Advertising

Thursday 20 May 2010

[wanita-muslimah] Waspadai Gerakan Radikalisme

 

http://www.cenderawasihpos.com/detail.php?id=49

20 Mei 2010 14:48:04

Waspadai Gerakan Radikalisme

JAKARTA - Pemerintah mengimbau masyarakat agar mewaspadai gerakan radikalisme jenis baru. Menteri Agama Suryadharma Ali mengingatkan agar umat Islam merapatkan barisan dan mewaspadai gerakan radikalisme atas nama kebebasan demokrasi dan HAM yang kini sering mencuat. "Gerakan tersebut kadang mendorong masyarakat untuk berpikir bebas berlebihan dan melanggar norma umum," katanya ketika membuka Muktamar XIV Pemuda Muhammadiyah di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Kamis (20/5) kemarin.

Suryadharma mengatakan, radikalisme yang kini muncul justru mengatasnamakan kebebasan dan demokrasi. Hal itu sekaligus mengklarifikasi tudingan bahwa radikalisme hanya ditujukan pada kelompok muslim tertentu. Padahal, gerakan radikalisme juga tumbuh di berbagai agama lain. "Bahkan, gerakan ini juga tumbuh di kelompok yang mengklaim diri pro kebebasan dan demokrasi," kata dia. Organisasi radikalisme kebebasan, kata Menag, cenderung mendorong kebebasan mutlak dan jauh lebih sistematis tumbuhnya dibandingkan kelompok yang memperhatikan prinsip harmoni dan stabilitas.

Salah satu contoh gerakan radikalisme kebebasan adalah kelompok yang mengajukan gugatan uji materi UU No 1/PNPS/1965 tentang Pencegahan Penodaan Agama. Pemohon uji materi menilai UU PPA diskriminatif karena hanya mengakui enam agama saja di Indonesia. Mereka, tuding Suryadharma, beranggapan negara tidak boleh melarang adanya kelompok ajaran baru di Indonesia meski dinilai melecehkan agama lain. "Bila tidak diwaspadai, gerakan radikalisme kebebasan seperti bakal merusak karakter dan jati diri bangsa. Terlebih, masyarakat Indonesia dikenal sebagai bangsa yang menjunjung tinggi nilai moral dan agama." kata dia.

Dalam berbagai kasus, kata Suryadharma, ada yang mengaku beragama Islam tapi melecehkan agama Islam. Mengaku agama lain tapi melecehkan agama itu. Pemerintah, lanjut dia, selama ini tidak pernah melarang keberadaan ajaran keyakinan di Indonesia termasuk keyakinan baru. "Negara hanya melarang keberadaan keyakinan baru yang melecehkan keyakinan penganut lain," tegas dia.
Pemerintah juga memberikan apresiasi setingi-tingginya kepada Mahkamah Konstitusi (MK) karena telah menolak seluruh gugatan uji materi UU PPA. Hal itu berarti UU tersebut masih perlu untuk dipertahankan untuk menjaga kerukunan antar umat beragama. "Saya berharap umat Islam Indonesia dapat menyatukan sikap, cita-cita, pikiran dan hati karena maju mundurnya bangsa Indonesia ke depan juga tergantung pada kemauan umat lslam itu sendiri," katanya.

Secara fisik umat Islam memang sudah bersatu dan kerap dapat berkumpul dalam satu rumah ibadah. Tetapi, kata dia, yang lebih dari itu adalah menyatukan hati, pikiran dan cita-cita untuk mengelola agenda kepentingan dan masa depan bersama. "Karena umat Islam di Tanah Air selalu menjadi sorotan dunia maka harus dibuktikan integritas kita," pungkas dia (zul/jpnn) (scorpions

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.

.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment