Advertising

Sunday 30 September 2012

[wanita-muslimah] Laju Kerusakan Hutan di Kalsel Sangat Tinggi + Presiden SBY: Hutan Tidak Akan Dikorbankan Demi Pengentasan Kemiskinan

 

Ref:  Menurut SBY hutan tidak akan dikorbankan demi pengetasan kemiskinan, jadi pertanyaannya untuk kepentingan siapa sangat tinggi lajunya kerusakan hutan di Kalimantan Selatan? Bagaimana dengan uang US$ 1,—miliar dari Norwegia , US$ 250,—juta dari Australia dan US$ 300,—juta dari Perancis untuk pemeliharan hutan? Apakah uang ini sudah dimakan rayap, ataukah hutan yang ada harus terlebih dahulu dibabat baru diadakan pemeliharaan?
 
 
 
Laju Kerusakan Hutan di Kalsel Sangat Tinggi
Penulis : Denny Saputra
Minggu, 30 September 2012 19:20 WIB
Laju Kerusakan Hutan di Kalsel Sangat Tinggi
MI/Denny Saputra/pj
BANJARMASIN—MICOM: Setiap tahun, luas kerusakan hutan di Kalimantan Selatan (Kalsel) bertambah hingga 66.500 hektare akibat gencarnya pembabatan hutan dan alih fungsi kawasan hutan untuk kepentingan lain seperti perkebunan dan pertambangan.


Demikian dikemukakan Kepala Bidang Kelembagaan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BP-DAS) Barito, Sutisna, di Banjarmasin, Minggu (30/9). Menurutnya, luas lahan kritis di Kalsel saat ini mencapai 761.042 hektare yang tersebar di 13 kabupaten/kota.

"Akibat gencarnya penebangan dan alih fungsi kawasan hutan, berpengaruh pada terus bertambahnya lahan kritis. Setiap tahunnya luas lahan kritis bertambah 66.500 hektare. Sementara, kemampuan rehabilitasi kawasan hutan oleh pemerintah dan masyarakat setiap tahunnya hanya 16.500 hektare," ujarnya.

Ia mengatakan perlu komitmen jelas semua pihak dan upaya luar biasa untuk menekan laju kerusakan hutan dan bertambahnya lahan kritis ini. Laju kerusakan, lanjutnya, juga terjadi pada areal hutan konservasi di pesisir sejumlah wilayah Kalsel.

Pada bagian lain, Kepala Dinas Kehutanan Kalsel, Rahmadi Kurdi, mengatakan telah membuat kebijakan agar setiap perusahaan pertambangan yang mendapatkan izin pinjam pakai kawasan hutan harus merehabilitasi lahan kritis.

"Rehabilitasi lahan kritis ini, juga mengacu pada Peraturan Menteri Kehutanan nomor 18/2011 tentang Pinjam Pakai Kawasan Hutan," ujarnya.

Lokasi pencadangan utama rehabilitasi lahan kritis ini adalah kawasan Taman Hutan Raya Sultan Adam yang berada di wilayah Kabupaten Banjar dan Tanah Laut.

Menurut data Dinas Kehutanan, dari 112 ribu hektare kawasan Tahura, 60 ribu hektare atau 65% dalam kondisi kritis. Dalam ketentuan Permenhut 18/2011, setiap perusahaan pertambangan yang mendapatkan izin pinjam pakai kawasan hutan, harus melakukan penanaman di lahan pengganti seluas lahan dipinjamkan
.

Saat ini di Kalsel tercatat ada 54 perusahaan pertambangan batubara yang telah mendapatkan ijin pinjam pakai kawasan hutan dengan luasan keseluruhan seluas 50 ribu hektare. (DY/OL
-8)
----+++++++++

Presiden SBY: Hutan Tidak Akan Dikorbankan Demi Pengentasan Kemiskinan

Published on 27 September 2011

Presiden SBY/inilah.com

PPP-NEWS – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menegaskan, dalam program pengentasan kemiskinan yang menjadi prioritas pemerintah, tidak akan dilakukan dengan merusak lingkungan.

"Sebagai negara berkembang, Indonesia memprioritaskan promosi pertumbuhan dan pengentasan kemiskinan. Tapi, kita tidak mencapai tujuan ini dengan mengorbankan hutan kita," ujar Presiden SBY dalam pidato di konferensi tentang hutan Indonesia di Jakarta, Selasa (27/9/2011).

Dia mengingatkan, hutan yang sangat erat kaitannya dengan ketahanan pangan, ketersediaan kayu dan bahan bakar, juga sangat terkait dengan perubahan iklim. Karena itu, perlu kerjasama semua pihak untuk tidak memperlakukan hutan secara semena-mena.

"Kita harus mengubah cara kita memperlakukan hutan, sehingga hutan bisa dilestarikan. Kita juga harus mengintensifkan upaya-upaya untuk mengurangi emisi dari penggunaan lahan, perubahan penggunaan lahan dan eksploitasi hutan," tandas dia. (BN25)

L

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment