Advertising

Friday 31 August 2012

[wanita-muslimah] Keliling Ceramah di New York, Lawan Mitos Perawan Tua

 

 

Keliling Ceramah di New York, Lawan Mitos Perawan Tua

RIKO NOVIANTORO/INDOPOS BERI PENCERAHAN: Nurul Indriyani mengukir prestasi gemilang.

RIKO NOVIANTORO/INDOPOS BERI PENCERAHAN: Nurul Indriyani mengukir prestasi gemilang.

Nurul Indriyani, BIAAG Ambassador Plan asal Indonesia

Nurul Indriyani berhasil membongkar tradisi pernikahan dini di masyarakat. Kepeloporannya itu mengantarkan dirinya menjadi BIAAG Ambassador Plan asal Indonesia. Bagaimana sosoknya? RIKO NOVIANTORO, Jakarta

Desa Padang, Kecamatan Tanjungharjo, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, mendadak banyak didatangi penggiat sosial. Ini setelah pelajar asal desa itu telah mengukir prestasi mengejutkan. Nurul Indriyani lah yang membawa harum nama kampung halamannya di pentas dunia. Bahkan secara berani gadis yang masih duduk di kursi kelas I Madrasah Aliyah Mambaul Ulum itu membongkar tradisi masyarakat lokal.

''Aku hanya ingin memberikan pencerahan bahaya nikah dini pada teman sekolah dan tetangga sekitar,'' ujar Nurul Indriyani sambil menyeka keringat di dahi. Hari itu udara di Jakarta memang cukup panas. Nurul sengaja datang untuk hadir dalam peringatan Hari Anak Nasional 2012 yang digelar di TMII, Jakarta. Kehadirannya mendapat respons Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Bahkan mendapatkan penghargaan dari pemerintah. Apa yang dilakukan Nurul? Putri ke tiga dari empat bersaudara ini membongkar tradisi buruk masyarakat Grobogan dalam sebuah penelitian.

Hasilnya mengungkap angka pernikahan dini di kecamatannya sangat tinggi. ''Dari penelitian itu saya mulai bergerak membangun kesadaran menikah dini adalah persoalan serius,'' ujarnya dengan logat Jawa yang kental. Disebutkan Nurul, hasil penelitian itu memperlihatkan anak menikah dini pada usia 13-18 tahun. Jumlahnya mencapai 53 anak.

Tentu, kata gadis penggemar bakso itu memastikan kenyataan tersebut sebagai masalah genting. Sebab, masyarakat menilai pernikahan dini sebagai budaya yang baik. ''Ada mitos di kalangan masyarakat kalau anak gadis tidak menikah pada usia 15 tahun, maka bakal mendapatkan duda dan hidup susah,'' paparnya tertawa kecil. Udara panas Jakarta kembali membuat Nurul menyeka keringatnya.

Wajahnya seperti tak nyaman dengan bulir keringat yang menitik. Baju seragam yang dikenakannya pun terlihat mulai basah. Jilbab yang digunakan tak lagi tertata baik. "Panas banget Jakarta, ya,'' imbuhnya di sela pembicaraan. Dorongan membangun kesadaran menunda nikah dini bukan sebatas dari hasil riset. Nurul ternyata menjadi bagian dari akibat nikah dini. "Ibu saya itu nikah usia 15 tahun. Kondisi ekonominya pun tak begitu baik. Ditambah jumlah anak yang juga banyak,'' paparnya. Buruknya pengalaman itulah, lanjut dia, yang membuat gerakan menunda nikah dini begitu memuncak.

Berbagai kesempatan selalu menyampaikan idenya itu. Melihat kesungguhan Nurul berbuah dukungan. Lembaga non pemerintah mensupport idenya itu. ''Saya mendapat dukungan semangat dari Plan Indonesia,'' ungkap Nurul. Sejak itulah, dia merasa upayanya lebih terarah. Memiliki target lebih baik, serta optimal hasilnya. Dia merasa mitos itu cukup berpengaruh di tengah masyarakat. Harus diubah mitos tersebut melalui fakta-fakta.

''Itulah tekad saya. Mengubah mitos masyarakat,'' tambahnya. Lantas bagaimana dijadikan ambassador Plan Indonesia? Nurul menjelaskan, Plan Indonesia memiliki program terkait penyadaran nikah dini di kalangan pelajar. Program itu diikuti secara penuh seksama. Lembaga Plan, tegas dia, menggelar event International Day of The Girl di markas PBB, New York.

Proses seleksi itu dilakukan secara berjenjang. ''Saya terpilih mewakili remaja Asia-Pasifik dalam event itu,'' pungkasnya. Nurul mengalahkan sejumlah remaja dari berbagai negara. Antara lain Malaysia, Thailand, Filipina, dan China. Nurul pun terpilih sebagai Because I Am A Girl (BIAAG) Ambasador Plan asal Indonesia. Prestasi itulah yang mengantar Nurul harus berkeliling sejumlah sekolah di New York untuk berceramah tentang penundaan nikah dini. (*)

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment