangkan peletakan personel TNI di gedung milik Pertamina," ujar Rikwanto. Ketika ditanyakan apakah jumlah personel TNI akan ditambah seiring dengan bertambahnya perkiraan jumlah pendemo esok hari dari 4.000 menjadi 8.000, Rikwanto mengatakan, "Disesuaikan dengan situasi di lapangan nantinya," ujarnya.

Polda Metro jaya mengatakan 22.458 personel akan dilibatkan untuk menjaga demo besok. Sebanyak 8.254 di antaranya personel tentara di bawah komando polisi. Sementara sisanya polisi dan Satuan Polisi Pamong Praja.

ISTMAN MP

++++

http://www.tempo.co/read/news/2012/03/26/214392463/Polisi-Perkirakan-Pendemo-Anti-BBM-Capai-8000-Orang

foto

Mahasiswa Universitas Indonesia Timur memblokir jalan saat berunjukrasa di Jalan AP Pettrani Makassar, (22/3). Sebagai protes kebijakan pemerintah yang menaikan harga BBM pada bulan April mendatang. TEMPO/Hariandi Hafid.

Polisi Perkirakan Pendemo Anti-BBM Capai 8000 Orang

TEMPO.CO, Jakarta - Kepolisian Daerah Metro Jaya memperkirakan jumlah demonstran yang akan berunjuk rasa menentang kenaikan harga bahan bakar minyak pada Selasa besok, 27 Maret 2012 bakal meningkat dua kali lipat. Sebelumnya Kepolisian memperkirakan jumlah demonstran hanya mencapai 4000 orang.

"Kami memperkirakan jumlah demonstran akan bertambah. Kali ini kami memperkirakan akan ada sekitar 8.000 pengunjuk rasa di wilayah Jakarta," ujar Juru Bicara Kepolisian Daerah Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto ketika dihubungi Tempo, Senin, 26 Maret 2012.

Menurut Rikwanto,penambahan jumlah pendemo tersebut berkonsekuensi pada penambahan jumlah aparat kepolisian dan TNI. Namun, ia menambahkan bahwa untuk sementara ini pihak Kepolisian akan bertahan dengan jumlah semula, yaitu 22.458 personel. "Untuk saat ini kami akan tetap mengerahkan 22.458 personel dengan 8.254 di antaranya adalah pihak TNI," ujarnya.

Ketika ditanyakan kenapa tidak segera melakukan penambahan personel, Rikwanto menjawab bahwa pihak Kepolisian ingin memperhatikan situasi di lapangan dulu. Ia mengatakan apabila demo atau unjuk rasa berlangsung damai, maka tidak perlu dilakukan penambahan personil.

Sementara itu, Kepala Divisi Humas Polri Irjen pol Saud Usman Nasution mengatakan bahwa ia mempercayakan polda-polda di setiap daerah mampu mengawasi jalannya demontrasi esok. Selain itu, ia mengharapkan setiap polda untuk terus meningkatkan koordinasi dengan koordinator-koordinator lapangan aksi agar nanti tidak terjadi kericuhan.

Sebelumnya, sejumlah mahasiswa, buruh, ormas, dan lembaga swadaya masyarakat merencanakan demo besar-besaran terkait kenaikan BBM yang terakhir sudah disetujui partai-partai koalisi. Demo ini akan berlangsung serentak di sejumlah daerah di Indonesia seperti Jakarta dan Surabaya. Untuk wilayah Jakarta, diperkirakan sebelumnya bahwa jumlah pendemo nantinya akan berjumlah 4.000 orang, tetapi angka tersebut hampir pasti bakal meningkat.

ISTMAN MP

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment