Advertising

Wednesday 29 February 2012

[wanita-muslimah] ZOOM OUT Mengapa Orang Kaya Suka Berbohong?

 

refl: Yang tepat membantah atau membenarkan temuan ini ialah orang kaya, jadi kalau Anda termasuk orang kaya mohon berikan pandangan apakah Anda suka membohong atau tidak. Komentar dari yang berlagak kaya tidak memenuhi syarat untuk memberikan pandangan, karena bukan orang kaya tetapi hanya berlagak kaya. Apakah presiden dan para anggota rezimnya termasuk DPR adalah orang-orang kaya?
 
 
 
 
ZOOM OUT Mengapa Orang Kaya Suka Berbohong?
BERKELEY
 
 
Persepsi awam yang menilai masyarakat kelas "atas" sebagai kelompok terhormat tampaknya bakal segera berubah. Penelitian terbaru menunjukkan orang kaya justru cenderung berbohong, menipu, dan bahkan melanggar hukum.

Sebaliknya, anggota masyarakat dari kelas "lebih rendah" yang berasal dari latar belakang kurang beruntung lebih sering menampilkan sikap-sikap terhormat.

Temuan ini dapat memberi gambaran ilmiah tentang bagaimana orang-orang kaya memiliki perilaku kurang ajar dan suka ribut.

Paul Piff, psikolog dari University of California di Berkeley, Amerika Serikat, menyatakan temuan ini dapat membantu menjelaskan asal-usul krisis perbankan yang disebabkan oleh bankir kaya yang penuh percaya diri dan melakukan tindakan sembrono dalam pekerjaannya.

Dalam penelitian, Piff dan rekannya meminta beberapa kelompok orang dari latar belakang sosial berbeda untuk melakukan serangkaian tugas yang dirancang spesifik.

"Tugas-tugas ini bertujuan mengidentifikasi sifat-sifat tertentu dari para responden, seperti kejujuran dan kepedulian kepada orang lain," kata Piff seperti dikutip Telegraph.

Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa orang dari latar belakang yang lebih kaya atau berkuasa cenderung memunculkan sifat rakus, berbohong dalam negosiasi, bahkan menipu.

"Berada di kelas sosial yang lebih tinggi, baik karena warisan atau pencapaian sendiri, menyebabkan seseorang menjadi tidak etis dalam hal perilaku dan mengambil keputusan," kata peneliti.

Piff menyimpulkan seseorang yang memiliki status sosial tinggi cenderung menampilkan pola perilaku yang hanya mementingkan diri sendiri, tidak peduli terhadap orang lain, dan tidak memiliki empati. Perilaku ini berbeda dibandingkan mereka yang berasal dari latar belakang yang lebih sederhana.

Temuan ini memperlihatkan ajaran Aristoteles, Plato, dan Yesus, yang menyebutkan ketamakan adalah akar semua perilaku tidak etis. TELEGRAPH | LIVESCIENCE | MAHARDIKA SATRIA HADI

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment