Advertising

Sunday 28 February 2010

[wanita-muslimah] Penc.Agama Islam (24).Banyak Muslim Yg Tidak Mengetahui Tugas Hidupnya

 

Creative AlQuran Study.
Al Quran gives the true solution
Book Seri III.DAKWAH-PENCERAHAN AGAMA ISLAM.
Abdullatif.

Assalamu'alaikum wr.wb
Semoga ALLAH melindungi saya dari tipu daya setan terkutuk dalam menjelaskanayat2 di bawah ini.

Bismilahirrahmanirrahiim

Menyilami Rahasia2 ALLAH dalam al quran sangat menarik perhatian saya bertahun2, saya menemukan tantang masalah" TUGAS MANUSIA DI BUMI".

Saya yakin anda baru pertama kali mengetahui rahasia ALLAH ini. Semoga anda dapat menikmati buahnya yang bermanfaat sekali .

Setiap manusia haruslah mengetahui siapa dirinya, kenapa dia dilahirkan, dan apa tujuan dan tugas2 hidupnya, berapa lama dia bisa hidup di dunia ini, dan kemana dia pergi setelah meninggalkan dunia ini?

Kalau manusia tidak bisa menjawab dengan benar, maka hidupnya seperti manusia yang hidup di hutan2 yang menutup auratnya dengan daun daunan.

Mereka tidak tahu tujuan hidupnya. Tidak tahu TUGAS hidupnya. Mereka menjalankan hidup seperti binatang saja yaitu kawin, beranak, dan kalau sudah dewasa anak di kawinkan lagi demikian seturusnya dan terakhir meninggalu dunia.

Dengan kata lain mereka menjalanan hidupnya sesuai
dengan fitrahnya dan istilah ilmu science disebut DNA.

Mereka juga hidup bahagia. Jadi apakah tujuan hidup mencari bahagia? Perlu direnungkan!

Orang orang yang tinggal di kota pun banyak yang tidak mengetahui tujuan dan tugas hidupnya. Ada yang mengatakan untuk mencari hidup yang bahagia,berkeluarga serta membesarkan dan mendidik anak2.

Pendapat ulama2 pun berbeda beda. Ada sebahagian ulama mengatakan untuk mencari ALLAH, atau mendekati diri kepada ALLAH, mereka rajin berzikir di kamar2 yang gelap, dan ada pula ulama2 yang mengatakan untuk beribadah kepada ALLAH mereka rajin menjalankan shalat fardhu dan shalat sunat yang banyak sampai bekak kakinya, dan keningnya menghitam.

Dan ada pula yang mencari ketenangan hidup, mereka menajuhi kehidupan kota yang sibuk, mereka lebih suka menyendiri dan ada pula yang bersamadi di gua gua. Bermacam macam cara hidup manusia.....Mana yang benar?

Untuk mendapatkan jawaban yang benar mari kita tanya ALLAH yang menciptakan manusia itu sendiri, sudah tentu ALLAH lah yang Maha Tahu akan Tugas manusia karena ALLAH lah yang menciptakannya, bukan? Dalam AL Quran ALLAH telah mejelaskan dengan detail dan sempurna.

Selama ini kita sering mendengar dari ulama2 yang menjelaskan bahwa tujuan hidup manusia adalah untuk beribadah kepada ALLAH sebagaimana ayat QS 51:56 menjelaskan.

" Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku"

I have only created Jinns and men, that they may serve Me.

Beribadah (serve,melayani) kepada ALLAH diartikan menyembah(shalat ) kepada ALLAH, berpuasa, naik haji, berbuat kebaikan2 dll.Kalau sudah menjalankan rukun islam ini,maka mereka sudah merasa beragama dengan benar.

Sesungguhnya bukanlah demikian menurut ALLAH. Penjelasan seperti diatas itu belumlah sempurna, hasilnya pun juga tidak sempurna. Seperti kita lihat masarakat islam sekarang ini yang masih terbelakang...tidak produktif dibandingkan dengan umat lain2nya. Kebanyakan Ulama2 melupakan apa tugas manusia sebenarnya.

Beribadah kepada ALLAH bukanlah menyembah ALLAH saja, bukan menjalankan rukun islam saja, dan berbuat kebajikan saja, tetapi maknanya jauh dari itu.

Kalau diartikan seperti diatas ini,maka kita lihat hasilnya adalah masarakat yang tidak produktif alias miskin.Menyedihkan bukan? Ini haruslah kita perbaiki.
Beribadah kepada ALLAH SWT artinya mengabdi atau bekerja untuk ALLAH dengan sungguh2 memakmurkan bumi ini.To serve ALLAH dgn mentaati perintah2 ALLAH dgn sempurna.

ALLAH adalah Raja di Raja di bumi dan dilangit ini. Sebagai hamba2 atau pekerja2 (kariawan2) ALLAH,maka manusia seharusnya patuh dan taat mengikuti semua peraturan2 ALLAH bagaimana cara hidup dan bagaimana cara berkerja.ALLAH berfirman;

"Sesungguhnya salat, ibadah, hidup dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam, tiada sekutu bagi-Nya; dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah)".QS.6:162-163.

Semua peraturan2 ALLAH itu tertulis dalam kitab2 sucinya; Taurat,injil dan AL Quran. Al Quran adalah buku pedoman hidup manusia yang terakir, dan sempurna.

Mari kita lihat dalam AL Quran,apakah tugas2 hidup manusia di bumi ini? Jadi ada tujuan dan ada pula tugas....dua hal yang berbeda..

TUGAS HIDUP MANUSIA ADALAH UNTUK MEMAKMURKAN BUMI ALLAH SWT.

ALLAH mengatakan sebagi berikut;

Dan kepada Tsamud [Kami utus] saudara mereka Saleh. Saleh berkata: "Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada bagimu Tuhan selain Dia. "Dialah yang telah menciptakan kamu dari bumi (tanah), dan menjadikan kamu pemakmurnya
[4], karena itu mohonlah ampunan-Nya, kemudian bertaubatlah kepada-Nya. Sesungguhnya Tuhanku amat dekat [rahmat-Nya] lagi memperkenankan [do'a hamba-Nya]."QS.11:61

(menghuni dan mengolah hasil bumi untuk membangun pradapan yang islami).

Anda dapat melihat manusia2 yang tidak mempunyai ilmu, tidak mempunyai buku pedoman hidup dari ALLAH, mereka tidak tahu akan tugas nya, seperti manusia2 yang tinggal di hutan2.

Baju mereka terbuat dari daun2 untuk menutupi auratnya, dan tempat tinggal juga terbuat dari daun2 untuk melindungi dari hujan dan panas. Sampai hari ini kita masih dapat melihat manusia2 hutan yang tidak mendapat ilmu.

Seperti kehidupan Nabi Adam dan Hawa bukan?

Sebagai kariawan2 yang baik atau hamba2 ALLAH maka kita wajib melaksanakan tugas yaitu memakmurkan atau mengolah bahan2 baku yang diberikan oleh ALLAH itu baik yang ada di dalam bumi maupun di kulit bumi. Dengan kata lain membuka industri2 pengolahan bahan2 baku.

Siapa2 yang tidak mau melaksankan tugas atau mengikuti perintah ALLAH ini, mereka tetap hidup seperti orang2 yang tinggal di hutan2 itu dan kalau ada yang tinggal di kota2 mereka pada umumnya miskin, karena mereka tidak mempunyai ilmu dan tidak tahu apa "tugas" hidupnya seperti yang dimaksud oleh ALLAH.

Mereka hidup bermalas malas atau hidup ber-santai2. Mereka mencari hidup bahagia dan mencari ALLAH.

Waktu 24 jam yang diberikan oleh ALLAH tidak produktif, tapi konsumtif.

Mereka mencari makan secukupnya, dan kemudian kalau sudah dewasa berkeluarga, beristri dan beranak. Menjalankan rukun islam yang lima.That is it.Golongan ini banyak sekali terdapat dalam masarakat Islam di dunia.

Perintah2 ALLAH berikutnya kepada manusia adalah untuk mengolah bahan2 baku yang ada dalam bumi yang telah ALLAH sediakan berlimpah limpah agar bisa menjaga/mempertahankan umat dan agama ALLAH.Dengan kata lain ulama2 seharuslah mendirikan industri2 pengolahan2 bahan2 baku itu.

Perintah ini penting sekali,kalau tidak dilakukan maka umat islam mudah dikalahkan atau ditunduki atau di jajah oleh musuh2 islam.

Mohon di perhatikan perintah ALLAH ini dengan baik;

Sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan membawa bukti-bukti yang nyata dan telah Kami turunkan bersama mereka Al Kitab dan neraca [keadilan] supaya manusia dapat melaksanakan keadilan

"Dan Kami ciptakan besi (dan perak, emas, almunium tembaga, minyak, dll) yang padanya (1) terdapat kekuatan yang hebat dan (2) berbagai manfaat bagi manusia (untuk di-olah), dan supaya ALLAH swt mengetahui siapa yang (3) menolong agama Nya (Islam)( mempertahankan agama ALLAH dr serangan2 musuh) dan Rasul2 padahal ALLAH swt. tidak dilihatnya. (QS..57:25).

Setiap orang muslim yang patuh kepada Raja(ALLAH SWT) maka wajib bekerja keras (1) mengolah bahan2 baku seperti; besi,perak, minyak, emas,tembaga dll menjadi barang2 yang berguna untuk kehidupan manusia, mendirikan industri2 bermacam macam barang, dan (2) membuat senjata2 untuk mempertahankan agama ALLAH dan Rasulullah saw dari serangan2 musuh.

Siapa2 yang tidak ikut memakmurkan bumi ALLAH artinya mereka mengingkari perintah ALLAH ini. Hidup mereka akan susah dan kalau terjadi peperangan mudah dikalahkan serta di jajah.

Kalau kita lihat di negara2 dimana terjadi peperangan, umat islam yang banyak terbunuh.Ini artinya Ulama2 lah yang bertanggung jawab karena tugas manusia yang di beritahukan oleh ALLAH tidak disampaikan kepada umat,dan juga tidak memberikan contoh atau teladan.

Bagaimana untuk mengolah , mendirikan industri2 membuat barang2 yang bermanfaat dan untuk membuat senjata kalau tidak mempunyai ilmu?

Makanya ALLAH memerintahkan untuk menuntut dan belajar bermacam macam disiplin ilmu. Bukan belajar ilmu agama saja sebagaimana di artikan oleh sebahagian golongan umat islam.

Inilah perintah ALLAH berikutnya;

Hai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu, maka berdirilah, niscaya

"Allah akan meninggikan orang orang yang beriman di antara mu dan orang orangyang menuntut ilmu pengetahuan (belajar) beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan".(QS.58:11)

Artinya kalau ALLAH mewajibkan umat islam belajar atau menuntut ilmu, maka umat Islam seharusnya pula membuat sekolah bukan?

Tidak mungkin belajar di luar dengan atap langit dan dipadang pasir. Dan untuk belajar harus ada buku-tulis, pena, pencil, pengapus, bangku bangku, kapur. Tidak mungkin munulis di tanah dengan jari sebagai alat tulis bukan?

Untuk membuat buku2 tulis harus pula menanam pohon2kapas untuk bahan baku kertas, kemudian membuat fabrik kertas, serta alat2 transportasi; speda, mobil, dan seterusnya, dari bahan2 baku diberikan diatas tadiQS 57:25 .

Yang akhirnya membawa umat islam kearah kemajuan2 dan memberikan lapangan kerja yang banyak untuk pemuda dan pemudi agar mereka dapat meningkatkan; kemakmuran, kesehteraan, keamanan, keharmonisan, dan akhirnya umat islam dapat hidup bahagia, aman sentosa.Indah sekali ajaran islam bukan?

Jadi islam adalah ajaran2 yang membawa kemajuan2 dalam segala aspek penghidupan terutama bidang ekonomi, technologi dan Science.Membangun masarakat atau pradapan yang ISLAMI.

Ulama2 adalah orang2 yang tahu akan ilmu agama dan dekat dengan umatnya. Ulama2 adalah orang2 yang memberitahu ajaran2 islam kepada umat dan serta memberikan contoh bagaimana mengaplikasikan setiap perintah2 ALLAH itu dengan baik dan sempurna.

Sekiranya ulama2 dapat menyampaikan apa tujuan hidup manusia yang sebenarnya menurut ALLAH kepada umat, maka umat islam akan belajar rajin dan bekerja sungguh2 untuk ALLAH.Ulama2 sangat memegang peranan penting,maju dan mundurnya suatu bangsa sanga tergantung kepada ulama2.

Ulama2 adalah pewaris nabi.Ulama2 seharusnyalah mengikuti sunnah Rasul bagaimana mencari nafkah, mensejahterakan keluarga dan masarakat.

Kalaulah setiap muslim sudah mengetahui, maka setiap muslim akan takut kepada ALLAH kalau mereka tidak bekerja rajin dan sungguh2 untuk memakmurkan bumi ALLAH ini ALLAH akan marah kepada mereka."....Sedangkan ALLAH Maha Melihat apa yang dikerjakannya(setiap waktu)".QS.57:25.

Kemudian perintah ALLAH berikutnya adalah menjadi seorang Khalifah. Ulama2 itu haruslah menjadi khalifah.

Orang2 yang beriman, berilmu dan sudah tahu cara bekerja untuk ALLAH yaitu memakmurkan bumi ini,maka dia diminta untuk menjadi seorang khalifah atau pemimpin dalam masarakat.

Dia mengajak dan membimbing masarakat untuk bekerja rajin memakmurkan bumi ALLAH artinya memakmurkan masarakat, memberikan lapangan kerja kepada pemuda2 dan pemudi2, mendirikan sekolah2 bermacam disiplin ilmu agar setiap muslim bisa pula menjadi seorang khalifah atau pemimpin dalam kelompok2nya. Inilah perintah ALLAH itu.

"Dia-lah yang menjadikan kamu khalifah-khalifah di muka bumi. Barangsiapa yang kafir, maka [akibat] kekafirannya menimpa dirinya sendiri. Dan kekafiran orang-orang yang kafir itu tidak lain hanyalah akan menambah kemurkaan pada sisi Tuhannya dan kekafiran orang-orang yang kafir itu tidak lain hanyalah akan menambah kerugian mereka belaka.(QS.35:39.)

هُوَ ٱلَّذِى جَعَلَكُمۡ خَلَـٰٓٮِٕفَ فِى ٱلۡأَرۡضِۚ فَمَن كَفَرَ فَعَلَيۡهِ كُفۡرُهُۖ ۥ وَلَا يَزِيدُ ٱلۡكَـٰفِرِينَ كُفۡرُهُمۡ عِندَ رَبِّہِمۡ إِلَّا مَقۡتً۬اۖ وَلَا يَزِيدُ ٱلۡكَـٰفِرِينَ كُفۡرُهُمۡ إِلَّا خَسَارً۬ا (٣٩)

Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan [khalifah] di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui". QS.2:30

وَإِذۡ قَالَ رَبُّكَ لِلۡمَلَـٰٓٮِٕكَةِ إِنِّى جَاعِلٌ۬ فِى ٱلۡأَرۡضِ خَلِيفَةً۬‌ۖ قَالُوٓاْ أَتَجۡعَلُ فِيہَا مَن يُفۡسِدُ فِيہَا وَيَسۡفِكُ ٱلدِّمَآءَ وَنَحۡنُ نُسَبِّحُ بِحَمۡدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ‌ۖ قَالَ إِنِّىٓ أَعۡلَمُ مَا لَا تَعۡلَمُونَ (٣٠)

Kesimpulan:
Tujuan dan tugas hidup manusia di difenisikan oleh ayat2 ALLAH tersebut diatas tadi; Tujuan dan tugas adalah dua hal yang berbeda, harus dipahami benar,jangan salah kaprah mengartikannya.

A.Tujuan hidup manusia;(Hablul minallah)

1.QS.56"51." Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku" artinya mengikuti semua perintah2 ALLAH,sebagai hamba2 ALLAH...tidak sebahagian2.

2, "Sesungguhnya salat, ibadah, hidup dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam, tiada sekutu bagi-Nya; dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah)".
QS.6:162-163.

B.Tugas hidup manusia;(Hablul minnanas)

2.(QS.11:61). "Dialah yang telah menciptakan kamu dari bumi (tanah), dan menjadikan kamu pemakmurnya. (menghuni dan mengolah hasil bumi untuk kemakmuran umat manusia,atau membangun pradapan yang islami).

3.(QS..57:25)."Dan Kami ciptakan besi (dan perak, emas, almunium tembaga, minyak, dll) yang padanya terdapat kekuatan yang hebat(untuk membuat senjata2 mempertahankan agama) dan berbagai manfaat bagi manusia (untuk di-olah,membuka industri2), dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong agama Nya (Islam) dan Rasul2 padahal Allah tidak dilihatnya.

(artinya membuka Industri2 pengolahan bahan2 baku. Untu itu harus belajar ilmu IPTEK))

4."(QS.58:11)"Allah akan meninggikan orang orang yang beriman di antara mu dan orang orang yang menuntut ilmu pengetahuan (belajar) beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan

(siapa yang menguasai ilmu IPTEK,merekalah yang lebih maju dan kuat.)

5.QS.2:30"Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah dimuka bumi ini"(Menjadi pemimpin2,Khalifah2 Fil Ardh yang membangun umat baik akhlaqnya maupun ekonominya. )

"Dia-lah yang menjadikan kamu khalifah-khalifah(Ulama2) di muka bumi". (QS.35:39.)

Demikianlah ALLAH mendefinisikan, apa tujuan dan tugas hidup manusia di bumi ini menurut ALLAH yang menciptakan manusia.

Mudah2an kita sebagai pekerja2 atau hamba2 ALLAH yang baik,yang taat, maka marilah kita perbaharui niat dan tujuan dan TUGAS hidup kita semoga kita semua mendapat kasih sayang , kepercaaan dan cinta ALLAH.

Semoga hidup yang sekali ini akan sukses dan diberkahi oleh ALLAH.
Kalau kita cinta dan takut kepada ALLAH mari kita rajin2 belajar dan bekerja untuk mensejahterakan keluarga,masarakat dan umat islam pada umumnya agar umat2 lain dapat mencontoh cara hidup yang benar dari ALLAH.

Semoga penjelasan yang singkat ini dapat menggugah hati2 pemuda2 islam yang ingin melihat umat Islam berjaya kembali dalam segala aspek penghidupan.Semoga masarakat islam menjadi masarakat Rahmatan lil'alamin buat kemanusian.

Kalau benar itu datang dari ALLAH mohon di taati dengan baik,kalau salah itu datang dari saya karena kelamahan saya, mohon dikoreksi dan mohon maaf.

Jadi ajaran2 islam itu adalah indah sekali, ajaran2 yang membawa umat islam dalam segala aspek penghidupan. Itulah ajaran ALLAH yang benar.

Sebaliknya ajaran2 yang mengatas namakan islam tetapi tidak membawa umat menjadi sejahtera dan damai,maka pemahaman ajaran islam itu adalah salah kaprah.

Marilah saya ajak anda untuk berjuang menuju masarakat yang bermanfaat didunia berarti di akhirat. Berzikir, pikir dan ikhtiar

Keep your hands busy with works; keep your mouth busy with remembrance of Allah and leave inheritance as much as possible.
Love your neighbor as you love yourself.

Hadist; ALLAH lebih senang muslim yang kuat (iman dan ekonominya )dari pada muslim yang lemah( iman dan ekonominya).HR Muslim.

Tangan di bawah di atas lebih mulia dari pada tangan dibawah.HR Baihaqi.

Hadits;Kamu belum beriman kepada Allah, kalau kamu belum mencintai tetangga kamu(baik islam maupun non islam) HR

Muslim.Kamu belum mencintai ALLAH kalau kamu belum mencintai manusia (muslim dan non muslim).HR Muslim

Hadits: Sebaik baik pertolongan atas taqwa kepada Allah swt adalah "harta-uang".HR Baihaqi

Wassalamu'alaikum wrwb.

BAGAIMANA MENGUKUR SEORANG MUSLIM YANG SUKSES.
http://latifabdul.multiply.com/journal/item/265

======================================================================

REVIEW (1) PENCERAHAN AGAMA ISLAM.
Agama Islam (Seri 1) ; Sesungguhnya Agama Tauhid itu adalah Agama Kamu
semua(yahudi,Nasrani dan Muslim)
http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/message/140290

Pec.Agama Islam(seri 17); Money Answer Every things, Time is Money.
http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/message/139332

Pec.Agama Islam(seri 18); HARAM BERMUSUHAN HANYA BERBEDA
http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/message/140297

Pec.Agama Islam(seri 19); Dose Any One Thinks He is Religious?
http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/message/140313

Pec.Agama Islam (seri 20);Ulama2 Islam( MUI )---VS---Warning against judgemnet.
http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/message/140328

Pec.Agama Islam (seri 21); Sistem Pemerintahan dalam Bible dan Al Quran
http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/message/140370

Pec.Agama Islam (seri 22)This Islam-Religion has no room for Religious
Fanaticism & Fundamentalissm
http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/message/140485

Pec.Agama Islam (seri 23) PEMBAYARAN PAJAK DAN ZAKAT DLM ISLAM
http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/message/140487

Semoga bermanfaat.
Silakan link dgn web site anda atau kirimi teman2 tercinta.

__._,_.___
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment