Advertising

Thursday 27 September 2012

RE: [wanita-muslimah] Kolom IBRAHIM ISA - BUNG KARNO SEKITAR “G30S”

Yth Moderator : Ini milis Wanita Muslim kok isinya AGITASI POLITIK EX PKI


-----Original Message-----
From: wanita-muslimah@yahoogroups.com [mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com] On Behalf Of isa
Sent: Thursday, September 27, 2012 12:28 PM
To: WANITA -MUSLIMAH@YAHOOGROUPS.COM
Subject: [wanita-muslimah] Kolom IBRAHIM ISA - BUNG KARNO SEKITAR "G30S"

*Kolom IBRAHIM ISA
Kemis, 27 September 2012
----------------------------------
*
*BUNG KARNO SEKITAR "G30S" *
Bung Karno adalah salah seorang pemimpin nasional Indonesia, satu-satunya Presiden Republik Indonesia, yang tahu betul kejadian-kejadian di sekitar Gerakan 30 September 1966. Beliau menamakannya:" GESTOK", "Gerakan Satu Oktober". Karena gerakan atau operasi tsb berlangsung pada dinihari tanggal 1 Oktober 1965.

Presiden Sukarno menerima laporan dari salah seorang pemimpin G30S, Brigjen Supardjo, segala sesutu yang diketahuinya mengenai G30S.
Mendengar laporan Brigjen Supardjo, begitulah menurut versi yang dipercaya, Presiden memerintahkan gerakan segera dihentikan. Beliau kembali tampil menangani situasi ketika itu.


Yang Presiden Sukarno belum sadari, mungkin, ialah bahwa CIA sudah jauh terlibat dalam peristiwa tsb dan Jendral Suharto dkk dengan dukungan sementara kalangan nasionalis dan religius, praktis telah mengambil oper kekuasaan negara di tangannya sendiri.


Hanya setelah 1 Oktober 1966 itu, Presiden Sukarno berangsur-angsur menyadari bahwa Jendral Suharto cs telah bertindak melangkahinya, membangkanginya dan akhirnya samasekali mengkhianatinya.


Beliau berusaha untuk merebut kembali inisiatif pimpinan nasional, melalui pidato dan wejangan serta seruannya. Presiden Sukarno sangat prihatin situasi persatuan nasional yang sudah dirusak habis-habisan dan Indonesia jatuh ketangan orang-orang yang tidak bertanggungjawab dan imperialisme yang sudah mengincar Indonesia sejak lama dan tak henti-henti sekejappun untuk menggulingkan bahkan membunuh Presiden Sukarno, dan mengubah Indonesia menjadi negara yang sepenuhnya dibawah kontrole dan kekuasaan modal monopoli asing. Suatu negara lagi di Asia Tenggara, yang politik dalam dan lurnegerinya sepenuhnya menuruti strategi Perang Dingin AS dan sekutu-sekutunya.


Namun, karena hakikatnya Jendral Suharto secara aktuil SUDAH memegang kekuasaan tentara dan pemerintahan, serta menguasai seluruh media, maka usaha Presiden Sukarno untuk memimpin kembali situasi nasional gagal sepenuhynya.


*Menarik sekali mencatat, bahwa, pada tanggal 20 Januari 1966 sebanyak
92 Menteri menyatakan kesetiaan kepada Presiden Sukarno. Pada tgl 27 Februari 1966 diadakan "Rapat Raksasa Kesetiaan Kepada Pemimpin Besar Revolusi Bung Karno" di Bandung*.*Tanggal 10 Maret 1966, pernyataan partai politik/karya: IPKI, NU, Partai Katolik, Parkindo, Perti, PNI Front Marhaenis, PSII, Muhammadiyah yang menyatakan kebulatan tekad
untuk: 1. Tidak dapat membenarkan cara-cara yang dipergunakan para pelajar, mahasiswa, dan pemuda yang akibatnya langsung atau tidak langsung dapat membahayakan jalannya Revolusi Indonesia dan merongrong kewibawaan Pemimpin Besar Revolusi Bung Karno. 2.Menyadari keadaan gawat dan adanya aktivitas-aktivitas subversi dari pihak nekolim. 3.
Berketetapan hati dan bertekad bulat untuk melaksanakan tanpa reserve Perintah Harian PYM Presiden/Mandataris MPRS/Pangti ABRI/PBR Bung Karno tanggal 8 Maret 1966.

*
Namun upaya untuk memisahkan dan pada gilirannya menghancurkan barisan pendukung Sukarno lebih gencar dilakukan oleh orang-orang di sekeliling Suharto.


** * *
*
Setelah mendapatkan "Supersemar", "Surat Perintah Sebelas Maret, 1966"
Suharto dalam hitungan jam, langsung membubarkan PKI dan menyatakannya sebagai partai terlarang. Para anggota partai ini dan ormasnya tidak boleh pindah atau ditampung oleh partai lain. Pada minggu yang sama, Suharto "mengamankan" 15 Menteri pendukung Sukarno. *(seperti diuraikan oleh Asvi Warman Adam dalam kata pengantarnya di buku "REVOLUSI BELUM
SELESAI")*

** * **


Pada tanggal 02 Sept. 2011, dalam siaran berbahasa Inggris, berjudul "THE THIRTIETH SEPTEMBER MOVEMENT – G30S – 1965 AND THE MASS MURDER IN INDONESIA", terdapat kutipan-kutipan tanggapan dari sementara pakar, penulis mancanegara, sekitar "G30S".

Nara sumber Situs WIKIPEDIA: Antara lain mengutip tulisan dan analisis beberapa penulis asing yang melakukan studi dan penelitian mengenai kasus "G30S". Mereka-mereka itu a.l, adalah *Ben Anderson dan Ruth Mc Vey, Victor Fic dan John Roosa.* Juga versi Orba sekitar peristiwa termasuk disiarkan.

*Sejarawan Prof Geoffrey Robinson, Cornell University, USA*, ketika bicara tentang buku John Roosa, menyatakan a.l sbb: *" (Buku) Ini merupakan bacaan esensil bagi mereka yang mentudi sejarah Indonesia modern, dan bagi siapa saja yang menaruh perhatian pada kekerasan politik, peranan militer di bidang politik, dan politik luar negeri A.S."

Siapa saja yang mengikuti situasi Indonesia, tahu, bahwa buku John Rosa yang terakhir, berjudul "Pretext for Mass Murder, The September 30th Movement and Suharto's Coup d'Etat in Indonesia", patut dibaca dan dipelajari sebagai suatu hasil studi dan analisis yang serius.


Sebagaimana halnya buku yang baru terbit tahun ini ( 2012, Penerbit ASAA Southeast Asia Publications Series, in Association with NUS Press and NIAS PRESS), "THE COUNTOURS of Mass Violence in Indonesia, 1965-68", Edited by Douglas Kammen and Katharine McGregor,

Siapa saja yang telah membacanya dengan seksama, berhak berkomentar dan bertanggap terhadap hasil karya studi para penulis dan pakar tsb. Dan tanggapannya itu bisa merupakan bahan "input" tambahan bagi studi dan analisis lebih lanjut sekitar masalah yang dibicarakan.

* * *
*
Bung Karno sekitar – "G30S"*

Tulisan dalam kolom ini dimaksudkan, -- sebagai bahan 'input' bagi pembaca dan yang sungguh-sungguh peduli Indonesia, yang ingin mencari kebenaran dari kenyataan sekitar peristiwa "G30S" dan kelanjutannya:
Yaitu mengenai persekusi, penghilangan, pemenjaraan, pembuangan ke P.
Buru, dan pembunuhan massal terhadap warganegara yang tidak bersalah.
Semua tindakan pelanggaran HAM terbesar di Indonesia, dilakukan oleh aparat militer dibantu oleh sementara parpol dan kekuatan religius. Jadi suatu kekerasan vertikal, suatu kekerasan yang terutama diregisir oleh penguasa militer.

* * *

Bahan-bahan otentik, unik, dan historis sekitar peristiwa 1965-66-67, telah dengan teliti dan sukses dikumpulkan dalam dua buah buku, berjudul
*
"REVOLUSI BELUM SELESAI", Jilid 1 dan 2. (Cetakan Pertama Juli 2003.)*

Penerbit: Masyarakat Indonesia Sedar Sejarah (MESIASS). Masing-masing
443 halaman, dan 445. bersama jadi 888 halaman. Suatu dokumentasi otentik yang orisinil, Dua buah buku amat penting tsb adalah hasil usaha, riset dan jerih payah dua orang sejarawan muda, *Budi Setiyono dan Bonnie Triyana*.

Peneliti Senior LIPI Dr. Asvi Warman Adam memberikan Kata Pengantar. a.l
sbb:

* * *

Bagian-bagian terpenting dari
KATA PENGANTAR ASVI WARMAN ADAM pada buku "REVOLUSI BELUM SELESAI".

*"SUKARNO MENGGUGAT"
100 Pidato Presiden RI 1965-1967 *
Tidak banyak diketahui umum bahwa dalam masa peralihan kekuasaannya kepada Suharto, Presiden Sukarno sempat berpidato paling sedikit 103 kali. Yang diingat orang hanyalah beliau berpidato tanggal 30 September
1965 malam hari sebelum meletus Peristiwa G30S. Selain itu pidato pertanggungjawaban, Nawaksara, ditolak oleh MPRS tahun 1967. Dalam memperingati 100 Tahun Bung Karno tahun 2001 lalu diterbitkan (kembali) kumpulan pidatonya yang bahkan tersaji dalam beberapa buku dengan tema tertentu. Namun hampir semuanya itu pidato-pidato yang disampaikan sebelum peristiwa G30S 1965.

Pidato-pidato yang terkumpul dalam buku "Revolusi Belum Selesai " ini merupakan suntingan dari sekitar 103 pidato Bung Karno 1965-1967 ini, berasal dari arsip Sekretariat Negara dan telah diserahkan kepada Arsip Nasional Republik Indonesia. Kumpulan ini diawali dengan pidato tanggal
30 September 1965 malam (di depan Musayawrah Nasional Teknik di Istora Senayan, Jakarta), dan diakhiri dengan pidato tanggal 15 Februari 1967 (waktu pelantikan/pengambilan sumpah beberapa duta besar RI). Setiap bulan biasanya ia berpidato beberapa kali, tetapi dalam naskah ini tidak ditemukan pidato bulan Mei 1966.

Pidato-pidato Bung Karno selama 2 tahun ini sangat berharga sebagai sumber sejarah. Ia mengungkapkan berbagai hal yang ditutupi bahkan diputarbalikkan selama orde baru. Dari pidato-pidato itu juga tergambar betapa sengitnya peralihan kekuasaan dari Sukarno kepada Suharto. Namun, di pihak lain, terlihat pula kegetiran seorang Presiden yang ucapannya tidak didengar lagi oleh para jendral yang dulu sangat patuh kepadanya.
Komando dan perintah dia tidak dimuat oleh surat kabar. Ucapannya diplintir. Sukarno marah dan bahkan sangat geram. Ia memaki dalam bahasa Belanda, bahasa yang dikuasainya sampai kosakata caci makinya.

A. Konteks Pidato

PERIODE 1965-1967 dapat dilihat sebagai masa peralihan kekuasaan dari Sukarno kepada Suharto. Dalam bukiu sejarah versi pemerintah, masa ini dilukiskan sebagai era konsolidasi kekuatan pendukung orde baru (tentara, mahasiswa, dan rakyat) untuk membasmi Partai Komunis Indonesia
(PKI) sampai keakar-akarnya serta pembersihan orang-orang pendukung Sukarno.

Mulai tahun 1998 di tanah air sudah dikenal umum beberapa versi sejarah yang berbeda dari versi resmi. Selain menonjolkan keterlibatan pihak asing seperti /Central Intelligence Agency /(CIA), juga muncul tudingan terhadap keterlibatan Suharto dalam apa yang disebut "kudeta merangkak"
yaitu rangkaian tindakan dari awal Oktobner 1965 sampai keluar Surat perintah 11 Maret 1966 (Supersemar) dan ditetapkannya Suharto sebagai pejabat Presiden tahun 1967. "Kudeta merangkak" ini terdiri dari beberapa versi pula (Saskia Wieringa, Peter Dale Scott, dan Subandrio) dan beberapa tahap.

Dari segi ekonomi memang keadaan itu sangat buruk. Harga membubung tinggi, inflasi ratusan persen. Bahkan sampai Presiden Sukarno menunjuk seorang Menteri Penurunan Harga yakni Haely Hasibuan, yang ternyata kemudian juga tidak berhasil melakukan tugasnya.


Perlawanan atau resistensi dari kelompok pendukung Bung Karno bukannya tidak ada. Sebanyak 92 Menteri menyatakan kesetiaan kepada Bung Karno tanggal 20 Januari 1966. Pada 27 Februari 1966 diadakan "Rapat Raksasa Kesetiaan Kepada Pemimpin Besar Revolusi Bung Karno" di Bandung. Tanggal
10 Maret 1966, pernyataan partai politik/karya: IPKI, NU, Partai Katolik, Parkindo, Perti, PNI Front Marhaenis, PSII, Muhammadiyah yang menyatakan kebulatan tekad untuk:

1. Tidak dapat membenarkan cara-cara yang dipergunakan para pelajar, mahasiswa, dan pemuda yang akibatnya langsung atau tidak langsung dapat membahayakan jalannya Revolusi Indonesia dan merongrong kewibawaan Pemimpin Besar Revolusi Bung Karno.

2.Menyadari keadaan gawat dan adanya aktivitas-aktivitas subversi dari pihak nekolim.

3. Berketetapan hati dan bertekad bulat untuk melaksanakan tanpa reserve Perintah Harian PYM Presiden/Mandataris MPRS/Pangti ABRI/PBR Bung Karno tanggal 8 Maret 1966.

Namun upaya untuk memisahkan dan pada gilirannya menghancurkan barisan pendukung Sukarno lebih gencar dilakukan oleh orang-orang di sekeliling Suharto.

Setelah mendapatkan Supersemar, Suharto dalam hitungan jam, langsung membubarkan PKI dan menyatakannya sebagai partai terlarang. Para anggota partai ini dan ormasnya tidak boleh pindah atau ditampung oleh partai lain. Pada minggu yang sama, Suharto "mengamankan" 15 Menteri pendukung Sukarno.

*B. Isi Pidato*

SUKARNO berusaha mengendalikan keadan melaluipidato-pidatonya. Nada memerintah senantiasa terllihaat dalam amanatnya, baik kepada Menteri maupun kepada segenap aparawt negara. Pada penutu pidatonya ia berkata, "Sekian. Kerjakan Komandoku!", "Jangan jegal perintah saya".

Saya komandokan kepada setiap aparat negara untuk selalu membina persatuan seluruh kekuatan progresif revolusioner. Dua, Menyingkirkan jauh-jauh tindakan-tindakan destruktif seperti rasialisme, pembakaran-pembakaran dan pengrusakkan-pengrusakkan. Tiga. Menyingkirkan jauh-jauh fitnahan-fitnahan dan tindakan-tindakan atas dasar perasaan balas-dendam.

Pada tanggal 21 Oktober 1965 ia mengeluarkan perintah:
1. Hindari segala tindakan yang dapat merugikan perjuangan bangsa 2.Tingkatkan dan sempurnakan setiap slagorde Dwikora yang telah dipersiapkan.
3.Kerahkan seluruh potensi guna kesempurnaan ketahanan revolusi.

* * *

Namun, semua perintah dan komando Presiden Panglima Tertinggi ABRI Sukarno, di black-out oleh kekuasaan negara yang sudah ditangan Jendral Suharto.

"SUPERSEMAR", "Surat Perintah Sebelas Maret, 1966", dari Presiden Sukarno kepada Jendral Suharto, disulap menjadi surat 'transfer of authority', suatu pengalihan kekuasaan dari Presiden Sukarno kepada Jendral Suharto. Suharto dengan "licik" menyalahgunakan Supersemar menjadi senjata untuk membungkam kekuatan-kekuatan yang mendukung Presiden. Jendral Suharto telah menggunakan Supersemar untuk membubarkan PKI dan mengintensifkan kampanye pembantaian masal terhadap anggotqa-anggota PKI, yang diduga atau dituduh PKI atau simpatisan PKI, dan semua kekuatan politik nasional yang mendukung Presiden Sukarno.
*
Akhirnya Jemdral Suharto telah menggunakan Supersemar sebagai "legitimasi" penyerobotan kekuasaan pemerintah dan negara dari tangan Presiden Sukarno. *

Padahal Supersemar dengan jelas sekali menyatakan bahwa Jendral Suharto harus memberikan laporan kepada Presiden Sukarno mengenai langkah-langkah dan kebijakan yang diambilnya sekitar tugas yang diberikan kepadanya mengenai pemulihan dan pemeliharaan keamanan dan ketertiban negeri, serta membela ajaran-ajaran dan kewibawaan Presiden Sukarno.
*
Tidak ada pengkhianatan yang lebih besar dalam sejarah Indonesia bernegara, yang bisa menyamai pengkhianatan yang dilakukan oleh Jendral Suharto dan para pendukungnya terhadap kepala negara R.I, Presiden Sukarno.
*
Penglaman masa lalu yang kusial ini harus menjadi catatan sejarah, harus menjadi pelajaran berharga, dan sekali-kali tidak boleh dilupakan oleh bangsa kita dari generasi ke generasi,


*JAS MERAH*, seperti bunyi ajaran Bung KARNO:


*JANGAN SEKALI-KALI MELUPAKAN SEJARAH*


* * *





------------------------------------

=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.Yahoo! Groups Links





------------------------------------

=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
wanita-muslimah-digest@yahoogroups.com
wanita-muslimah-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/

0 comments:

Post a Comment