Advertising

Thursday 30 August 2012

[wanita-muslimah] Info berKurban di Rumah Zakat

 

Proposal

Superqurban

 

 

 

 

RUMAH ZAKAT BRAND

Jl. Turangga No.25C Bandung – Indonesia

Telp. +62 22 7332407 Fax. +62 22 7332478

Email welcome@rumahzakat.org

Website www.rumahzakat.org



 

LEGAL FORMAL

 

Rumah Zakat adalah Lembaga Amil Zakat Nasional yang telah memiliki legitimasi melalui aspek legal formal sebagai berikut:

 

Akta Notaris

:

DR. Wiratni Ahmadi, SH No. 31 Tgl 12 Juli 2001

LAZNAS

:

42 tahun 2007 (revisi)

Surat Keterangan Domisili

:

05/DP/I/2006

Keputusan Menkumham RI

:

No. C-1490.HT.01.02.TH 2006

Tercatat pada Lembaran Berita Negara RI

:

Tgl 22-08-2008 No. 68

Perubahan Akta Yayasan

:

No. 05 Tgl 07-09-2011

NPWP

:

02.083.957.7-424.000


 

DAFTAR ISI

 

1

KEUTAMAAN IBADAH QURBAN

2

KONSEP PEMANFAATAN QURBAN RUMAH ZAKAT

 

2.1   BERBAGI SENYUM QURBAN SEPANJANG TAHUN

2.2  SINERGITAS PROGRAM SUPERQUBAN BERSAMA MITRA

 

2.3  100.000 PAKET SUPERQURBAN UNTUK SOMALIA

3

SINERGISITAS BERSAMA RUMAH ZAKAT DENGAN PUSAT URUS ZAKAT MALAYSIA

 

4

MANFAAT KERJASAMA

5

PENUTUP

6

LAMPIRAN

 

 

 

 


 

1.        Keutamaan Ibadah Qurban

Ibadah Qurban adalah suatu aktifitas penyembelihan hewan ternak yang dilakukan pada tanggal 11, 12 dan 13 Zulhijah atau disebut juga Hari Tasyrik pada Hari Raya Idul Adha. Ibadah Qurban dilakukan sebagai sunnah Nabi Ibrahim AS dan Rasulullah Muhammad SAW yang mengandung hikmah yang sangat besar.

 

Ibadah Qurban merupakan upaya untuk mentaati segala perintah Allah SWT. Sebagaimana anjuran Qurban yang disampaikan kepada Nabi Ibrahim untuk menyembeih putranya, Nabi Ismail. Keyakinan dan ketaatan Nabi Ibrahim atas perintah Allah SWT tersebut menjadikan ibadah qurban sebagai cerminan ketaatan hamba atas perintah Rabbnya.

 

Keutamaan lain dari ibadah Qurban adalah bahwa orang yang berqurban akan diampuni segala dosanya. Rasulullah SAW telah bersabda kepada Fatimah, ketika beliau ingin menyembelih hewan Qurban. "Fatimah, berdirilah dan saksikan hewan sembelihanmu itu. Sesungguhnya kamu diampuni pada saat awal tetesan darah itu dari dosa-dosa yang kamu lakukan. Dan bacalah : Sesungguhnya shalatku, sembelihanku, hidupku dan matiku hanya untuk Allah  SWT, Rabb alam semesta." (HR. Abu Daud  dan At-Tirmizi)

 

Berqurban adalah wujud rasa syukur kepada Allah atas segala nikmat. Tidak setiap orang mampu melaksanakan ibadah Qurban. Oleh karena itu, nilai-nilai sosial dari implementasi ibadah Qurban salah satunya adalah menghilangkan segala bentuk kecemburuan sosial di masyarakat.

 

Esesnsi berqurban adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui berbagi. Dengan melakukan ibadah Qurban, setiap orang diajarkan untuk saling peduli dan saling menolong kepada sesama. Karena pada hakikatnya barbagi dan mendekatkan diri kepada kaum yang lemah dengan tulus, ikhlas dan tanpa tendensi adalah upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT.

 

 


 

 

2.        Konsep Pemanfaatan Qurban Rumah Zakat

2.1     Berbagi Senyum Qurban Sepanjang Tahun

Berqurban merupakan ibadah yang sangat disarankan bagi umat Muslim yang memiliki kelapangan harta. Karena sesungguhnya dalam ibadah tersebut terdapat rangkaian silaturahmi yang teraplikasi dari kebahagiaan berbagai pihak. Mulai dari orang yang melakukan ibadah Qurban, petani, peternak, penyembelih hingga penerima daging qurban. Dengan sedikit inovasi, Rumah Zakat berupaya untuk memperpanjang silaturahmi agar terus terjalin sepanjang tahun,

 

Rumah  Zakat  menyelenggarakan  Program  Superqurban sebagai inovasi  pengolahan  daging  Qurban agar memiliki nilai manfaat yang lebih panjang dalam  bentuk  Kornet  Superqurban. Kornet Superqurban didistribusikan di wilayah rawan pangan, gizi buruk serta sebagai bantuan pemenuhan kebutuhan pangan bagi korban bencana di berbagai wilayah di tanah air. Kemanfaatan Kornet Superqurban ini didapatkan melalui serangkaian proses untuk menghasilkan kualitas kornet yang optimal. Berikut adalah deskripsi tahapan program Superqurban:

 

A          Pengumpulan dan Pengontrolan Kualitas Hewan

Pengumpulan hewan Qurban dilakukan dalam kandang-kandang yang terorganisir dan terjaga kebersihan dan kesehatannya.  Dokter hewan dan Tim Quality Control melakukan monitoring secara berkala, sehingga kualitas kesehatan hewan dapat terjaga dengan baik hingga waktu penyembelihan.

 

B.         Pembekuan

Maksimal  4  jam  setelah  dipotong,  daging  Qurban  yang  telah  disortir  dan  dinyatakan siap dikornetkan melewati proses pembekuan. Setelah dibekukan pada suhu -40˚C, daging hewan beku dikirim ke pabrik untuk diolah menjadi kornet.

 

 

 

C.         Pengecekan dan Kornetisasi

Sampai di pabrik, daging diperiksa kembali kualitasnya oleh tim khusus sebelum proses kornetisasi. Proses selanjutnya adalah pematangan serta pencampuran bumbu sebelum dimasukkan ke dalam kaleng Kornet Superqurban  dengan  berat  setiap kaleng Kornet Superqurban adalah 200 gram.  Proses  akhir  adalah  pemanasan dalam vakum untuk membunuh mikroba dan sterilisasi sehingga daging tahan hingga 3 tahun.

 

D.         Siap Disalurkan

Produksi Superqurban memang memerlukan proses yang lebih panjang dari qurban biasa, tapi  sangat  sebanding dengan keunggulannya untuk dapat memberikan kemanfaatan lebih  luas  dan  lebih  lama  bahkan  hingga  3  tahun.

 

 

2.2       Sinergitas Program Superquban Bersama Mitra

Pada tahun  2011 lalu Rumah Zakat telah dipercaya untuk mengelola hewan Qurban sebanyak 9.428 kambing dan 714  sapi. Donatur Qurban terdiri dari korporat, komunitas dan personal baik dari dalam maupun luar negeri.  Semua pemotongan dan proses produksi dilakukan sesui syariah dibawah pengawasan quality qontrol yang ketat sehingga menghasilkan kornet Superqurban yang berkualitas. Berikut adalah grafik penerimaaan Rumah Zakat untuk Program Superqurban dari tahun ke tahun:

 

 

 

Beberapa mitra Rumah Zakat yang ikut berkontribusi dalam Program Superqurban 2011 antara lain:

 

2.3      100.000 Paket Superqurban Untuk Somalia

Pada Desember 2012, Rumah Zakat bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT), DPU DT, Mizan Amanah, dan KAMMI bersinergi membentuk Komite Indonesia untuk Solidaritas Somalia (KISS). Tujuan dari gerakan ini adalah untuk memberikan bantuan kepada Warga Somalia yang dilanda bencana kelaparan akibat kekeringan, dan juga perang antar suku yang tak kunjung usai. Dalam upaya membantu penyediaan bahan pangan bagi masyarakat Somalia, Rumah Zakat mendistribusikan 100.000 paket kornet Superqurban. Paket tersebut diharapkan dapat menjadi asupan gizi bagi masyarakat di sana.


3.        Sinergisitas Bersama Rumah Zakat

 

Sebagai upaya untuk merealisasikan kampanye BIG SMILE Indonesia, serta untuk memaknai ibadah Qurban agar memberikan manfaat lebih luas. Rumah Zakat menawarkan kerjasama program Superqurban.

 

3.1     Deskripsi Program 

Superqurban adalah program optimalisasi pelaksanaan ibadah qurban dengan mengolah dan mengemas daging Qurban menjadi kornet. Langkah ini diambil untuk menjamin pendistribusian daging Qurban hingga ke daerah-daerah pelosok yang membutuhkan, dengan daya tahan yang lebih lama.

 

Dalam tinjauan syar'i, program Superqurban ini sesuai dengan hadits, yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim sebagai berikut: Dari Aisyah RA, beliau berkata, "Dahulu kami biasa mengasinkan (mengawetkan) daging udhiyyah (qurban) sehingga kami bawa ke Madinah. Tiba-tiba Nabi SAW bersabda: "Janganlah kalian menghabiskan daging udhiyyah (qurban) hanya dalam waktu tiga hari" (HR. Bukhari-Muslim).

 

3.2     Tujuan Program

 

-        Kornet tahan lama hingga jangka waktu 3 tahun

-        Praktis; mudah dibawa, mudah dibuka, minim resiko

-        Dikelola sesuai syariah

-        Kualitas & kesehatan hewan terjamin

-        Distribusi lebih terarah serta dilakukan sepanjang tahun

-        Distribusi menjangkau berbagai pelosok Indonesia

-        Memberdayakan petani lokal

-        Solusi efektif bantu korban bencana

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.3     Harga Partisipasi Superqurban

No

Item

Donasi

Keterangan

1

Kambing

Rp. 1.400.000

1 Kambing = min 22 kaleng @ nett 200 gr

2

Sapi

Rp. 12.000.000

1 Sapi = 350 kaleng @ nett 200 gr

3

Sapi (Retail)

Rp. 1.800.000

1 Sapi (retail) = 50 kaleng @ nett 200 gr

 

4.        Manfaat Kerjasama

1.         Terbentuknya citra positif melalui realisasi program sosial kemanusiaan dalam momentum Idul Adha, sehingga memperkuat hubungan baik dengan lingkungan masyarakat serta para stakeholder terkait lainnya.

 

2.         Dengan mendukung Gerakan BIG SMILE Indonesia yang lebih terintegrasi dengan optimalisasi dana sosial kemanusiaan dari mitra. Sekaligus mengoptimalkan pemanfaatan daging qurban, sehingga pendistribusiannya tepat sasaran dan tepat guna.

 

3.         Pencantuman logo mitra dalam kemasan kaleng kornet Superqurban: Insert logo dalam kemasan kaleng kornet Superqurban untuk partisipasi qurban minimal 33 kambing atau 4 sapi

4.         Laporan program Superqurban 1433H, sebagai media pertanggungjawaban penggunaan dana sosial kemanusiaan kepada seluruh stakeholder terkait.

 

 

 


5.        Penutup

Demikian kami sampaikan proposal kerjasama ini dan kami sangat antusias untuk menindaklanjuti bahasan dalam diskusi yang lebih hangat. Rumah Zakat membuka diri untuk penawaran kerjasama selain program yang diusulkan di atas. Terima kasih atas waktu dan perhatian yang diberikan.

 

 

 

Bandung, 23 April 2012

Internet Marketing Div Head

Rumah Zakat

 

 

 

 

Mariana Silvania Hazhirah

NIA.  1012003001019

 

Contact Person :

Gilang Samudra

Hp

Email

 

Ym

:

  087 823 131 068

gilang.rumahzakat@gmail.com

gilang_samudra@rumahzakat.org

gilang_rumahzakat

Alamat kantor

:

Jln. Turangga 25c Bandung, Jawa Barat

 

 

 

Call Centre

:

0804 100 1000

SMS Centre

:

0815 7300 1555

Web

:

www.rumahzakat.org   

 

 


 

6.        Lampiran

6.1     Nomor Rekening Donasi

 

 

Donasi dapat disampaikan melalui rekening a.n Rumah Zakat Indonesia

·       BCA

094 301 6001

·       Mandiri

132000 481 974 5

·       Mandiri Syariah

125 00155 55

·       BNI Syariah

155 555 5589

·       Bank Muamalat

101 00361 15

·       Bank Mega Syariah

1000000 270

·       Bank DKI Syariah

701 700 7000

·       Bank Jabar Banten Syariah

0000 3721 45999

·       Permata Bank Syariah

377 100 1555

·       BTN Syariah

702 100 1555

·       Danamon Syariah

789 588 08

·       BRI Syariah

1000 859 172

·       OCBC NISP Syariah

247 80000 9000

·       Bank Bukopin Syariah

880 1111 042

·       BII Syariah

2 700 005599

·       CIMB NIAGA Syariah

5200 100 131 005

502 0100020 002

 

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment