Advertising

Friday 3 August 2012

[wanita-muslimah] SUNNAH - ISTRI MENCIUM TANGAN SUAMI

 

saya ridha wahai suami ku



" Assalamu'alaikum...," bisik Muhsin mengakhiri raka'at terakhirnya. Dibelakangnya Hasanah mengucap lafaz yang sama. Shalat jamaah usai. Seperti biasanya, sejak ia dinikahi Muhsin, Hasanah meraih tangan suaminya, disalami dan diciumnya.


"Bang..., boleh ngak saya bertanya," desisnya setelah keduanya selesai berzikir.

"Tentu saja, masalah apa?"

"Salaman...."

"Salaman? Ada apa? .....Bagaimana? ...Mengapa?"

" Kaum feminisme menganggap salaman seperti tadi adalah bukti pelecehan terhadap perempuan. Mengapa istri mesti meraih dan mencium tangan suaminya? Mengapa tidak sebaliknya? Bukankah itu tanda perempuan lebih rendah dari laki-laki? Bagaimana tanggapan Abang ? "



" Oh, itu toh, Apakah Abang pernah memerintahkan Adik berbuat demikian ? "

"Tidak."

" Atau menganjurkan ? "

" Tidak "

" Mengapa Adik melakukannya ? "

" Ng ... mengapa ya? ....... Mungkin pertama, saya sering melihat ibu melakukan hal yang demikian kepada bapak. Kedua, naluri saya sebagai istri memerintahkan saya berbuat demikian. Ketiga, saya lihat Abang senang menerimanya. Saya bahagia jika suami merasa gembira dengan sesuatu yang saya perbuat ".

 

" Adik merasa direndahkan ? "

" Tidak "

" Sebenarnya inti dari yang adik tanyakan adalah salaman. Walaupun salaman pada mulanya dilakukan penduduk Yaman, Rasulullah SAW mentradisikannya di kalangan kaum Muslimin. Bahkan beliau menyatakan, 'Tiada dua orang Muslim bertemu lalu berjabat tangan, melainkan diampunkan dosa keduanya sebelum berpisah.' Salaman adalah lambang perdamaian dan kedamaian. Salaman tidak dilakukan oleh dua orang yang bermusuhan dan mendendam ".

" Mencium tangan ? "

" Itu dilakukan para sahabat kepada Nabi SAW. "

" Jadi, salaman adalah sebuah tradisi kebaikan ? "

" Ya, Rasulullah saw mengingatkan kaum Muslimin untuk tidak meremehkan suatu kebaikan walau sekadar menghadapi teman dengan muka yang manis. Apalagi menghadapi suami dan istri ".

" Itukah alasan abang menerima uluran tangan saya ? "

" Benar. Bukan rasa kebanggaan diri sebagai suami, saya menyambut uluran tangan itu. Tidak juga karena saya merasa lebih baik dari Adik. Abang sadar bahwa ketaqwaanlah yang menjadikan kemuliaan seseorang. Sedang taqwa dan iman itu bisa naik dan bisa turun. Suatu saat boleh jadi keadaan Abang lebih baik dari Adik. Pada saat yang lain, barangkali Abanglah yang memerlukan dorongan dan nasihat dari Adik. Apa dan bagaimanapun kondisi keimanan kita pada suatu saat, yang jelas salaman akan membawa kepada kedamaian.Ini kebaikan yang harus dihargai ".


" Apakah feminisme merasakan nuansa ini ? "

" Wallahu a'lam. Mereka selalu berpikir dari sisi lelaki dan perempuan. Tidak dari sebuah sisi yang utuh sebagai manusia hidup saling melengkapi. Jika seorang lelaki pembantu umum diperusahaan menghidangkan minuman kepada seorang direktris, maka hal itu adalah sebuah fenomena kerja fungsional. Bukan penghinaan kepada laki-laki. Namun jika seorang istri menghidangkan minuman kepada suaminya yang baru pulang kerja, maka itu mereka anggap sebagai pelecehan terhadap martabat perempuan. Padahal Allah telah menentukan keluarga sebagai sebuah struktur organisasi masyarakat dengan sebuah model kepemimpinan yang digariskan berdasarkan pertimbangan seluruh aspek kemanusiaan lelaki dan perempuan ".

" Abang adalah pemimpin saya. Sayalah yang perlu meraih dan menciumi tangan Abang. Ini upaya kebaikan yang bisa saya lakukan ".

" Jazakillahi khoiron. Sesungguhnya lurusnya jalan saya sebagai suami serta ketaatan Adik sebagai istri-lah yang menjadi tulang punggung keberhasilan kepemimpinan keluarga ini. Mengenai salaman tak ada salahnya jika suatu saat saya yang meraih dan mencium tangan Adik. Namun kenyataannya Adiklah yang selalu mendahului saya ".

" Saya Ridho
bang ...... "




Wahai manusia tahukah anda semua bahwasanya didalam suatu riwayat ( Hadits Nabi SAW ) maka :



1.     Ketika seorang istri mencium tangan suaminya, maka lengkaplah pengabdian istri pada suaminya,  sekali2 itu bukan kehinaan, tetapi justru kemuliaan dirinya sebagai fenomena menghapuskan kesombongan dan ketakaburan egoisme, bagaimana ketika Iblis begitu merasa terhina ketika dia sebagai makhluk demikian mulia bahkan para pengajar malaikat2 tentang ilmu, selama puluhan tahun, tiba2 diwajibkan bersujud pada nabi Adam AS seorang yang baru saja diciptakan …

 

Bukanlah suatu kehinaan tetapi Allah SWT sengaja mengujinya, ketika Iblis telah terasa berada diawang2 begitu tingginya dia … tiba2 dia diwajibkan Allah SWT untuk menukik terjun bebas dan jatuh hina dihadapan makluk yang terbuat dari tanah liat itu ..

 

Apakah ujian Allah SWT itu?

Itulah dia UJIAN KETAATAN PADA TUHANNYA ..

Sehebat apapun dia, setinggi apapun derajatnya…

 

Ketika APAPUN YANG ALLAH SWT PERINTAHKAN tidak ada keraguan baginya, kecuali langsung ta'at pada perintah-Nya, tanpa berpikir apapun lagi …

Termasuk ujian untuk tidak menyombongkan diri, karena kesombongan berarti kekotoran dan kekotoran berarti tidak suci dan tidak suci berarti tidak boleh dekat dengan Allah SWT dan tidak boleh dekat Allah SWT berarti tidak boleh ada di Surga …

 

 

Nah demikianlah, sehingga maksud Allah SWT bahwasanya makhluk2nya hendaknya sennatiasa mensucikan diri … terutama mensucikan hati dari pada al.


Menjauhi sifat2 sombong, takabur, ujub, dengki, iri hati, dendam kesumat, rasa enggan, serakah, tamak, marah, senang dipuji orang lain, ri'yaa dan syirik … agar diperkenankan masuk surga.


Bukankah demikian istimewa dan begitu baiknya ajakan Allah SWT itu ?

 

Oleh karena itulah maka setiap diri mukmin yang sempurna, ( 1 ) senantiasa berbuat baik kepada orang2 yang berbeda agama, meskipun agama lain dari Islam tidak diakui Tuhan dan yang hanya diakui Tuhan hanyalah Islam tetapi itu hanya urusan Tuhan dan bukan urusan orang2 Islam lagi .. ( 2 ) selalu merendahkan diri dihadapan orang2 sesama mukmin

( 3 ) selalu menganggap sesama muslim itu seperti bersaudara sampai dia mencintainya sebagaimana dia mencintai dirinya sendiri ..

 

Mengapa Gadhdhafy dibenci sebagian kecil rakyatnya padahal sama2 muslim dan mengapa pembenci2 Gadhdhafy mau saja dibantu NATO orang2 kafir itu ?, mengapa orang2 Islam mau saja jadi tentara NATO tetapi menembaki sesama muslim seperti di Afghanistan, Pakistan, Iraq, Somalia, Palestina dll ? mengapa tentara Afghanistan mau saja perang dengan sesama Muslim Taliban, Mengapa Presiden Suriah sudah mulai dirongrong sebagian kecil rakyatnya yang sesama  Islam? mengapa SBY sering dicaci maki sebagian kecil rakyatnya dalam demo2 itu ..dlsb ..? Mengapa rakyat Burma yang muslim dibantai pemerintahnya namun hampir seluruh pemimpin2 negeri2 muslim diam seribu bahasa …?


Nah disemua kejadian itu, disanalah Allah SWT saat menguji keimanan hamba2Nya yang muslim itu ..

 

Maka, tahukah anda bahwa Nabi Muhammad SAW sekali2 tidak memperbolehkan seorang rakyatnya pun untuk berdemonstrasi dengan mencaci maki pemimpinnya yang muslim, apalagi berontak ?

Kalian boleh caci maki atau bahkan berontak, hanya saja apabila pemimpin2 anda " tidak memperbolehkan anda shalat ".. itu saja …


Karena tahukah anda bahwa segala harta dunia yang kalian perebutkan itu semua ( ujung2nya dari demokrasi dan demonstrasi ) adalah sampah busuk belaka disisi Allah SWT ..


Jadi ambillah sampah2 itu dengan hati2 dipilih baik2, ambil yang halal2 saja dan buang yang haram2 …


Karena ternyata hanya PENGABDIAN PADA ALLAH SWT ITULAH SAJA YANG PALING UTAMA DALAM HIDUP INI ..

 

 

 2.    Tahukan anda semua, bahwasanya ketika seorang istri sampai mau bersujud dihadapan saminya, bahkan mencium kaki suaminya. Maka syahdan " ARSY ALLAH SWT BERGONCANG HEBAT " akibat sendu terharu yang sangat dalam pada wanita tersebut meliputi diri makhluk Allah SWT yang maha besar itu ….. membuat ke delapan malaikat pendukungnya kebingungan …


Disanalah Allah SWT tertawa dan menurunkan ridha_Nya bagi sang istri karena telah menjalani pengabdian dengan ikhlas dan benar .. sehingga begitu sangat dekat dengan surganya kelak

 

Wallahu a'laam .. / ISMAIL

 

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment