Advertising

Thursday 26 April 2012

Re: [wanita-muslimah] Re: Akhlaq Rasulullah saw Tertulis Dalam Al Quran

 


Pak Mu'iz yang baik,
Konon katanya kita tidak boleh mudah kecewa, karena tugas kita hanya menyampaikan. Lain ladang lain belalang, lain kepala lain gaya bersidang. Gaya diskusi Pak Abdul justru bermanfaat bagi kita untuk melatih kesabaran, bukan?

Salam,

ANB

On Apr 27, 2012, at 9:27 AM, "Mu'iz, Abdul" <quality@posindonesia.co.id> wrote:

 

Pak Akmal.

Pak Abdullatif memang tidak konsisten, di satu sisi dia menganjurkan kepada generasi muda penuntut ilmu supaya belajar segala bahasa agar mudah menguasai sains dan teknologi, karena literatur sains banyak menggunakan bahasa inggris, jerman, perancis dll.

Lha giliran belajar kitab suci, kok si Abdullatif emoh membuka atau mengutip bahasa aseli (taurat dan zabur diturunkan pada umat berbahasa ibrani, Injil pada umat berbahasa aramaic, dan al qur'an pada umat berbahasa Arab) ? lha tidak berlaku bagi dirinya, si Abdullatif bolak-balik dan selalu mengutip bahasa Inggris atau bahasa Indonesia doang.

Itulah sebabnya saya kejar dia menjelaskan konsep "taqwa" menurut bahasa asalnya qur'an bahasa arab tidak ada kaitan taqwa dengan "ghoniyy", karena dia tetap mengandalkan bahasa inggris dan indonesia sehingga di otaknya tahunya taqwa identik dengan richness kekayaan materi doang ya tetap saja gak berubah.

Hal yang sama akan berlaku juga ketika pak Akmal menyodorkan konsep "syalom" pada si Abdullatif, karena dia tida mau dan tidak akan mampu menelusuri bahasa Ibrani, maka si abdullatif akan berkutat bahasa inggris doang !! Jadi siap2lah kecewa pak Akmal.

Wassalam
Abdul Mu'iz

Powered by Telkomsel BlackBerry®

From: "Akmal N. Basral" <anb99@yahoo.com>
Date: Fri, 27 Apr 2012 08:59:05 +0700
Subject: Re: [wanita-muslimah] Re: Akhlaq Rasulullah saw Tertulis Dalam Al Quran

 

Pak Abdullatif dan Pak Abbas,
sebetulnya saya berharap Pak Abdullatif menjawab lebih dalam tentang kata "Syalom/Sylâmâ/Salâm" yang menjadi penaut antara nubuat Yeremia dengan Islam sebagai agama, karena posisi kata "Syalom" yang spesifik. Jika diartikan hanya dari bahasa Inggris "peace" seperti Pak Abdul kutip, maka kekhasan kata "Syalom" tidak muncul.

Ini juga terjadi pada Nubuat Daud yang terdapat dalam Kitab Mazmur 111 yang dikutip dalam Matius (22:24), Markus (12: 36), Lukas (20:42) yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi: The Lord said unto my Lord.

Lho, bagaimana ini? Jika Lord pertama itu Tuhan, dan Lord kedua juga Tuhan, berarti Daud mengenal DUA Tuhan? Ini konsep paling absurd yang akan ditolak orang Yahudi paling awam sekali pun.

Jika tidak, mana di antara dua "Lord" itu yang menjadi Tuhannya Daud? Tuhan yang mengajak bicara, atau Tuhan yang diajak bicara? Nah, problem ini terpecahkan jika nubuat Daud itu dikembalikan pada bahasa aslinya, Ibrani, yang menggunakan istilah Yahweh (Lord yang pertama) dan Âdôn (Lord yang kedua). 

Yahweh adalah kota kata tersuci bagi Yahudi, sehingga saking sucinya mereka lebih sering menggunakan kata Elohim (padanannya dalam bahasa Arab, Rabb) sebagai pengganti Yahweh. Sementara Âdôn berarti "Pemimpin, Tuan, Pemilik" (padanan Arab: Amîr, Sayyid). Âdon adalah lawan kata dari "prajurit, budak, barang milik."

Konsekuensinya, nubuat Daud dalam bahasa Inggris yang tertulis:  The Lord said unto my Lord, jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi: TUHAN berkata kepada TUANKU ...

Pertanyaannya sekarang, jika Daud dalam kapasitasnya sebagai seorang raja, adalah Tuan dan Pemimpin dari setiap orang Israel, lantas siapakah yang dimaksudkan Daud sebagai "Tuanku" ?(karena yang dimaksudkannya dengan Tuhan sudah jelas Yahweh/Allah).

Ini topik diskusi yang berbeda Pak Abdullatif, dan bisa kita diskusikan tersendiri. Tapi bottom line-nya adalah, seperti banyak dipercaya kritikus/pembaca serius kitab suci, ada konsep-konsep utama dalam agama yang tak bisa begitu saja diterjemahkan, apalagi dengan mencerabut dari akar konteksnya.

Saya kira Pak Abdul, spirit ini yang selama ini ingin disampaikan kawan-kawan milis WM ketika menyampaikan berulang kali kepada bapak bahwa AL Qur'an itu terjaga (dalam bahasa Arab) dan akan jauh lebih baik jika ingin memahami Qur'an juga dibarengi dengan penguasaan bahasa Arab, yang di sini cukup banyak ahlinya seperti Pak Chodjim, Pak Mu'iz, Pak Abbas, Pak Dwi Sugardi, dll.

Salam,

Akmal Nasery Basral


On Apr 27, 2012, at 6:13 AM, "Abdullatif" <latifabdul777@yahoo.com> wrote:

 

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Akmal N. Basral" <anb99@...> wrote:
> Wa'alaikumsalam Wr. Wb pak Abdullatif.
>

> Ringkasnya, pertanyaan saya adalah apakah Pak Abdullatif setuju dengan Yeremia 28: 9 dan implikasi tafsir bahwa yang dimaksudkan ayat itu adalah nubuat awal tentang kedatangan Muhammad SAW? (Kelak Qur'an sendiri yang turun 14 abad setelah Yeremia, menyatakan melalui Surat As-Shaff/61 ayat 6, bahwa Yesus, Isa Putra Maryam, menyampaikan kepada Bani Israel tentang kedatangan Muhammad SAW, namun mereka menampik dengan mengatakan itu adalah sihir yang nyata).
>
> Atau jika bapak punya pandangan lain, bahkan tidak setuju dengan tafsir makna "Syalom" di atas, silakan diuraikan sehingga bisa memperkaya diskusi perbandingan antar teks di milis ini secara lebih dalam.
>
> Salam,

RESPOND SAYA.
Sdr Akmal Nasery Basral yth.

Pertama tama saya ucapkan terimaksih atas kepercayaan anda
untuk memintak pendapat saya dlm memahami ayat QS 61:6 dan
Jemeiah 28;9. Kedua juga saya gembira bertambah anggota baru
di WM untuk sharing ilmu dan tukar pendapat.

Jerimah 28;9;
But a prophet who predict peace can only be reorganized as a prophet whom the Lord has truly sent when that prophet'sprediction come true.

Dan [ingatlah] ketika 'Isa Putera Maryam berkata: "Hai Bani Israil, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan kitab [yang turun] sebelumku, yaitu Taurat dan memberi kabar gembira dengan [datangnya] seorang Rasul yang akan datang sesudahku, yang namanya Ahmad [Muhammad]" Maka tatkala rasul itu datang kepada mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata, mereka berkata: "Ini adalah sihir yang nyata". (6)

Semoga ALLAH membimbing saya utk menjelaskan makna dari kedua wahyu ALLAH diatas itu;

1. Saya yakin sekali bahwa yang dimaksud oleh Nabi Isa as yg bernama AHMAD itu adalah Nabi Muhammad saw.

Sedangkan HMGA dari Ahmadiyah mengaku bahwa Ahmad itu adalah dirinya sendiri.

2. Tentang wahyu ALLAH kepada Jerimah 28;9, adalah bahwa seorang nabi dari ALLAH itu adalah membawa kedamaian,dan pesan2 dari ALLAH.

Apakah ayat itu ditujukan spesifik kepada Nabi Muhammad saw,saya kira tidak, sebelum nabi Muhamamd saw adalah Nabi Isa as yang membawa risalah2 damai dan kasih sayang.

Namun demikian pengikut2 Nabi Musa as yang Fundamentalis Fanatik tetap menentang utusan ALLAH tersebut,dan bahkan mereka berusaha
membunuh Nabi Isa as.

Maaf,mungkin anda belum puas atas penjelasan saya yang tebatas ini.

Wassalamu'alaikum wrwb

>
> Sent from my iPad2
>
> On Apr 26, 2012, at 7:12 AM, "Abdullatif" <latifabdul777@...> wrote:
>
> >
> > Assalamu'alaikum wrwb.Bismilahirahmanirrahiim
> >
> > Salah satu sifat Rasulullah saw yang mulia adalah humility.(kerendahan hati )
> >
> > Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan
> > di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka,
> > mereka mengucapkan kata-kata yang baik. QS.25:63.
> >
> > The (faithful) slaves of the Beneficent are they who walk upon the earth
> > modestly, and when the foolish ones address them answer: Peace; (63)
> >
> > Demikianlah salah satu akhlaq Rasulullah saw tertulis dalam al Quran
> > Walaupun ada orang2 jahil yg berkata kata kasar kepada nya,beliau tetap berkata
> > kata yang baik.
> >
> > Dalam kitab Bible tertulis seperti berikut dibawah ini'
> >
> > Love your enemies, bless those who curse you,do good to those who hates you.
> >
> > Bisakah kita semua mengikuti sunnah atau akhlaq Rasul yang mulia ini?
> > Wahh kalau bisa, alangkah indahnya masarakat Islam itu.
> >
> > Wassalamu'alikkum wrwb
> >
> > AKHLAQ RASULULLAH SAW LEBIH TERPERINCI DI BLOG INI.
> >
> > http://muslimbertaqwa.blogspot.com/2010/11/kenapa-umat-yahudi-nasarani-relatif.h\
> > tml
> >
> >
> >
> >
> > TODAY(Beta) • Powered by Yahoo!
> > Father who lost three daughters speaks out
> > Privacy Policy
> >
> >
>

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment