Mei: Siapa yang melarang nggak boleh pakai jilbab atau wajib pakai jilbab di Indonesia??? Nggak ada tuh.
Yg saya tahu dalam urusan negara pemerintahan itu bagian dari aturan/tatib. Semacam seragam.
Di NAD orang berjilbab kan juga ada UU yg disetujui DPR. DPR kan wakil rakyat.
wong di Indonesia saja bercadar nggak boleh memang gak ada undang2nya tapi ya orang tahu saja sendiri.
Mia: Mohon maaf sebelumnya, mba Mei sepertinya rancu dengan indikasi "hak, boleh, dan kewajiban".
Sesudah ini I let you to have the last words.
Salam
Mia
----- Original Message -----From: aldiy@yahoo.comSent: Friday, May 25, 2012 6:34 AMSubject: Re: [wanita-muslimah] Re: Al-Azhar: Hijab bukan bagian dari agamaIya mba Mei tentunya kita dari dulu semua setuju bahwa jilbab itu pilihan kebebasan, mau pake atau nggak. Maunya kita stop sampe di sini kan?
Ternyata nggak bisa. Masalahnya, pilihan itu jadi nggak bebas kalau dilarang atau diwajibkan oleh ulama, agama, lembaga dan negara.
BTW mbak Mei tahu nggak, dalam bukunya Irshad Manji mengkritik Lembaga di Kanada yg mau mengeluarkan larangan bercadar?
Kalau Quraish Shihab, ulama Al Azhar, dll mengeluarkan fatwa bahwa jilbab itu bukan dari agama, ini dukungan yg amat jarang dilakukan utk yg nggak berjilbab. Legitimasinya luar biasa.
Ini menunjukkan sebagian ummat Islam mulai pede. Nah dalam rangka pede ini, sebenernya kita nggak perlu identitas seperti jilbab. Yang kita perlukan adalah integritas atau berakhlak baik (Irshad M, Allah, Liberty and Love).
Pada kenyataannya sebagian kita memang melakukannya untuk identitas kemandirian. Dulu dalam kasus saya, karena jenuh disuruh keluarga utk pake jilbab, saya mengukuhkan batik dan kerudung/selendang ketimbang jilbab. Ternyata diikutin orang sekeliling, pada pake batik (mereka bilang sendiri ke saya). Dan keluarga pun sudah menerima ini.
Ini cerita sukses tentang batik sebagai identitas Nusantara.
BTW, Pak DWS - saya kutip melulu buku IM karena pada ngegeruduk, heboh, menghakimi tanpa baca bukunya dulu. Kayaknya di WM ini aku doang yg baca yah?
Salam
MiaSent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
From: "wpamungk@centrin.net.id" <wpamungk@centrin.net.id>Sender: wanita-muslimah@yahoogroups.comDate: Thu, 24 May 2012 19:57:44 +0700 (WIT)To: <wanita-muslimah@yahoogroups.com>ReplyTo: wanita-muslimah@yahoogroups.comSubject: Re: [wanita-muslimah] Re: Al-Azhar: Hijab bukan bagian dari agamanimbrung :
Pernah duluu Mia bilang bahwa berjilbab atau tdk berjilbab itu suatu pilihan.
Pilihan itu kesadaran pribadi juga kali ya.
Identitas kemandirian? Gak lah.
Kemandirian gak ditentukan dengan cara berbusana/berjilbab/tidak berjilbab.
Kita kan juga harusnya menghargai pendapat orang lain yg menganjurkan
kebaikan versinya mereka dalam menjalankan agamanya [misalnya menganjurkan
berjilbab].Toh kalo kerja jadi PNS juga harus taat ikuti aturan PNS, jadi
murid madrasah juga harus mau nyanyi indonesia raya, menghormati bendera.
Jadi yg dimaksud mungkin bukan kemandirian tapi kebebasan.
Salam,
l.meilany
Mba Lina, personal is political maksutnya, menumbuhkan kesadaran di antara
perempuan (dan laki-laki) bahwa urusan rumah tangga, pribadi juga
berkontribusi ke politik, kontribusi kolektif bukannya ke permasalahan
sendiri-sendiri.
Misalnya yg kucontohkan, ada tekanan keluargaku untuk pake jilbab. Nah,
bagaimana mengatasinya ini persoalan pribadiku dong. Namun di sisi lain,
ada kesadaranku untuk nggak nurut karena aku nggak mau pake jilbab, ku
sharing ke sini atau orang lain (yg ternyata orang2 di sekelilingku pada
ngikutin). Itulah pernyataan politik dari sisi personalku, sama kuatnya
dengan gerakan protes terhadap kewajiban pake jilbab.
Politik identitas, karena memakai jilbab untuk menekankan identitas
kemandirian. Irshad bertanya, kalau gitu apa yang bisa membatasi imajinasi
kita? So diriku pake imajinasi berbatik, ketimbang jilbab.
Salam
Mia
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung
Teruuusss...!
-----Original Message-----
From: "Lina" <linadahlan@yahoo.com>
Sender: wanita-muslimah@yahoogroups.com
Date: Thu, 24 May 2012 04:50:39
To: <wanita-muslimah@yahoogroups.com>
Reply-To: wanita-muslimah@yahoogroups.com
Subject: [wanita-muslimah] Re: Al-Azhar: Hijab bukan bagian dari agama
Mbak Mia,
Maksud na apa sih politik identitas (i.e. personal is political)?..
wassalam,
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, aldiy@... wrote:
>
> Terimakasih Pak DWS.
> Dengan pendapat Quraish Shihab, ini menambah ke-pede-an kita. Mesti kita
> catat dan sebarkan, kalo nggak Irshad Manji dkk yg akan melakukan ini.
> Sudah dilakukannya di bukunya yg terbaru mengutip GuBes Al Azhar (bukan
> soal jilbab).
>
> Pertanyaan yg tersisa adalah. Ternyata sebagian perempuan memakainya
> karena politik identitas (i.e. personal is political). Irshad bertanya,
> kalau itu politik identitas, kenapa nggak pake identitas lokal? Kenapa
> pake identitas budaya Arab? Dulu aku lantaran ditekan keluarga suruh
> pake jilbab, tapi aku sendiri kan menolak pake jilbab. Sebagai jawaban,
> sejak itu sehari-harinya di kantor pake batik, atau asesori etnik.
>
> Salam
> Mia
> Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung
> Teruuusss...!
>
> -----Original Message-----
> From: Dwi Soegardi <soegardi@...>
> Sender: wanita-muslimah@yahoogroups.com
> Date: Wed, 23 May 2012 21:40:48
> To: <wanita-muslimah@yahoogroups.com>
> Reply-To: wanita-muslimah@yahoogroups.com
> Subject: [wanita-muslimah] Al-Azhar: Hijab bukan bagian dari agama
>
> ==
> Berita dari Mesir pekan lalu, sebuah disertasi doktor bidang Syariah
> oleh Mustafa M Rashid
> dinyatakan lulus cum laude oleh Al-Azhar, menyatakan bahwa hijab bukan
> bagian dari agama.
> (al-hijab laysa min al-din)
>
> Silakan menyimak artikel asli dalam bahasa Arab dan di bawahnya adalah
> terjemahan dalam bahasa Inggris
> dari milis lain. Saya mencoba google translate tetapi hasilnya rancu
> dan tidak layak ditayangkan di sini.
>
> btw, rasanya ngga baru-baru amat argumen ini, mudah-mudahan ada
> informasi lebih lanjut.
>
> salam,
> ==
>
> http://www.elbashayer.com/news-192556.html
>
>
> الازهر يؤكد : الØجاب ليس من الدين
>
> الخميس 17 مايو 2012 12:20:02 م
>
> أخيرا Øسم الازهر موقÙ�Ù‡ ..
> وأعلن صراØØ© ان الØجاب ليس من الدين Ù�Ù‰
> شىء ..
>
> موا�قة الازهر على هذا الرأى جاءت �ى
> منØÙ‡ درجة الدكتورة للشيخ مصطÙ�Ù‰
> Ù…Øمد راشد Ù�ÙŠ الشريعة والقانون بتقدير
> عام امتياز،�ى رسالة قال الشيخ
> مصطÙ�Ù‰ Ù�يها ان الØجاب ليس Ù�ريضة اسلامية..
>
> وان ت�سير الايات بمعزل عن ظرو�ها
> التاريخية، واسباب نزولها قد ادى إلى
> Ù�هم مغلوط شاع وانتشر بشكل كبير Øول ما
> يسمى بـ«الØجاب الاسلامي!»،
> والمراد به غطاء الرأس الذي لم يذكر ل�ظه
> �ي القرآن الكريم على الاطلاق
>
> الا ان البعض قد اختزل مقاصد الشريعة
> الاسلامية وصØÙŠØ Ø§Ù„ØªÙ�سير ورÙ�ض إعمال
> العقل �ي نقله وت�سيره، وأورد النصوص �ي
> غير موضعها و�سرها على هواه،
> مبتعدا عن المنهج الصØÙŠØ Ù�ÙŠ التÙ�سير
> والاستدلال الذي ي�سر الآيات و�قا
> لظرو�ها التاريخية وتبعا لأسباب نزولها،
> إما لرغبتهم وقصدهم ان يكون
> التÙ�سير هكذا، واما Ù„Øسن نيتهم لأن
> قدراتهم التØليلية تتوقÙ� إمكانات
> Ù�همها عند هذا الØد لعوار عقلي أو Ø¢Ù�Ø©
> ن�سية.
>
>
> باتت مسألة «الØجاب!» تÙ�رض Ù†Ù�سها على
> العقل الاسلامي وغير الاسلامي،
> وامست مقياسا وتØديدا لمقصد ومعنى
> وطبيعة الدين الاسلامي �ي نظر غير
> المسلمين مما Øدا ببعض الدول غير
> الاسلامية الى اعتبار «الØجاب!» شعارا
> سياسيا يؤدي إلى الت�رقة بين المواطنين
> والتمييز بينهم، وقد Øدثت
> مصادمات، و�صل من الجامعات والوظائ�
> بسبب تمسك المسلمة ب�هم خاطئ لما
> يسمى «الØجاب!»، وتØميل للاسلام بما لم
> يأت به من دعوى انه �ريضة
> اسلامية.
>
> جاءت ادلة من يرون Ù�رضية «الØجاب!»
> متخبطة وغير مرتبطة، مرة بمعنى
> الØجاب، وتارة بمعنى الخمار، واخرى
> بمعنى الجلابيب، وهو ما ÙŠÙˆØ¶Ø Ø§Ø¨ØªØ¹Ø§Ø¯Ù‡Ù…
> عن المعنى الصØÙŠØ Ø§Ù„Ø°ÙŠ يقصدونه وهو غطاء
> الرأس، وانهم يريدون انزال الØكم
> بأي شكل لهوى عندهم، وقد ورد ذكر
> «الØجاب!» Ù�ÙŠ الآية رقم (53) من سورة
> الاØزاب، والمقصود به الØائط أو الساتر،
> وهو متعلق بأمهات المؤمنين
> الطاهرات المطهرات ووجوب وضع ساتر بينهن
> وبين الرجال من صØابة رسول الله
> صلى الله عليه وسلم، اما الاستدلال بآية
> الخمار التي وردت �ي سورة النور
> �ي الآية رقم (31) �هو أيضا استدلال باطل
> لأن المقصود بها وجوب ستر النØر
> وهو اعلى الصدر وستر العنق ايضا، وعلة
> نزول تلك الآية الكريمة، تصØÙŠØ
> وتعديل وضع خاطئ كان سائدا وقائما وقت
> نزولها وهو كش� صدر المرأة وهي
> صورة ير�ضها الاسلام ومن ثم قصدت الاية
> تغطية الصدر وليس غطاء الرأس كما
> يسميه الناس الآن «الØجاب!».
>
> اما الاستدلال بآية الجلابيب التي وردت
> Ù�ÙŠ سورة الاØزاب Ù�ÙŠ الآية رقم
> (59)، �إن سبب نزول الآية ان عادة النساء
> وقت التنزيل كانت كش� وجوههن
> مثل الإماء أو الجواري، �كان بعض ال�جار
> يسترقون النظر إلى النساء �نزلت
> تلك الآية لتضع �ارقا وتمييزا بين
> الØرائر والإماء الجواري Øتى لا تتأذى
> الØرة المؤمنة العÙ�ÙŠÙ�Ø©.
>
> واخيرا استدلال البعض بØديث أسماء بنت
> ابي بكر رضي الله عنهما عندما دخلت
> على رسول الله صلى الله عليه وسلم �أمرها
> بأن لا تكش� الا عن وجهها
> وكÙ�يها، كدليل على Ù�رضية «الØجاب!» أي
> غطاء الرأس، �هو استدلال لا يعتد
> به لأن هذا الØديث من اØاديث الآØاد،
> وليس من الاØاديث المتواترة أو
> المتصلة السند، لكنه Øديث Ø¢Øاد لم يتصل
> سنده بالعدول الضابط
>
>
> Terjemahan ke dalam bahasa Inggris yang saya dapatkan dari milis lain:
>
>
>
> Finally al Azhar clarifies its position and announces that hijab has
> nothing to do with religion
>
> al Azhar's endorsed Sheikh Mustafa Mohamed Rashid's PhD thesis on
> Sharia and Law for which he obtained a grade of excellent, where he
> stated that hijab is not an Islamic requirement (fard), and that the
> interpretation (tafseer) of the verses (ayat) and the circumstances
> during which they appeared has led to the widespread misunderstanding
> about the so-called 'Islamic Hijab' denoting covering the head, of
> which there is absolutely no mention in the Quran.
>
> Yet some have misconstrued the intent and correct interpretation of
> the Sharia, refusing the logic and sequence of its appearance,
> abandoning the proper methods of citing and interpreting of the verses
> (ayat), their historical background and reason for them. They have
> done so either intentionally, or with good intention but with lack of
> the essential analytical savvy.
>
> This hijab issue imposed itself on the Islamic and non-Islamic psyche,
> and thus becoming the defining factor, meaning, and nature of the
> Islamic faith to non-Muslims, which led some non-Islamic nations to
> consider it a divisive political statement. In consequence to the
> resulting friction, some female students have been expelled from
> universities and jobs, only due to their adherence to this false
> belief, thereby attaching to Islam a non existent requirement.
>
> So inconsistent and misguided have the proofs of the supporters of the
> hijab theory been, that it would sometimes take the form of khimar or
> jalabeeb, which distanced them from what they meant by head cover,
> which is indicative of their restrictive set of mind.
>
> 'Hijab' was mentioned in verse (ayah) 53 of al AHzab, where it
> signifies 'wall' or 'what prevents view' and it was in regards to pure
> "ummuhat al mo'mineen" where a "hajib" is to be placed between them
> and any men.
>
> As for verse (ayah) 31 of Al Khimar - Sourrat al Noor, that is also a
> redundant claim, as the intent here is the cover of the breast and
> neck - the background here is the covering of the breast whose
> exposure is un-Islamic, and not what is now understood by hijab for
> the head.
>
> And in regards to the historical background of verse (ayah) 59 of
> Sourrat al AHzab was to distinguish between the pure and the
> promiscuous whores and slaves.
>
> Finally, in the mis-use of the Hadith about Asma'a, daughter of Abu
> Bakr, when she walked in on the prophet (pbuh)s gathering, and he
> ordered her to not expose her face or palms - this Hadith is not a
> binding Hadith, as it is one of al AHaad and not one of the
> consistent, or the connected confirmed.
>
>
> ------------------------------------
>
> =======================
> Milis Wanita Muslimah
> Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
> Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
> Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
> ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
> Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
> Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
> Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
> Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com
>
> Milis ini tidak menerima attachment.Yahoo! Groups Links
>
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com
Milis ini tidak menerima attachment.
0 comments:
Post a Comment