Advertising

Tuesday 5 June 2012

[wanita-muslimah] Skenario Penyelematan Presiden dan Ibu Negara Juga Disiapkan

 

RABU, 05 Juni 2012 |
 
Skenario Penyelematan Presiden dan Ibu Negara Juga Disiapkan
Jelang MTQ RI 1 Dikawal 3.366 Aparat Keamanan
 

AMBON, AE.- Aparat keamanan tidak ingin jebol dalam pengamanan tingkat pertama untuk menyambut kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Hampir seluruh titik diisi oleh aparat keamanan. Sebanyak 3.366 prajurit TNI dan Polri ditugaskan melakukan pengawalan terhadap RI 1.

Kedatangan SBY untuk membuka pelaksanaan Musabaqah Tilawatir Qur'an (MTQ) ke XXIV di Kota Ambon Provinsi Maluku 8 Juni 2012 mendatang. Kodam XVI Pattimura melaksanakan apel kesiapan operasi pengamanan VVIP.

Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Winston P Simanjuntak memimpin langsung Apel Kesiapan Operasi Pengamanan VVIP dalam Kunjungan kerja Presiden RI dalam rangka MTQ Nasional ke-XXIV yang dipusatkan di Lapangan upacara Lantamal IX Halong Ambon, Senin (04/06).

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suharsono, S. Ip dalam amanatnya yang dibacakan Kasdam mengatakan, situasi keamanan di wilayah Maluku saat ini sudah semakin kondusif, meskipun harus disadari bersama bahwa kemungkinan adanya potensi konflik dapat saja terjadi sewaktu-waktu.

Untuk itu, diperlukan kesiapan, kesiapsiagaan dan kebersamaan dari seluruh aparat keamanan dan Pemda serta segenap komponen masyarakat di wilayah ini guna melakukan langkah-langkah antisipasi dan proaktif, sehingga setiap indikasi terjadinya instabilitas keamanan dapat segera dicegah dan dinetralisir sedini mungkin.

Pangdam memerintahkan untuk meningkatkan koordinasi dan kerjasama dalam mensinergikan penanganan setiap permasalahan yang ada, khususnya terhadap masalah keamanan, sehingga apabila ada permasalahan dapat diselesaikan dengan cepat, tepat dan tuntas.

"Kita semua harus senantiasa mengamati setiap perkembangan yang terjadi dimanapun bertugas dan berada. Oleh sebab itu, semua komponen yang tergabung dalam pasukan Operasi Pengamanan VVIP harus dapat melaksanakan tugas yang mulia ini dengan sebaik-baiknya,"pinta Pangdam.

Dijelaskanya, operasi Pengamanan VVIP melibatkan pasukan TNI/Polri yang berjumlah 3.366 orang terdiri dari personil Paspampers, Kodam XVI/Pattimura dan jajaran, Lantamal IX Ambon dan jajaran, Lanud Pattimura dan jajaran, Polda Maluku dan jajaran. Selanjutnya dalam rangka tugas pengamanan MTQ, TNI BKO Polda terdiri dari : Kodam XVI/Pattimura dan jajaran sebanyak 491 orang, Lantamal IX 112 orang, Lanud 92 orang.

Hadir dalam kegiatan tersebut Danlantamal IX/Ambon, Kapolda Maluku, Danlanud Pattimura, Danrem 151/Binaiya, Kajati, Asisten 1 Gubernur Maluku, para Asisten, Kabalak, Komandan Satuan jajaran Kodam XVI/Pattimura, para Pejabat Teras Polda Maluku, Lantamal IX/Ambon, Lanud Pattimura, Komandan Batalyon Satgas 516/CY dan 301/BC serta peserta Apel yang tergabung dalam Operasi Pengamanan VVIP.

Sementara itu pantauan Ambon Ekspres di kantor gubernur, pasukan elit 733 Raider sekira pukul 13.30 WIT melakukan simulasi penyelamatan terhadap Presiden dan Ibu Negara. Mereka melakukan tindakan penyelamatan melibatkan sepuluh orang prajurit elit TNI 733 Raider, untuk menyelamatan Presiden dan Ibu Negera bila kondisi membahayakan. Bahkan kenderaan tempur Jenis Anoa milik Kodam XVI Pattimura di kerahkan untuk melakukan tindakan penyelamatan.

TNI Bersiaga
Sementara itu, gladik resik yang berjalan kemarin, sempat membuat sebagian warga bertanya-tanya karena banyaknya aparat keamanan."pengamanan ini sangat penting, apalagi kondisi Kota Ambon yang kerap bergejolak," Ujar Neles Tuamaian mahasiswa Unpatti kepada Ambon Ekspres di Kampus poka, kemarin.

Kehadiran tentara itu, kata Tuamaian sangat tepat untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga terutama para kontingen yang datang. "Warga khan masih dalam kondisi was-was dengan kondisi Kota Ambon yang kerap bergejolak," sebutnya.

Terpisah, Abdul Aziz salah warga yang ditemui Ambon Ekspres di Jalan AY. Patty mengatakan, banyaknya aparat keamanan justeru bisa menimbulkan citra lain terhadap kondisi keamanan Ambon. "Warga lain memang merasa aman, tapi kondisi ini menunjukan kepada Publik terutama para tamu MTQ bahwa Maluku masih dalam konflik sektarian," ujarnya seraya menunjuk sekelompok aparat yang mondar-mandir di seputaran jalan AY. Patty. (CR2/M4).

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment