Advertising

Tuesday 25 May 2010

[wanita-muslimah] Sudah Saatnya "Bertindak melawan golongan2 Islam Wahabi-Salafy Radikal.

 

Saatnya "Silent Majority" Bertindak

Islam Telah Direduksi dan Dibajak

Sudah Saatnya "Islam Silent Majority "Bertindak melawan golongan2 Islam Wahabi-Salafy Radikal.

[JAKARTA] Kata "jihad" telah direduksi dan Islam sudah dibajak oleh kelompok tertentu yang mengatasnamakan Islam. Akibat perbuatan mereka, semua umat Islam terkena getah. Karena itu, saatnya umat Islam Indonesia moderat yang selama ini menjadi silent majority untuk bertindak.

"Jangan memberikan peluang sedikit pun bagi persembunyian para pembajak Islam itu," kata HM Atho Mudzhar, Kepala Litbang Departemen Agama, saat menyampaikan khotbah pada buka puasa bersama di Istana Negara, Kamis (27/8). Dia mengimbau umat Islam Indonesia yang mayoritas moderat untuk bersatu padu dan lebih tegas menyikapi pandangan sesat.

Jihad dalam Islam, kata Mudzhar, bisa pula diartikan sebagai perang, di samping artinya bersungguh-sungguh atau ijtihad. Tapi, jihad yang berarti perang hanya boleh dalam tiga hal. Pertama, pecahnya perang antara Islam dan musuh Islam. Saat ini, Muslim Indonesia tidak dalam keadaan perang dengan pihak mana pun.

Kedua, jihad dilakukan jika negeri Muslim diserang. Indonesia tidak dalam kondisi diserang oleh pihak mana pun. Ketiga, ketika imam atau pemimpin negeri Islam meminta rakyatnya untuk berperang. "Dalam konteks Indonesia, pemimpin negeri adalah presiden, bukan kelompok tertentu yang semaunya mengangkat diri menjadi pemimpin," katanya.

Dia menegaskan, Indonesia saat ini tidak berada dalam kondisi tiga persyaratan itu, sehingga tidak ada jihad yang artinya perang. "Indonesia bukanlah dar al harb, melainkan dar al-shulh negara yang dibangun di atas perjanjian dan perdamaian oleh seluruh penduduk negeri, apa pun agamanya, dalam satu platform bersama yang disebut Pancasila," paparnya.

Mudzhar menambahkan, Indonesia adalah negara yang berdasarkan Pancasila, di mana setiap umat beragama harus hidup berdampingan secara damai. "Islam di Indonesia harus menjadi rahmatan lil alamin. Islam menjadi rahmat bagi semesta alam," ujarnya.

Terkait dengan itu, dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Chaider S Bamualim mengakui bahwa serangkaian perang, kekerasan, dan teror yang terjadi di dunia Islam, yang motif dan tujuannya rumit tapi pelakunya kebanyakan menggunakan simbol Islam, telah membuat Islam mengalami stigmatisasi.

"Di mata banyak pihak, Islam dinilai cenderung permisif pada kekerasan. Jelas ini sebuah kesalahpahaman. Celakanya, umat Islam sendiri yang membuat kesalahpahaman itu, terutama segelintir orang Islam pecandu kekerasan. Tapi tidak semua orang Islam bisa menerima realitas ini. Mereka justru berang ketika aksi teror coba dikaitkan dengan agama mereka," ujarnya.

Untuk itu, menurut Chaider, semua pihak, terutama agamawan dan kaum intelektual Muslim, harus mau berpikir keras guna memecahkan kekacauan dalam memaknai jihad. "Mari kita atasi bersama. Jangan bersikap defensif dan apologis, apalagi dengan mengkambing-hitamkan pihak lain setiap kali muncul aksi teror atas nama Islam. Mari kita berpikir tentang nasib dan masa depan toleransi di bangsa yang berbudaya ini guna mencegah 'terorisasi' dalam kebudayaan kita," ujarnya mengimbau.

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Get real-time World Cup coverage on the Yahoo! Toolbar. Download now to win a signed team jersey!

.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment