Advertising

Sunday 30 May 2010

[wanita-muslimah] Dokter Wajib Cegah Pasien Diabetes Frustrasi

 

http://www.pikiran-rakyat.com/node/114687

Dokter Wajib Cegah Pasien Diabetes Frustrasi

Minggu, 30/05/2010 - 10:46
YOGYAKARTA, (PRLM).- Dokter dan petugas kesehatan memiliki kewajiban meluangkan waktu untuk konsultasi bagi penderita diabetes melitus. Sebagai pelayan kesehatan, dokter harus memotivasi para penderita penyakit ini supaya jangan
frustrasi sebaliknya mau berobat dan mengubah gaya hidup.
Dokter spesialis penyakit dalam Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) Luthfan Budi Purnomo menyatakan Rumah Sakit Dr. Sardjito Yogyakarta telah mewajibkan dokter memberikan konsultasi gratis kepada pasien diabetes atau diabetisi.

"Edukasi dasar bagi diabetisi bisa menyadarkan penderita tak salahkan keluarga, dapat informasi yang benar dan mau mengambil keputusan model pengobatan apa yang dipilih, mau dijalankan," kata dia saat seminar masalah diabes di Asri Medical Center Universitas Muhammadyah Yogyakarta, Minggu (30/5).

Dia menyontohkan ada pasien diabetes akhirnya bersedia mengontrol kadar gula secara rutin untuk menjaga kesehatannya setelah mendapat konsultasi dasar-dasar kesehatan secara gratis.

Sosialisasi kepada penderita diabetes maupun masyarakat pada umumnya sangat penting, jika mengingat jumlah pasien diabetes diperkirakan makin meningkat. Peningkatan penderita diabetes per tahun di perkotaan rata-rata 14,7 persen, di pedesaan 7,2 persen.

Badan Kesehatan Dunia memperkirakan penderita diabetes di Indonesia pada 2030 mencapai 21,3 juta jiwa dibanding sebanyak 8,4 juta pada 2000. Sedang penduduk dunia yang terkena diabes pada 2025 ditaksir mencapai 300 juta. Dia menyarankan penderita diabetes melakukan olah raga rutin, seminggu minimal 3 kali (Jumat, Senin, Rabu).

Dosen Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UMY, dr. Yunani Setyandrian, SPM menyatakan diabetes menimbulkan komplikasi penyakit lain seperti infeksi, kelainan pembuluh darah retina dan bisa berakhir dengan kebutaan (retinopati diabetic). Retinopati bisa menimpa pada 60 persen penderita diabetes atau diabetisi yang berumur diatas 15 tahun. Menurut dia retinopati diabetik sebagai efek dari kebocoran atau sumbatan pembuluh darah halus di retina. (A-84/A-147)**

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment