Advertising

Monday 30 April 2012

Re: [wanita-muslimah] Re: Tentang qurban dan sesajen

 

Betul, pak Chodjim. Sesungguhnya itulah yg di benak saya waktu menulis dialog (aktual) itu. Yg saya ingin garis bawahi adalah komentar S "penghinaan thd kambing yg dipotong setiap tahun untuk hura-hura"

Wong di pilem2 vampire (Butho) saja udah puasa darah manusia, dah mulain jadi good guys..

Bagaimana proses korban kambing di Makkah waktu musim haji? Ada yg bisa cerita kah?

Salah satu strategi budaya yg mulain bergeser adalah melakukan korban di daerah miskin tertinggal.

Salam
Mia

Chodjim:
Akan tetapi, keadaan telah berubah jauh daripada kehidupan di masa awal-awal perkembangan agama Islam. Akankah kurban (hewan) yang dilestarikan di masa sekarang bisa memenangkan dalam "istabiq al-khayrat"?
 
Silakan merenung..., dan memikirkan strategi budayanya.

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

From: "chodjim" <chodjima@gmail.com>
Sender: wanita-muslimah@yahoogroups.com
Date: Tue, 1 May 2012 09:16:53 +0700
To: <wanita-muslimah@yahoogroups.com>
ReplyTo: wanita-muslimah@yahoogroups.com
Subject: Re: [wanita-muslimah] Re: Tentang qurban dan sesajen

 



Sewaktu diskusi dengan alm. Abah HMNA sekitar Idul Adha tahun lalu, saya telah menyampaikan bahwa secara tinjauan antropologis, Ishaq yang akan dikorbankan. Malah, saya tambahkan bahwa sahabat besar Ibnu Mas'ud dengan tegas menyatakan bahwa Ishaq yang dikorbankan. Pada waktu itu, Mbak Mia menyatakan bahwa "make a sense" (saya lupa kata persisnya) kalau Ishaq yang dikorbankan.
 
Ibnu Abbas tidak dimasukkan sebagai sahabat, melainkan tabiun, karena ketika Rasul wafat Ibnu Abbas baru berumur 5 tahun. Dengan kata lain, Ibnu Abbas tidak berkiprah dalam perjuangan Islam bersama Rasulullah. 
 
Tentu pagi ini saya akan memberikan penjelasan ulang, dan terlepas dari sikap kompromistik "happy ending" bagi keduanya.
 
Anak tunggal
Dalam budaya Semitik, yang dianggap anak adalah anak dari permaisuri. Selain itu, pada masa remajanya Ishaq, memang yang berkumpul dengan Ibrahim adalah Ishaq saja. Oleh karena itu, Ishaq secara antropologis disebut "anak tunggal". Hal ini sama dengan Isa al-Masih yang disebut sebagai anak tunggal Tuan (Lord, bukan God)) semesta alam, meski dalam budaya Semitik orang-orang beriman disebut sebagai anak-anak Tuan semesta alam. Di Jazirah Arab, para malaikat juga disebut sebagai putri-putri atau anak-anak perempuan Tuan (Q. 17:40, 37:150)
 
Tradisi
Sebuah tradisi yang terus-menerus dilestarikan tidak berarti itu sebuah kenyataan asal tradisi itu. Penerusan suatu tradisi dalam ilmu budaya bisa dianggap sebagai suatu "strategi budaya" (strategy of culture). Contohnya, baik masyarakat Islam di ranah Minang, Bengkulu, Jambi dan Palembang, maupun masyarakat Islam di Jawa, ada tradisi "Suran" (membuat bubur Suro, melakukan festival Suro, dan sejenisnya) hingga hari ini; yang notabene itu adat saudara-saudara kita dari Syi'ah. Namun, kita tidak bisa mengatakan bahwa masyarakat di daerah-daerah itu sebagai orang Syi'ah. Malah, hampir semua pelaku itu adalah orang-orang Islam yang bermazhab Syafii.
 
Pelestarian kurban oleh orang Arab (jangan lari ke Islam dulu) pra-Islam dan selanjutnya diteruskan di era Islam menunjukkan "strategi kebudayaan" dalam Islam untuk dapat memenangkan persaingan dengan Yahudi dan Nasrani waktu itu. Jikalau dilihat dari asal-usul, banyak hal yang dilakukan oleh orang Arab itu ditiru dari orang-orang Yahudi yang menghuni daerah-daerah subur di Jazirah Arabia. Sebelum Nabi membangun umat, orang Arab itu minder terhadap para Yahudi. Nah, dengan strategi budaya yaitu dengan cara mempertahankan budaya kurban, haji, salat, puasa, ternyata Kanjeng Nabi Muhammad memenangkan pertarungan ajaran.
 
Akan tetapi, keadaan telah berubah jauh daripada kehidupan di masa awal-awal perkembangan agama Islam. Akankah kurban (hewan) yang dilestarikan di masa sekarang bisa memenangkan dalam "istabiq al-khayrat"?
 
Silakan merenung..., dan memikirkan strategi budayanya.
 
Wassalam,
 
chodjim
 
 
----- Original Message -----
Sent: Tuesday, May 01, 2012 2:31 AM
Subject: Re: [wanita-muslimah] Re: Tentang qurban dan sesajen

 

Ishak atau Ismail?


Generasi Sahabat (Umar cs.) termasuk yang memilih Ishak,
sedang generasi tabiin (Ibn Abbas cs) memihak Ismail.

Does it matter?


2012/4/30 Akmal N. Basral <anb99@yahoo.com>
 

Pak Wikan,
Nama Ismail memang tidak disebutkan secara tersurat. Dalam Q:S: 37: 101 hanya berbunyi: 
------
maka Kami beri kabar gembira kepadanya (Ibrahim)  dengan kelahiran seorang anak yang sangat sabar/santun (بِغُلٰمٍ حَلِيْمٍ)'
------
Setelah itu dilanjutkan dengan ayat 102-111 yang mengisahkan Ibrahim menceritakan mimpinya kepada sang anak, sampai pada proses pengurbanan, sang anak digantikan Allah dengan "seekor sembelihan yang besar". 

Namun pada ayat 112, Allah berfirman:
-------
Dan Kami beri dia (Ibrahim) kabar gembira dengan kelahiran Ishaq, seorang nabi yang termasuk orang-orang yang saleh.
--------

Dari urutan kronologi ayat Q: S: 37: 101-112 itu berarti:

1. Yang menjalani proses pengurbanan BUKAN Ishaq
2. Yang mengalami adalah anak Ibrahim yang lahir lebih dulu (kakak) Ishaq.
3. Tak dijelaskan secara spesifik pada rangkaian ayat itu apakah Ishaq dan kakaknya berasal dari satu ibu (ibu kandung yang sama) atau tidak.

Jadi siapakah kakak Ishaq itu? Sependek pengetahuan saya, Al Qur'an juga tak pernah mendeskripsikan secara harfiah semisal "Ismail kakak Ishaq". Pola deskripsi yang lazim dalam Qur'an adalah penyebutan berderet: Ibrahim, Ismail, Ishaq, Ya'qub (2:136, 2:140, 3: 84)

Namun ada satu ayat (14: 39) di mana Ibrahim menyatakan dengan jelas kebahagiaannya memiliki dua putra, Ismail dan Ishak, yang disebutkan secara jelas:

------
Segala puji bagi Allah yang telah menganugerahkan kepadaku di hari tua, Ismail dan Ishaq. Sungguh, Tuhanku benar-benar Maha Mendengar doa.
-------

Lagi, Al Qur'an tidak menjelaskan seberapa tua saat Ibrahim dianugerahkan Ismail dan Ishaq itu.

Namun dalam kitab Kejadian (Genesis 15:5) disebutkan bahwa saat Ibrahim sedang gelisah karena masih belum juga dianugerahkan anak di usianya yang sudah tua, Tuhan berfirman menyuruhnya keluar tenda. "Sekarang, pandanglah langit dan hitunglah bintang-bintang di sana, bila engkau sanggup." Ibrahim pun menatap langit dan terdengarlah suara: "Sebanyak itulah anak keturunannya nanti." 

Saat itu Ibrahim sudah berusia 85 tahun dan istrinya Sarah, 76 tahun. Menyadari usianya yang sudah lanjut untuk melahirkan bayi, Sarah mengizinkan Ibrahim menikahi Hajar, budak mereka asal Mesir. Setelah itu malaikat datang mengabarkan kabar gembira Tuhan kepada Hajar, "Aku akan memperbanyak keturunanmu yang tak terhitung jumlahnya. Berbahagialah! Kamu akan dikaruniai seorang anak. Namailah Ismâ'îl karena Tuhan telah mendengar penderitaanmu." (16: 10-11). Hajar lalu menemui Ibrahim dan Sarah, menyampaikan pesan malaikat. Ketika akhirnya Hajar betul-betul hamil dan melahirkan bayi lelaki, Ibrahim memberinya nama Ismâ'îl yang berarti "Tuhan telah Mendengar".

Ketika Ibrahim berusia 100 tahun, dan Sarah 90 tahun, Tuhan menjawab doa Ibrahim dengan sebuah kabar gembira lagi.

Ibrahim berdoa, "Semoga Ismâ'îl hidup dalam hidayahMu ya Allah." Dan Allah menjawab, "Aku mendengar doamu tentang Ismâ'îl, tenanglah. Aku merahmatinya dan Aku akan menjadikan dia pemimpin suatu bangsa yang besar. Tetapi kehendak-Ku tentang Ishaq telah Kutetapkan, dan Sarah akan melahirkannya tahun depan." (17: 20-21).

Jadi dari penjelasan Genesis, ada beda umur 15 tahun antara Ismail dan Ishaq. Urutan genealogis ini sinkron dengan penjelasan Q:S: 37: 101-112 yang sudah dikutip di atas. Dan karena proses pengurbanan melibatkan "anak Ibrahim" (saat sang anak masih kanak-kanak, belum menjadi Nabi, dan kanak-kanak itu bukan Ishaq), maka pemahaman bahwa "anak Ibrahim" yang dikurbankan itu adalah Ismail, menurut hemat saya, bukanlah tafsiran bebas yang tak mengacu pada peristiwa faktual yang pernah terjadi.

Salam,

Akmal Nasery Basral


On Apr 30, 2012, at 9:58 PM, Wikan Danar Sunindyo <wikan.danar@gmail.com> wrote:

 

coba dicek dalam al quran, ada tidak penyebutan nama ismail sebagai
anak yang disembelih?
atau hanya tambahan/tafsiran saja?

salam
--
Wikan

2012/4/30 Abbas <abas_amin08@yahoo.com>
>
>
>
> Wahhhhh ............. rame juga dialognya.......... hehehe
> masalaah Ismail Ishak; saya kira yang bener Ismail. Buktinya apa ?
> Buktinya yang menjalankan Idhul qurban, kan Islam syariat Muhammad;
> sementara di Kristen kan gak ada tuh upaacara qurban seperti itu ? Jadi
> memang Ismail saat itu yang mau disembelih. Itu kalaau lihat FAKTA kini.

=


__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment