Advertising

Tuesday 27 March 2012

[wanita-muslimah] Cara Polisi Agar Tragedi Mei 98 Tak Terulang

 

 
foto

Sejumlah massa dari Gerakan Mahasiswa Bersatu melakukan unjuk rasa menolak kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Jalan Diponegoro, Jakarta, Kamis (22/3). Pada unjuk rasa tersebut mereka mununtut tolak demokrasi liberal. TEMPO/Aditia Noviansyah

Cara Polisi Agar Tragedi Mei 98 Tak Terulang

TEMPO.CO, Jakarta - Kepala Divisi Humas Kepolisian Daerah Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto meminta rakyat dan aktivis jangan terlalu mengkhawatirkan kemungkinan terulangnya tragedi Mei 1998 dalam demonstrasi anti-kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) besok, 27 Maret 2012. Polisi pun tidak ingin tragedi itu berulang sehingga mereka akan berupaya mencegahnya.

"Kita terus melakukan koordinasi dengan koordinator demo untuk memastikan demo besok tidak ricuh," ujar Rikwanto kepada Tempo, Senin, 26 Maret 2012.

Menurut Rikwanto, polisi dan tentara pun tidak ingin membatasi unjuk rasa besok. Rikwanto mengatakan sudah hak rakyat untuk mengekspresikan pendapatnya soal isu tertentu. "Namun, tolong, lakukan dengan baik dan jangan sampai ricuh," katanya.

Sejumlah pengamat dan lembaga swadaya masyarakat khawatir keterlibatan TNI akan membuat tragedi Mei 1998 terulang. Komunitas Kedai Kopi Bhinneka, misalnya, mengkhawatirkan TNI bertindak dengan asumsi bahwa demo mengganggu kestabilan negara.

Namun, selain yang khawatir, ada juga yang menanggapi keterlibatan TNI dengan kepala dingin. Pengamat intelijen Wawan H. Purwanto menyatakan keterlibatan TNI dalam mengatur demo atau unjuk rasa adalah hal biasa dan sudah sering dilakukan.

"Hal ini sesuai Undang-Undang TNI, jadi sah-sah saja. Konteksnya dalam bentuk BKO (Bawah Komando Operasi) polisi dan stand by power," ujar Wawan pekan lalu.

Pada 12 Mei 1998, terjadi penembakan terhadap mahasiswa Universitas Trisakti yang tengah berunjuk rasa. Akibatnya, empat mahasiswa Trisakti tewas. Tragedi itu memicu kerusuhan massal.

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment