Advertising

Friday 29 June 2012

[wanita-muslimah] Keributan Massa FBR dan PP Dinilai sebagai Premanisme

 

 
 
Keributan Massa FBR dan PP Dinilai sebagai Premanisme
JAKARTA
 
 
Kriminolog dari Universitas Indonesia, Erlangga Masdiana, menilai kisruh dua kelompok massa, Forum Betawi Rempug (FBR) dan Pemuda Pancasila (PP), sebagai bentuk dari premanisme. Jika mereka dibiarkan, aksi serupa akan terus terjadi dan tak terkendali. "Polisi harus tegas menindak mereka agar kejadian serupa tidak berulang," ujarnya kemarin.

Dia menjelaskan, premanisme muncul akibat penegakan hukum yang lemah.

Pemerintah dan aparat, kata dia, harus bersinergi dalam mengendalikan massa ormas tersebut. "Jika perlu, dilakukan pembubaran atau pembinaan bagi ormas yang sering melakukan keributan." Direktur Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Toni Harmanto mengatakan polisi tengah memeriksa 12 orang dalam kaitan dengan keributan yang berakibat tewasnya pimpinan FBR itu. Dalam kericuhan sengit di Pondok Aren, Tangerang Selatan, pada Rabu dinihari lalu, itu pelaku utamanya belum tertangkap."Motif penyerangan baru dapat diketahui setelah pelakunya ditangkap," ujar Toni.

Dia menjelaskan, saling serang itu melibatkan puluhan orang. Kelompok FBR datang dari pos di Jalan Ruko Sabar Garuda Asri, Pondok Aren, termasuk di dalamnya Muhidin, Ketua FBR Gardu 287 Pondok Betung. Tak berapa lama kemudian, datang kelompok lain langsung menyerang, yang mengakibatkan Muhidin tewas.

Setelah kejadian, situasi makin panas. Massa yang diduga anak buah Muhidin marah dan mendatangi rumah Karnadi, Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang sekaligus Wakil Ketua I Pemuda Pancasila Tangerang. Tampa kompromi, massa tersebut menyerang rumah itu dan membakar dua mobil serta satu motor. Karnadi dan keluarganya lolos dari amuk massa.

Juru bicara Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto, menduga pertikaian antara anggota FBR dan PP itu terjadi karena adanya rivalitas. Polisi berencana mempertemukan dua kelompok ini untuk berdialog. "Dalam waktu dekat, kami mengundang mereka," kata Rikwanto. Dia yakin pertemuan itu bisa menjadi solusi.

Karnadi tidak bersedia menyebut kelompok yang menyerang rumahnya adalah FBR pimpinan Muhidin.
"Semua kami serahkan kepada polisi," katanya. Sedangkan Koordinator FBR Wilayah Tangerang Raya, Solihin, membenarkan anak buahnya terlibat penyerangan rumah Karnadi. Aksi ini dilakukan sebagai reaksi atas tewasnya Muhidin. "Itu terjadi secara spontanitas. Meski tidak dibenarkan, itu sikap emosional," ujar Solihin.

AFRILIA SURYANIS | ANANDA PUTRI | ADITYA BUDIMAN | JONIANSYAH | AYU CIPTA | SUSENO

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment