Advertising

Monday 3 May 2010

[wanita-muslimah] Saudi Tolak Rencana Pembangunan Maktab Permanen RI

 


Refleksi : Rezim SBY memberikan konsesi 500.000 hektar di Papua kepada Saudia Arabaia untuk diproduksi bahan makanan bagi mereka, tetapi sekalipun demikian Suadia menolak pembangunan Maktab Permanen RI. Agaknya penolakan ini karena dikuatirkan akan mengurangi pendapatan bagi pengusaha penginapan mereka.

http://www.jawapos.co.id/halaman/index.php?act=detail&nid=131813

[ Senin, 03 Mei 2010 ]

Saudi Tolak Rencana Pembangunan Maktab Permanen RI

JAKARTA - Upaya pemerintah membangun fasilitas pemondokan atau maktab secara permanen bagi jamaah haji Indonesia di Arab Saudi terganjal regulasi. Kerajaan Arab Saudi melalui Kementerian Luar Negeri telah mengeluarkan surat edaran yang melarang RI mendirikan bangunan permanen di tanah suci.

"Surat itu sudah kami terima. Kami memahami karena itu adalah hak prerogatif Kerajaan Saudi," kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Slamet Riyanto kemarin (2/5).

Surat itu membatalkan komitmen Kemenag untuk menuntaskan problem pemondokan jamaah haji di tanah suci. Padahal, tahun lalu Kemenag meneken nota kesepahaman (MoU) tentang hak pakai maktab permanen dengan investor asal Arab Saudi, yakni Syarikat Al Hujurat.

Pemondokan itu berkapasitas 100 ribu jamaah. Setelah MoU diteken, 35-40 gedung pemondokan ditargetkan dibangun dalam jangka empat tahun sejak 2009. Jarak pemondokan terintegrasi dan satu atap tersebut sekitar 1,8 kilometer dari Masjidilharam, Makkah.

Pemondokan itu didirikan di tanah seluas 70.000 meter persegi (tujuh hektare) dan dilengkapi dengan kafe, restoran, dan kompleks perkantoran. Konsep yang akan diberlakukan adalah pelayanan satu atap kepada jamaah haji Indonesia. MoU tersebut diteken Slamet dan Direktur Eksekutif Syarikat Al Hujurat Anas Ismail Al Hadits. "Karena aturan itu, akhirnya investor tidak berkutik dan mundur," papar Slamet.

Menurut dia, walaupun rencana pendirian bangunan di tanah suci gagal, kerja sama dengan Syarikat Al Hujurat tidak merugikan pemerintah. Sebab, proyek tersebut sepenuhnya dibiayai investor. Pemerintah Indonesia tidak mengeluarkan uang.

Dia menambahkan, saat ini para pengusaha di tanah suci yang akan menggarap sejumlah bangunan untuk pemondokan jamaah Indonesia telah mundur. Karena itu, upaya mendapatkan pemondokan haji dilanjutkan dengan proses yang sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni sistem sewa setiap tahun.

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment