Advertising

Monday 25 June 2012

[wanita-muslimah] Ternyata al-Ghazali tidak terlalu kenal Bukhari daripada kita.

 

Al-Ghazali yang lebih dikenal daripada namanya sendiri, mempunyai nama kun-yah Abu Hamid, dan lengkapnya Abu Hamid Muhammad bin Muhammad al Ghazali ath-Thusi asy-Syafi'i. Al-Ghazali lahir pada 450 H dan wafat pada 505 H. Sedangkan Bukhari, yang nama lengkapnya Abu Abdullah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin al-Mughirah bin Bardizbah al-Ju'fi al-Bukhari. Ia lahir pada tanggal 13 Syawal 194 H, dan wafat pada 256 H (hidup di abad III H).
 
Jarak antara Bukhari dan Al-Ghazali hanyalah 450 - 256 tahun, atau sekitar 200 tahun. Tetapi, jika dibandingkan dengan kita yang berada di tahun 1434 H, maka jarak kita dengan Bukhari adalah sekitar 1200 tahun.
 
Nah, yang mengagetkan, ternyata al-Ghazali dapat dikatakan tidak terlalu mengenal Bukhari sebagai ahli hadis paling sahih. Hampir semua tulisan Al-Ghazali, dan yang paling top markotop seperti Ihya Ulumuddin yang mengandung ribuan Hadis, ternyata tak satu pun ada Hadis yang dicuplik dari Bukhari.
 
Apa yang digembor-gemborkan sebagai Kitab Hadis Sahihain, atau Kitab Hadis Kutubus Sitah (Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Nasai, Tirmidzi, dan Ibnu Majah), ternyata tidaklah begitu dikenal oleh Al-Ghazali yang hidup pada abad V - VI H. Padahal Al-Ghazali adalah seorang guru besar agama Islam di Universitas Nizhamiyah di Baghdad, dan dikenal sebagai Hujjatul Islam. Sedangkan orang yang hidup di abad XV H, yang 1000 tahun di belakang Al-Ghazali koq lebih kenal Al-Bukhari. Nah...., ada apa ini? Mengapa ini bisa terjadi dalam sejarah umat Islam? Saking kenalnya terhadap Al-Bukhari, sampai-sampai umat Islam lebih mencintai Hadis Sahih Bukhari daripada Kitab Alquran!
 
Wassalam,
chodjim
 
 
 

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment