Advertising

Friday 1 June 2012

[wanita-muslimah] Umat Agama Lain Ikut Dukung MTQ Ambon

 

 
 
Umat Agama Lain Ikut Dukung MTQ Ambon
 
 
Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIV di Ambon akan didukung bukan hanya oleh umat muslim. Umat beragama lain di Maluku juga menyatakan kesiapannya mendukung MTQ yang berlangsung pada 8-15 Juni 2012 ini.

"Pada prinsipnya kami para pimpinan umat beragama mengakui bahwa MTQ adalah milik bangsa, masyarakat. Karena itu, kami terpanggil untuk suksesnya penyelenggaraan," kata Ketua Sinode Gereja Protestan Maluku, Pendeta John Ruhulesin, di Kementerian Agama kemarin.

Dengan begitu, John menyambung, keunikan MTQ XXIV adalah kebersamaannya. "Sehingga menegaskan posisi Maluku yang damai dan penuh persaudaraan," kata dia didampingi perwakilan Keuskupan Amboina, Perwakilan Umat Budha Indonesia, dan Parisadha Hindu Dharma Indonesia Maluku.

Untuk menyukseskan MTQ, hari ini diadakan doa bersama di Ambon. "Di Masjid Al-Fatah, di katedral Ambon, juga pura, vihara, klenteng setempat akan mendoakan bersama," kata Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu.

Kebersamaan ini juga tecermin saat pemerintah kebingungan mencari akomodasi dengan banyaknya peserta dan minimnya penginapan. "Yang luar biasa, beberapa desa non-muslim, desa-desa Kristen, sudah menyatakan, jika ada tempat yang kurang, mereka siap menampung. Yang penting, panitia menyiapkan transportasi," kata Said Assagaff, Wakil Gubernur Maluku yang juga Ketua Umum Penyelenggaraan MTQ Nasional XXVI.

Begitu pula, di Keuskupan Amboina dan di kediaman Ketua Sinode GPM disediakan kamar-kamar. "Di kediaman Ketua Sinode, ada tiga-empat kamar yang tidak terpakai. Mungkin bisa untuk Dewan Hakim, bisa juga untuk eselon I Kementerian," kata dia.

Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu menyatakan penyelenggaraan MTQ ini diperkirakan menelan biaya Rp 165 miliar.

Menteri Agama Suryadharma Ali enggan berkomentar bahwa biaya MTQ Ambon termahal sepanjang sejarah. "Itu kan dengan pembangunan fisik tempat acara pembukaan," kata dia.● ARYANI KRISTANTI

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment