Advertising

Friday 26 February 2010

[wanita-muslimah] Pindah Agama Adalah Tindak Kejahatan

 

"Bagi yang pindah agama, berarti tidak begitu mendalami agama yang dianutnya. Anda tidak bisa pindah agama dengan mempermasalahkan agama. Itu tindak kejahatan. Itulah yang dikatakan Hindu..."

Hal tersebut dikemukakan oleh Sri Ravi Shankar seorang spiritualis dari India, Ia mengungkapkan hal itu dalam pertemuan tokoh dunia dari lintas agama yang disponsori The Wahid Institute guna membahas upaya meredakan ketegangan antar-umat beragama di berbagai negara yang kondisinya semakin mengkhawatirkan. Lebih jauh Ia berpendapat bahwa pindah agama dapat dianggap sebagai suatu tindak kejahatan. Sumber berita ANTARA News.

Benarkah demikian? Mungkin yang dianggap salah oleh Sri Ravi Shankar adalah seseorang yang menyalahkan ajaran agama sebelumnya sebagai alasan untuk berpindah ke dalam agama yang baru dianutnya.

Saya pribadi melihatnya dari sudut pandang yang berbeda. Karena yang terjadi pada umumnya adalah seorang anak mengikuti agama salah satu atau kedua orang tuanya. Nilai-nilai yang tertanam sejak mereka kecil adalah nilai-nilai yang ditanamkan oleh kedua orang tuanya dan juga lingkungan disekitarnya. Seorang anak yang lahir sebenarnya adalah suci (cerah), sehingga kemudian menjadi beragama disebabkan oleh nilai-nilai yang ditanamkan oleh orang tua dan lingkungannya. Yang menjadi salah adalah apabila ternyata pengetahuan agama kedua orang tuanya malah tidak memadai untuk menjadikan anaknya sebagai seorang yang memahami nilai-nilai agama yang dianutnya.

Saya sendiri menyaksikan peristiwa dalam hal pindah agama ini. Seorang anak yang lahir dari kedua orang tua yang berbeda agama, lalu kedua orang tuanya bercerai dan masing-masing kemudian menikah lagi. Si anak ikut ayahnya hingga dewasa, tetapi ketika si anak dewasa kemudian memilih pindah kepada agama yang dianut ibunya (walalupun si anak tidak pernah bertemu ibunya). Tetapi kebanyakan pindah agama ini adalah karena ingin "menikah", apalagi aturan di Indonesia tidak memperbolehkan perkawinan berbeda agama.

http://independen69.wordpress.com/2008/05/26/pindah-agama-adalah-tindak-kejahatan/

__._,_.___
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment