Advertising

Tuesday 29 June 2010

[wanita-muslimah] Rekening Miliaran Perwira Polri

 

TAJUK Rencana Harian Fajar 30/6 - 2010

=========================
Rekening Miliaran Perwira Polri
=========================
INSTITUSI kepolisian RI seperti tak pernah sepi sorotan. Bukan hanya soal prestasinya menggulung pelaku aksi terorisme di berbagai daerah, melainkan juga tentang persoalan internalnya sendiri yang senantiasa mengabarkan banyak kejutan. Inilah yang dirasakan salah satu unsur penegak hukum kita awal pekan ini, yakni banyaknya perwira tinggi pemilik rekening "bongsor" berisi puluhan miliar rupiah. Anehnya, duit tersebut banyak yang tidak jelas asal-usulnya. Kejutan ini tengah menggegerkan kepolisian, terutama karena pada 1 Juli nanti mereka berulang tahun. Sebuah kado yang sungguh tidak mengenakkan.

Tak sampai di situ, sorotan pedas ini juga berlangsung saat pimpinan tertinggi polri akan berganti. Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri, rupanya dituntut menuntaskan kasus ini sebelum mengakhiri tugasnya jika tidak ingin citra kepolisian merosot drastis di mata publik. Dipastikan akan banyak asumsi dan dugaan liar di tengah gencar serta cepatnya arus informasi bergerak, bahwa uang berjumlah besar yang masuk ke rekening perwira polisi itu adalah ilegal. Semua tahu kalau kondisi penegakan hukum di Tanah Air di mana kepolisian ada di dalamnya, tidaklah bersih-bersih amat, sehingga potensi suburnya kecurigaan atas transaksi perbankan itu dinilai wajar.

Potensi kecurigaan publik tersebut bukannya harus dibantah mentah-mentah. Tugas kepolisianlah sebagai pihak tersorot untuk segera melakukan klarifikasi secara detail. Publik tentu tak ingin berhenti pada statement standar saja dengan mengatakan bahwa transaksi itu tidak benar adanya. Publik merindukan sebuah penjelasan panjang dan transparan kendati terbilang sulit.

Kredibilitas polri, demikian pula calon kapolri pengganti Bambang Danuri kelak akan bekerja keras membawa gerbong pengayom masyarakat ini untuk tetap bercitra baik di mata publik. Apalagi selama ini sudah sangat banyak sorotan yang menganggap institusi polri sebagai sarang mafia hukum. Artinya, asosiasi pemikiran publik akan mengarah pada pembenaran atas dugaan sebelumnya. Itulah
sebabnya, penjelasan detail dan transparan mesti bersifat segera, kecuali kalau para perwira tinggi polri berekening "bongsor" tadi mengakui keharaman sumber uangnya.

Namun demikian, terlepas dari benar tidaknya transaksi uang miliaran di rekening milik perwira polri, kita sesungguhnya punya target mulia, agar melalui kasus tersebut, mafia hukum bisa benar-benar terungkap dan diberantas, meski melibatkan perwira berpangkat bintang-bintang sekalipun. Kita tunggu peran semua penegak hukum melakukannya. Rakyat menunggu hasilnya.

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.

.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment