Advertising

Saturday 22 May 2010

[wanita-muslimah] Mengajak rakyat kembali ke alam

 

http://www.harianterbit.com/artikel/rubrik/artikel.php?aid=94264

Mengajak rakyat kembali ke alam

Tanggal : 17 May 2010
Sumber : Harian Terbit

Oleh Prof Dr Haryono Suyono

Menjelang ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 65, tanggal 17 Agustus 2010, para pemerhati masalah energi untuk rakyat, baik yang telah bekerja bertahun-tahun sebagai peneliti di lingkungan pemerintahan, badan usaha, maupun orang awam sepakat membentuk sekretariat bersama yang diberi nama Biomass Energy Centre dengan menggaet para ahli dari berbagai perguruan tinggi serta Universitas Teknologi dari Delf, negeri Belanda.

Pembentukan lembaga ini merupakan prakarsa bersama yang dimaksudkan untuk mengumpulkan para ahli dengan beberapa strategi untuk mengajak masyarakat pada umumnya mempergunakan energi ramah lingkungan yang berasal dari tumbuhan yang dapat diperbaharui, sekaligus kembali ke alam, kepada suasana dunia yang hijau, indah, sejuk, menyenangkan dan sehat.

Gagasan pengembangan Biomass Energy Centre itu dilandasi oleh kenyataan bahwa bumi kita di Indonesia sesungguhnya sangat kaya akan bahan baku untuk membuat bahan bakar dari sumber tumbuhan di alam di luar minyak bumi yang dewasa ini merupakan andalan di Indonesia atau di dunia. Potensi bahan bakar yang berasal dari tumbuhan di Indonesia, menurut catatan yang tersebar, bisa mencapai sekitar 147 juta ton biosmass yang sama dengan 470 Giga Joule produksi energi setiap tahunnya. Bahan-bahan alam itu sebagian besar berasal dari sisa-sisa jerami panenan sekitar 45%, limbah produksi hasil hutan sekitar 28%, limbah pabrik gula sekitar 16%, limbah pabrik minyak sekitar 6% dan sumber-sumber lain sekitar 6%. Belum lagi terhitung pengembangan tanaman baru yang direncanakan dengan 2,5 juta ha di wilayah Merauke, Papua.

Gagasan penggunaan bahan bakar biomass dari alam itu sejalan dengan gejala dunia akhir-akhir ini untuk makin akrab dengan lingkungan, menuju kehidupan bebas polusi untuk menjamin kehidupan bebas emisi karbon yang berlebihan. Tantangan itu mengharuskan banyak negara mencari solusi dengan kembali ke alam, kepada pencarian bahan bakar yang akrab lingkungan, sekaligus bahan bakar yang bahan-bahannya berasal dari tumbuhan yang bisa diperbaharui. Tantangan itu sekaligus mengandung ancaman yang perlu diwaspadai.

Kebutuhan akan bahan bakar yang berasal dari tumbuhan bisa saja memaksa penanaman yang berlebihan sehingga mengakibatkan kerusakan struktur dan kualitas lahan yang harus bekerja keras menghasilkan bahan tumbuhan yang makin dibutuhkan rakyat banyak. Intensifikasi yang berlebihan juga bisa bersaing dengan peranan sawah, perkebunan dan lahan lain yang dibutuhkan untuk menghasilkan tanaman pangan, padi-padian dan sayuran yang dibutuhkan untuk kehidupan rakyat sehari-hari. Kewaspadaan dan keseimbangan penggunaan lahan untuk masalah ini perlu dipikirkan secara cermat karena persaingan bisa menjadi semakin ganas. Lebih-lebih lagi kalau pemodal besar ikut dalam persaingan bisa jadi kebutuhan rakyat dan kemampuan mereka yang sangat sederhana dengan mudah dapat terkalahkan.

Biomass Energy Centre bisa menjadi mitra pemerintah untuk mengembangkan kebijakan yang ramah lingkungan sekaligus ramah masyarakat yang membutuhkan perlindungan alam sekitarnya yang menjamin kepentingan masa depan untuk anak cucunya. Karena itu Biomass Energy Centre bermaksud mengembangkan strategi yang lebih akrab melalui beberapa langkah, pertama, merangsang peningkatan pengetahuan dan alih tehnologi berfokus pada masalah produksi, processing dan logistik melalui penelitian dan pengembangan.

Kedua, mengembangkan pemasaran melalui sertifikasi dan standardisasi sehingga produksi yang dihasilkan, baik oleh rakyat banyak maupun berbagai kemungkinan industri dapat dilakukan dengan adil dan menghasilkan keuntungan bersama yang memadai.

Ketiga, mengembangkan kemampuan masyarakat melalui pengembangan sumber daya manusia dan kesadaran umum akan manfaat ekonomi dan tujuan-tujuan kelestarian lingkungan terhadap kemungkinan meledaknya kebutuhan akan biomass di masa depan.

Keempat, bantuan untuk pengembangan perlindungan hukum dan penataan lainnya sehingga hak-hak masyarakat akan pengembangan tehnologi untuk biomass yang berasal dari alam dapat diterapkan dan tidak merugikan semua pihak.

Keempat strategi pokok tersebut akan menjadi landasan, pola pikir dan tindak lanjut dari lembaga Biomass Energy Centre dalam menciptakan roadmap sebagai petunjuk pengembangan biomass energi di Indonesia yang sangat kaya dengan bahan baku yang berasal dari tumbuhan tersebut. Roadmap tersebut bisa menjadi acuan agar masyarakat yang dewasa ini mengembangkan usaha secara sendiri-sendiri bisa dipadukan agar bisa memberikan dampak yang lebih positip, lebih ramah lingkungan dan memberi keuntungan maksimal dalam upaya menyelamatkan umat manusia. Kebijakan tersebut sekaligus bisa menghasilkan gagasan atau langkah-langkah yang merangsang masyarakat luas untuk tetap gigih mencari dan mengembangkan penggunaan energi yang diolah dari bahan baku ramah lingkungan dan tergantikan tersebut.

Dengan latar belakang gagasan dan komitmen tersebut ternyata pada waktu diadakan semacam soft opening terhadap kemungkinan pengembangan Biomass Energy Centre ini diperoleh sambutan yang cukup membesarkan hati. Rekan-rekan dari Negeri Belanda yang kebetulan berada di Indonesia menyempatkan hadir dalam suatu upacara sederhana di Jakarta. Para ilmuwan dari berbagai perguruan tinggi, termasuk yang sudah berpengalaman mengembangkan potensi daerahnya dalam pengembangan sumber daya yang berasal dari tumbuhan, para pekerja sosial yang peduli terhadap partisipasi masyarakat dalam proses pemberdayaan sumber daya manusia untuk menuju keluarga sejahtera melalui Pos-pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) dari beberapa daerah juga ikut hadir, bahkan hadir pula para walikota dan bupati yang dianggap mempunyai potensi unggul dalam hal bahan baku yang terbarukan itu juga ikut muncul dan memberikan dukungan yang tidak kecil.

Kalau gagasan ini mendapat perhatian yang tinggi dari pemerintah niscaya partisipasi masyarakat yang tinggi bisa menjadi pengembang energi alternatif ramah lingkungan yang memberi manfaat langsung kepada rakyat. (Penulis adalah
Ketua Yayasan Damandiri/haryono. com)

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Get real-time World Cup coverage on the Yahoo! Toolbar. Download now to win a signed team jersey!

.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment