1) Reaksi macam-macam. Waktu diadakan tahun 2005 itu sempat pindah-pindah
tempat, karena ada ancaman demo, atau ancaman lebih membahayakan lagi.
Seingat saya justru reaksi dari luar Amerika lebih keras: sesat, kafir,
laknat, dll ......
Pada umumnya di masjid-masjid lain juga menolak model imam perempuan begini.
Ambil sisi positifnya, sekitar tiga bulan setelah Dr Wadud berkhotbah Jumat,
organisasi mainstream ISNA mengeluarkan panduan tentang tempat perempuan
dalam masjid,
bukan di basement, bukan di lantai tujuh, bukan di dekat parkiran, tetapi
sama-sama di ruang musalla, ruang utama masjid.
ISNA juga menghimbau melibatkan perempuan dalam kepengurusan, kalau ada
acara ceramah atau diskusi bisa jadi pembawa acara, moderator, dll.
2) Entah apa Dr Wadud yang sama, tetapi saya juga lama tidak mengupdate info
tentang dia, ngga temenan di FB.
Info yang saya punya dia dosen di Virginia Commonwealth Univ, di Richmond,
Virginia.
Bisa saja sudah pindah.
Dia juga pernah lama di Malaysia, aktif di Sisters in Islam, mungkin juga
bisa bahasa Melayu,
bahkan dalam blognya bercerita tentang Jakarta dan Indonesia.
3) Tanggapan Imam Syamsi Ali tentang salat Jumat Dr Amina Wadud pernah
dimuat di WM sini,
beserta tanggapan balik Ustadzah Mia. Silakan dicari.
salam,
2010/10/31 Abdul Muiz <muizof@yahoo.com>
>
>
> Thanks Mas DWS,
>
> 1) bagaimana reaksi umat islam mainstrieam USA atas fenomena imam perempuan
> dan khatib perempuan dalam shalat berjamaah dan shalat jum'ah yang
> dipelopori Amina Wadud ??
> 2) saya bertemanan dengan amina wadud bukan wadud amina, di FBnya ia
> mengaku bertanggal lahir 25 september tanpa menyebutkan tahun lahir, mengaku
> tempat sekarang berdomisili di san pablo, california, tempat bekerjanya
> adalah Starr King School for the Ministry Agustus 2006 hingga sekarang,
> Visiting Scholar, Berkeley, California, Self Employed November 1972 hingga
> sekarang sebagai Consultant on Islam and Social Justice. (saya sendiri belum
> yakin apa benar dia merupakan Amina Wadud yang heboh itu)
> 3) saya juga berteman dengan pak Shamsi Ali orang Sulawesi selatan yang
> menjadi imam masjid di USA.
>
> Wassalam
> Abdul Mu'iz
>
> --- Pada Sen, 1/11/10, Dwi Soegardi <soegardi@gmail.com<soegardi%40gmail.com>>
> menulis:
>
> > Dari: Dwi Soegardi <soegardi@gmail.com <soegardi%40gmail.com>>
>
> > Judul: Re: [wanita-muslimah] Re: Kisah mujizat dan legenda nusantara
> > Kepada: wanita-muslimah@yahoogroups.com<wanita-muslimah%40yahoogroups.com>
> > Tanggal: Senin, 1 November, 2010, 7:35 AM
>
> > Mas Muiz,
> >
> > saya tidak pernah ikutan salat berjamaah dengan imam
> > perempuan.
> > Selama ini kegiatan itu masih sporadis, jauh dari tempat
> > saya,
> > masih bersifat ad-hoc, belum permanen.
> >
> > Tempat Dr Wadud mengajar sekitar 150 km selatan Washington
> > D.C.,
> > tidak terlalu jauh sebenarnya dari tempat saya (kira-kira 4
> > jam).
> > Tetapi tidak berarti acara itu digelar di sana.
> > Selama ini "show" imam perempuan itu diadakan di New York,
> > Toronto,
> > Oxford, dll. Kota besar, atau kota akademik, dengan warga
> > progresif
> > dalam jumlah besar.
> >
> > Sekedar "update" cerita yang dikutip Abah HMNA,
> > situs Muslim Wake Up sudah sekarat,
> > Progressive Muslim Union sudah bubar,
> > (muncul Muslims for Progressive Values/MPV)
> > isu perempuan dan masjid masih sering terjadi,
> > dan kadang2 ada perhelatan imam dan khatib perempuan.
> >
> > Saya membayangkan apa tidak lebih baik
> > dibangun "masjid perempuan" terlebih dahulu,
> > di mana perempuan tidak didiskriminasi.
> > Tapi saya juga kuatir itu berarti melestarikan segregasi
> > gender.
> > Saya masih ragu untuk jauh-jauh pergi untuk sekedar sebuah
> > pertunjukan imam perempuan,
> > tetapi lebih ringan rasanya pergi jauh ke sebuah masjid
> > yang telah permanen, salat rutin dijalankan di sana,
> > tak peduli siapa imamnya.
> > Repotnya, seperti pernyataan salah satu aktivis progresif
> > sendiri,
> > bahwa mereka lebih bersemangat untuk membuat perhelatan
> > seperti ini daripada harus memelihara masjid yang rutin
> > salat 5 waktu sehari
> > semalam :-(
> >
> > salam,
> >
> > *) Anda temenan facebook dengan Amina Wadud atau Wadud
> > Amina? :-)
> >
> >
> >
> > 2010/10/31 Abdul Muiz عبد المعز
> > <muizof@yahoo.com <muizof%40yahoo.com>>
> >
> > >
> > >
> > > Mas DWS,
> > >
> > > Anda berdomisili di kota mana ya ?? Pernahkah Mas DWS
> > ikutan berjamaah dan
> > > bermakmum bersama Amina Wadud (penulisan nama yang
> > benar adalah amina tanpa
> > > "h" saya adalah teman face book beliau lho) dalam
> > shalat berjamaah ?
> > >
> > > Wassalam
> > > Abdul Mu'iz
> > >
> > > --- In wanita-muslimah@yahoogroups.com<wanita-muslimah%40yahoogroups.com>
> > <wanita-muslimah%40yahoogroups.com>,
>
> > > "H. M. Nur Abdurahman" <mnur.abdurrahman@...>
> > wrote:
> > >
> > > >
> > > >
> > > > ----- Original Message -----
> > > > From: <aldiy@...>
> > > > To: <wanita-muslimah@yahoogroups.com<wanita-muslimah%40yahoogroups.com>
> > <wanita-muslimah%40yahoogroups.com>
> > > >
> > > > Sent: Sunday, October 31, 2010 18:31
> > > > Subject: Re: [wanita-muslimah] Kisah mujizat dan
> > legenda nusantara
> > > >
> > > > But then again, memikirkan kembali kalimat saya
> > sendiri, mungkin jadinya
> > > malah repot kalau "tuhan langit malah turun ke bumi".
> > Jadinya memproduksi
> > > orang2 kayak HMNA.
> > > >
> > >
> >
> #####################################################################################
> > > > HMNA:
> > > > Piuh, piuh, piuh,(gaya Jawa Timur) inong (bhs
> > Aceh) Mia, nama saya
> > > dibawa-bawa lagi. Maka eloklah juga lagi saya
> > keluarkan erampole (bhs
> > > Makassar) dari kantong dora emon. Mangga' (bhs Sunda)
> > dicaliak (bhs Minang)
> > > di bawah, zeg (gaya Belanda).
> > > >
> > >
> >
> ######################################################################################.
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > Saya ingat kata2 amina wadud,
> > > >
> > >
> >
> ###########################################################################################
> > > > HMNA:
> > > > Siapa itu Aminah (pake h) Wadud ?
> > > > Ini ada dua bingkisan dari kantong dora emon !
> > > >
> > *****************************************************************
> > > >
> > > > BISMILLA-HIRRAHMA-NIRRAHIYM
> > > >
> > > > WAHYU DAN AKAL - IMAN DAN ILMU
> > > > [Kolom Tetap Harian Fajar]
> > > > 669. Ukhrawi untuk Duniawi
> > > >
> > > > Nasir al Husaini, koresponden Aljazirah di New
> > York melaporkan pada hari
> > > Jum'at, 18 Maret 2005 sekelompok yang mengaku Muslim
> > dan Muslimah Amerika
> > > sekitar 90 orang melakukan ibadah Jum'at. Ini jum'atan
> > asal-asalan, karena
> > > khatibnya merangkap imam serta muadzzin semuanya
> > perempuan (lahir kosa-kata
> > > baru khatibah, imamah dan muadzzinah, padahal imamah
> > selama ini bukan
> > > berarti imam perempuan). Kosa kata baru ini
> > insya-Allah akan mati "colli",
> > > tidak berumur panjang seperti "break dance" dahulu di
> > Makassar ini. Khatib
> > > dan imam perempuan itu konon bernama Aminah Wadud,
> > seorang doktor berpangkat
> > > Associate Professor dalam filosofi dan kajian agama di
> > Virginia Commonwealth
> > > University, Richmond, VA dengan E-mail: awadud@...
> > Sedangkan muadzzin
> > > perempuan itu bernama Suehyla el-Attar yang berucap
> > kepada Al Jazirah bahwa
> > > itu berdasar atas ingatannya tatkala masih kecil yang
> > didengarnya dari
> > > ayahnya sewaktu masih di Mesir. Parahnya lagi muadzzin
> > perempuan ini
> > > betul-betul asal-asalan, karena berkepala telanjang
> > alias tidak bertutup
> > > kain telekung. Brtul-betul liberal, liberte et
> > egalite.
> > > >
> > > > Jum'atan asal-asalan ini diselenggarakan oleh
> > yang mengaku Progressive
> > > Muslim Union bertempat di aula Synod House at the
> > Cathedral of St. John the
> > > Divine, an Episcopal church on 110th Street (maaf
> > susah diterjemahkan).
> > > Khutbah doktor filosofi dan kajian agama ini juga
> > asal-asalan karena,
> > > subhanaLlah, semoga Allah SWT tidak melaknat yang ikut
> > terseret karena
> > > ketidak-tahuannya sehingga ikut juga jum'atan
> > asal-asalan ini, karena,
> > > karena dalam khutbahnya doktor filosofi ini
> > mempergunakan kata ganti He, She
> > > dan It untuk Allah, subhanaLlah. Landasan fiqhnya juga
> > asal-asalan, katanya
> > > karena Nabi Muhammad RasuluLlah SAW pernah menunjuk
> > Ummu Waraqah untuk
> > > mengimami isi rumah Ummu Waraqah yang ada juga
> > laki-laki berstatus budak
> > > kasim (dikebiri). Tidak jelas, apakah cercaan
> > demonstran yang dijaga ketat
> > > oleh polisi, yang membawa spanduk bertuliskan kalimat:
> > "Mixed-Gender Prayers
> > > Today, Hellfire Tomorrow" (sembahyang campuran gender
> > hari ini, api-neraka
> > > besok), sempat dilihat Aminah Wadud yang doktor
> > filosofi tersebut.
> > > >
> > > > ***
> > > >
> > > > Dalam ibadah yang ritual berlaku qaidah: Semua
> > tidak boleh kecuali yang
> > > diperintahkan dan dicontohkan oleh Nash. Pada waktu
> > Rasulullah SAW sakit
> > > tidak menyerahkan pimpinan shalat itu misalnya kepada
> > Fatimah RA, atau
> > > Aisyah. Bahkan RasuluLlah SAW waktu sakit itu
> > terlambat masuk masjid ikut
> > > shalat dan membiarkan Abubakar RA mengimami beliau.
> > Perintah Nabi SAW kepada
> > > Ummu Waraqah, itu dirampatkan (generalized) oleh
> > Aminah Wadud meluas keluar
> > > rumah dan shalat wajib biasa dirampatkan meningkat ke
> > shalat Jum'at. Budak
> > > laki-laki yang dikebiri(*) sebagai mu'adzinnya
> > dirampatkan melebar kepada
> > > laki-laki yang potensial. Siapakah yang menjadi
> > pengganti Nabi SAW yang
> > > menunjuk doktor filosofi ini menjadi imam? Kemudian
> > imam itu dirampatkan
> > > pula melebar ke khatib! Inilah dia doktor yang berilmu
> > asal-asalan. Firman
> > > Allah:
> > > > -- TSM J'ALNK 'ALY SYRY'AT MN ALAMR FATB'AHA WLA
> > TTB'A AHWA^ ALDZYN LA
> > > Y'ALMWN (S. ALJATSYT, 18), dibaca:
> > > > -- tsumma ja'alna-ka 'ala- syari-'atim minal amri
> > fattabi'ha- wala-
> > > tattabi' ahwa-al ladzi-na la- ya'lamu-n (s.
> > alja-tsiyah), artinya:
> > > > -- kemudian Kami jadikan engkau (hai Muhammad)
> > atas syari'at di antara
> > > urusan, maka ikutilah syari'at itu dan janganlah
> > engkau turut hawa-nafsu
> > > orang-orang yang tidak berilmu (45:18).
> > > >
> > > > Aminah Wadud ini termasuk di antara sosok
> > orang-orang yang merusak Islam
> > > dari dalam, musang berbulu ayam. Dan sosok-sosok
> > seperti ini tentunya
> > > menjadi sasaran empuk yang dimanfaatkan oleh mereka
> > yang tidak suka pada
> > > islam. Kerjasama antara musang dari luar dengan musang
> > berbulu ayam dari
> > > dalam ini akan terjalin hingga Allah menurunkan
> > keputusanNya, baik melalui
> > > tangan makhlukNya atau atas kehendakNya sendiri. Maka
> > ummat Islam
> > > berhati-hatilah terhadap aktivitas musang berbulu ayam
> > ini yang berkecimpung
> > > menyelam di kawasan bersifat ukhrawi untuk tujuan
> > duniawi, terkhusus dalam
> > > egalite (persamaan) gender yang kebablasan. WaLlahu
> > a'lamu bisshawab.
> > > > -----------------------------
> > > > (*)
> > > > Dari Hadits Gharib. Budak laki-laki yang dikebiri
> > ini adalah syaikh 'ajûz
> > > (lelaki tua renta), tidak berarti lelaki itu juga
> > menjadi makmum Ummu
> > > Waraqah.
> > > > o Pertama, harus dipahami bahwa justru karena ada
> > hadits yang melarang
> > > perempuan menjadi mu'adzin, maka syaikh 'ajûz tadilah
> > yang kemudian menjadi
> > > mu'adzin.
> > > > o Kedua, tidak adanya riwayat yang mendukung
> > bahwa lelaki tadi juga
> > > menjadi makmum Ummu Waraqah, sebaliknya hadits Nabi
> > justru menyatakan: wa
> > > adzina lahâ an taumma nisâ'a ahli dârihâ, bahwa
> > izin imamah shalat bagi Ummu
> > > Waraqah tersebut hanya diberikan untuk mengimami kaum
> > perempuannya,
> > > sementara terhadap kaum prianya tidak.
> > > >
> > > > *** Makassar, 27 Maret 2005
> > > > [H.Muh.Nur Abdurrahman]
> > > > http://waii-hmna.blogspot.com/2005/03/669-ukhrawi-untuk-duniawi.html
> > > >
> > > >
> > > > *******
> > > >
> > > > BISMILLA-HITTAHMA-NIRRAHIYM
> > > >
> > > > WAHYU DAN AKAL - IMAN DAN ILMU
> > > > [Kolom Tetap Harian Fajar]
> > > > 671. Terlupa Ajal
> > > >
> > > > Sesungguhnya Seri ini adalah lanjutan dari Seri
> > 669 tgl 27 Maret 2005,
> > > tentang jum'atan asal-asalan yang diprakrsai oleh
> > Aminah Wadud (jangan
> > > dipertukarkan W dengan D, sehingga menjadi Dawud,
> > seperti pernah ditliskan
> > > oleh seorang penulis).
> > > >
> > > > Kami dengan bangga mensponsori perempuan pertama
> > yang memimpin salat
> > > Jumat dengan jamaah campuran gender (bukan genjer,
> > kalau diulang berarti
> > > sejenis tanaman)," tulis situs Muslim Wake Up. Sejak
> > pukul 12.00 waktu
> > > setempat, sejam sebelum acara dimulai, sekitar 50
> > orang sudah antre masuk
> > > kompleks gereja di ujung Amsterdam Avenue. Belasan
> > polisi New York mengawasi
> > > antrean. Setiap orang diwajibkan membuka tasnya, lalu
> > menyerahkan kunci dan
> > > peralatan lain dari besi. Badan mereka juga diperiksa
> > dengan detektor.
> > > Sepuluh menit sebelum shalat dimulai, seorang
> > demonstran sempat lolos
> > > pemeriksaan. Ia berteriak-teriak menentang acara
> > tersebut, hingga akhirnya
> > > diringkus polisi. Sejumlah penentang sempat membawa
> > spanduk bertuliskan,
> > > "Mixed Gender Prayers Today, Hellfire Tomorrow".
> > Mereka baru pergi setelah
> > > diusir polisi. Semula Jumatan asal-asalan itu
> > direncanakam di Galeri
> > > Sundaram Tagore diSoho, New York. Namun, karena ada
> > ancaman bom, akhirnya
> > > pindah ke ruangan Synod House di Gereja Anglikan Saint
> > John The Divine.
> > > Jumat asal-aslan itu diawali ucapan selamat datang
> > dari Asra Nomani, mantan
> > > wartawan Wall Street Journal, yang tidak mengenakan
> > telekung. Setelah ucapan
> > > selamat datang, dilanjutkan adzan oleh Sueyhla
> > al-Attar dengan menutup
> > > telinga kirinya, dia itu penyiar radio di Atlanta,
> > Georgia, juga tidak
> > > berkerudung, dengan rambut model "sampageno" (tergerai
> > sampai di bahu),
> > > semodel rambut Asra Nomani, yang menunggangi jum'atan
> > asal-asalan ini
> > > sebagai upaya promosi bukunya yang berjudul: "From
> > Mecca to Middle America".
> > > >
> > > > Apa itu khilafiah karena ada perbedaan pendapat
> > yang bersumber dari
> > > Hadits tentang Ummu Waraqah?. Tentu saja bukan
> > khilafiah, karena Hadits itu
> > > hadits gharib. Hanya diriwayatkan oleh Walid bin Jami'
> > dan dalam sanadnya
> > > ada nama Abdurrahman bin Khalad. Baik Walid bin Jami'
> > maupun Abdurrahman bin
> > > Khalad, keduanya majhul, alias tidak dikenal.
> > > >
> > > > ***
> > > >
> > > > Syahdan, salah seorang wartawan, katakanlah
> > namanya Fulan, setelah
> > > meliput jum'atan asal-asalan itu di New York itu,
> > tiba-tiba saja merasa
> > > dirinya ada di depan sebuah sumur dengan latar
> > belakang padang gurun yang
> > > gersang. Dilihatnya dari kejauhan seekor singa sedang
> > mengejar mangsanya.
> > > Setelah diperhatikannya sejenak mangsa yang dikejar
> > itu berkaki empat tetapi
> > > bukan antilop, karena hanya dua kakinya yang berjejak
> > di tanah, sedang yang
> > > dua lagi bergantung saja. Tiba-riba mangsa yang
> > dikejar singa itu berbelok
> > > arah menghadap menuju sumur yang ada di depan Fulan
> > itu. Dengan demikian
> > > mangsa yang dikejar itu tidak lagi menyamping
> > melainkan menghadapkan
> > > wajahnya ke pada Fulan. Karena makin mendekat maka
> > makin jelas tampak oleh
> > > Fulan, bahwa yang dikejar itu seorang perempuan dengan
> > menggendong sesamanya
> > > perempuan pada sisi kanannya. Itulah sebabnya dari
> > kejauhan tadi hanya dua
> > > kaki saja berjejak di tanah sedang dua kaki yang lain
> > bergantung di udara.
> > > Karena mangsa yang dikejar singa itu kian mendekat,
> > maka alangkah ta'jubnya
> > > Fulan karena wajah itu baru saja dilihatnya sewaktu
> > meliput jum'atan
> > > jadi-jadian di New York itu. Kedua orang itu tidak
> > lain dari Aminah Wadud
> > > imam jadi-jadian yang menggendong Sueyhla al-Attar,
> > mu'adzzin perempuan yang
> > > adzan jadi-jadian menghadap jama'ah membelakangi
> > kiblat. Betul-betul mukanya
> > > sama dengan foto yang direkamnya, yaitu wajah Aminah
> > Wadud sedang berakting
> > > menjadi imam dan sama betul dengan wajah Sueyhla
> > al-Attar yang berdiri pada
> > > shaf pertama sebelah kanan sedikit di belakang Aminah.
> > Tampak betul Sueyhla
> > > al-Attar shalat jadi-jadian tidak pakai kerudung
> > dengan model rambut
> > > "sampageno".
> > > >
> > > > Karena pikiran Fulan melancong ke jum'atan
> > jadi-jadian di New York itu
> > > tidak disadarinya kejadian di depannya. Baru Fulan
> > tersadar tatkala ia
> > > mendengar suara meminta tolong dari dalam sumur.
> > Rupanya Fulan adalah
> > > keturunan pawang singa, maka dengan demikian singa itu
> > masih mencium bau-bau
> > > penjinak singa dari tubuh Fulan, sehigga singa itu
> > tidak mengganggu si
> > > Fulan, tatkala dia beranjak ke pinggir sumur melihat
> > ke dalamnya.
> > > >
> > > > Ada akar-akar kayu pada dinding sumur. Dilihatnya
> > Aminah Wadud dan
> > > Sueyhla al-Attar memegang erat-erat akar kayu
> > bergantung melayang-layang.
> > > Tiba-tiba didengarnya bunyi kocokan air di dasar
> > sumur. Ternyata itu adalah
> > > 2 ekor buaya yang kelaparan. Apalah nasib. Lepas dari
> > mulut singa ditunggu
> > > mulut buaya. Lalu tampaklah oleh Fulan keluar seekor
> > tikus putih dari lubang
> > > celah-celah pinggir sumur, naik ke atas menggigit akar
> > kayu tempat keduanya
> > > bergantung. Malang tak dapat ditolak, mujur tak dapat
> > diraih, keluar lagi
> > > seekor tikus yg berwarna hitam yang naik itu menggigit
> > juga.
> > > >
> > > > Lalu sekonyong-konyong terdengar pula bunyi
> > sekawan lebah membawa madu.
> > > Fulan, Aminah Wadud, dan Sueyhla al-Attar, ketiganya
> > mendongak ke langit.
> > > Tidak disangka-sangka menitiklah dua tiga titik madu
> > terus masuk ke dalam
> > > mulut Aminah Wadud dan Sueyhla al-Attar. Keduanya
> > mengguman: "Fuh manisnya
> > > madu ini, sedapnya, sungguh sedap." Fulan dengan mata
> > batinnya melihat bahwa
> > > kedua perempauan yang sedang dalam bahaya itu lupa kan
> > singa di mulut sumur
> > > dan juga lupa akan buaya yang sedang menantinya di
> > bawah.
> > > >
> > > > ***
> > > >
> > > > Apa hubungan antara paragraf pertama yang berisi
> > fakta dan opini atas
> > > fakta itu dengan paragraf berikutnya yang berisikan
> > imajinasi? Wahai
> > > hamba-hamba Allah Aminah Wadud dan Sueyhla al-Attar
> > itu adalah kita semua.
> > > Singa yang mengejar itu adalah Malak al-Maut, ajal
> > memang sentiasa mengejar
> > > kita. Dan 2 ekor buaya itu adalah malaikat Munkar Dan
> > Nakir yg menanti kita
> > > di alam kubur nanti. Akar kayu tempat bergantung itu
> > adalah jangka hayat
> > > kita kalau cepat putus digigit tikus pendeklah umur
> > kita, mana-kala lama
> > > baru putus akar itu, panjanglah umur kita. Tikus putih
> > dan hitam itu adalah
> > > dunia kita siang dan juga malam yang sentiasa mengikis
> > habis hari demi hari
> > > dari umur kita. Madu yg jatuh menitik dua tiga titik
> > ke dalam mulut itu
> > > adalah nikmat dunia. Bayangkan dua tiga titik saja
> > madu itu jatuh ke dalam
> > > mulut, umumnya manusia lupa pada Malak al-Maut, Munkar
> > dan Nakir.
> > > >
> > > > Aminah Wadud dan Sueyhla al-Attar itu adalah
> > cermin bagi kita semua. Madu
> > > yg jatuh menitik dua tiga titik ke dalam mulut itu
> > adalah nikmat dunia
> > > kesetaraan gender yang kebablasan yang menjadi tujuan
> > hidup keduanya.
> > > Bayangkan dua tiga titik saja madu kesetaraan gender
> > yang kebablasan itu,
> > > lupalah keduanya pada Malak al-Maut, Munkar dan Nakir.
> > Wahai hamba-hamba
> > > Allah penganut genderisme, janganlah seperti Aminah
> > Wadud yang lupa akan
> > > incaran Malak al-Maut karena hanya terbius oleh titik
> > madu sedapnya nikmat
> > > dunia kesetaraan gender yang kebablasan.
> > > >
> > > > Firman Allah:
> > > > -- KL NFS DZAaQt ALMWT (S. AL 'AMRAN, 3:185),
> > dibaca:
> > > > -- kullu nafsin dza-ikatul mauti (s. a-li
> > 'imra-n), artinya:
> > > > -- Setiap diri mengalami mati. WaLlahu a'lamu
> > bisshawab.
> > > >
> > > > *** Makassar, 10 April 2005
> > > > [H.Muh.Nur Abdurahman]
> > > > http://waii-hmna.blogspot.com/2005/04/671-terlupa-ajal.html
> > > >
> > > >
> > >
> >
> ###############################################################################
> > > >
> > > >
> > > > jangan jadi jalal di muka bumi. Mungkin tuhan al
> > arsy sebaiknya nggak
> > > disebut2. Dzikir, mungkin dimaksudkan bukan untuk
> > meraih simpati al arsy,
> > > tapi sebagai alat membantu kita untuk khusyu. Khushu
> > artinya memperhatikan
> > > lintasan2 pikiran kita sendiri, logika maupun emosi.
> > Lalu dari situ gimana?
> > > > Salam
> > > > Mia
> > > >
> > > > [Non-text portions of this message have been
> > removed]
> > > >
> > >
> > >
> > >
> >
> >
> > [Non-text portions of this message have been removed]
> >
> >
> >
> > ------------------------------------
>
> >
> > =======================
> > Milis Wanita Muslimah
> > Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga,
> > maupun masyarakat.
> > Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
> > Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
> > ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
> > Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com<wanita-muslimah%40yahoogroups.com>
> > Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com<wanita-muslimah-unsubscribe%40yahoogroups.com>
> > Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com<keluarga-sejahtera%40yahoogroups.com>
> > Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com<majelismuda%40yahoogroups.com>
> >
> > Milis ini tidak menerima attachment.Yahoo! Groups Links
> >
> >
> > wanita-muslimah-fullfeatured@yahoogroups.com<wanita-muslimah-fullfeatured%40yahoogroups.com>
> >
> >
> >
>
>
>
[Non-text portions of this message have been removed]
------------------------------------
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com
Milis ini tidak menerima attachment.Yahoo! Groups Links
<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/
<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional
<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/join
(Yahoo! ID required)
<*> To change settings via email:
wanita-muslimah-digest@yahoogroups.com
wanita-muslimah-fullfeatured@yahoogroups.com
<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/
0 comments:
Post a Comment