Advertising

Friday 14 September 2012

Re: [wanita-muslimah] Re: bom bali itu nuklir bukan sih ?

 

TERORIS SOLO, TERORIS ?

dari notes fb nya mardigu wiewok prasantyo

===

TERORIS SOLO, TERORIS ?

Untuk kesekian kalinya Indonesia berkabung. Sekali lagi menimpa saudara kita pemegang panji Negara di bidang keamanan . Penyerangan terhadap polisi di solo terjadi 3 kali di bulan agustus 2012. Yaitu pada tanggal 17 agustus, 18 agustus, 30 agustus 2012. Yang pertama menggunakan granat, yang kedua tembakan ke pos polisi, yang terakhir langsung melakukan serangan terhadap

personel polisi. Yang pertama dan yang kedua menyerang dari jauh yang terakhir menggunakan serangan assault jarak dekat.

Lalu timbul berbagai analisa. Terkait pilkada Jakarta? Atau teroris bergerak lagi?. Siapa dalangnya? Mengapa solo? Mengapa sekarang di masa pilkada? Dari kelompok mana? Adakah hubungannya dengan kedatangan menlu AS Hillary Clinton? Atau bahkan ada yang menggatuk-gatukan dengan pernyataan, mengapa setiap ada tamu Negara atau akan ada peristiwa besar. Ada kasus (teroris)?

Ada hal yang menjadi perhatian saya yaitu mengapa dekat sekali jaraknya? 3 peristiwa dalam 2minggu. Menggunakan strategi ala perang gerilia hit & run. Namun mengapa tak tik jungle war atau perang hutan di bawa ke urban war atau perang kota?

Hit & Run strategi perang gerilia pada urban war atau di perang kota hanya hit sekali lalu berganti tempat atau diam lama( run). Itu salah satu SOP nya. Dalam waktu berdekatan seperti peristiwa Solo dapat dipastikan akan terjadi kesalahan , banyak saksi mata sehingga memudahkan pencarian, atau terbaca polanya sehingga bisa diantisipasi oleh aparat keamanan atau intelejen.

Dan terbukti benar…
Selang satu hari setelah peristiwa penembakan polisi. Terjadi penangkapan yang berujung kematian 2 terduga ( teroris?) dan satu orang polisi gugur dalam tugas. Dilapangan (TKP) di temukan amunisi buatan german, buatan brasil dan senjata organic petugas keamanan philipina. Kemudian ada pernyataan dari lembaga Negara kepolisian dan BNPT "teroris solo". Yang jadi pertanyaan tersisa, label "terduga teroris" dan label "teroris" itu apa criteria dan kategorinya? Apa parameter teroris (kali ini)?

Dalam sebuah gerakan dari sekelompok orang yang memiliki sebuah tujuan bersama misalnya ingin berdaulat, ingin mempunyai wilayah, ingin memiliki Negara sendiri dll karena out of number atau masih kalah jumlah ( SDM, logistic dll) adalah lumrah menteror targetnya. Sejarah mencatat strategi tersering di gunakan adalah menciptakan terror. Bertujuan untuk membangun opini dengan membuat pemerintah berdaulat berkesan incompetence atau tidak mampu. Pergerakan palestina menggunakannya. Taliban di afganistan menggunakanya.IRA irlandia menggunakannya. Khmer rough- khmer merah di kamboja memakainya. Mafia alcohol di amerika memakainya. Drug cartel di amerika selatan memakainya. War lord di Somalia menggunakannnya. Yang berhasil adakah? Jawabnya tidak ada!

Yang ada hanya kepuasan sesaat dari para ideolognya saja. Kemenangan kecil pemimpin lapangannya saja. Atau kemenangan sebentar mereka yang terbuai janji glory to the past kemenangan masa lalu bahwa di masa lalu pembawa risalah, para nabi pernah melakukannya (paling gampang dalam memprovokasi perjuangan, dihubung-hubungkan perjuangan mereka in the name of God-atas nama Tuhan). Namun apa yang mereka lakukan, bukan melaksanakan the message of God-pesan Tuhan, namun melaksanakan buaian impian dari pemimpin mereka yang menggunakan sepenggalan tafsir dari the messager of God-pembawa pesan Tuhan.

Kembali ke solo.
Mana klaim pernyataan gerakan mereka bertujuan apa? Apa tujuan mereka bertindak di Solo. Tanpa statement jelas seperti amrozi di bom bali atau seperti Zuhri di bom Marriot maka gerakan ini bisa di kategorikan criminal biasa. Bukan extra ordinary crime! Bukan teroris act. gerakan pengacau keamanan.

Mari kita telaah lebih dalam lagi kasus solo. Granat di pakai adalah granat nanas. Granat jenis ini buatan amerika sementara di Indonesia granat jenis manggis ( istilah) buatan korea. Salah satu alasan lebih murah buatan korea. Granat nanas banyak di philipina adalah benar. Senjata bareta juga senjata organic law enforcement philipina juga benar. Adanya konflik di selatan philipina dan banyak orang Indonesia disana yang membantu pemberontak juga benar ( terbukti farhan dari sana).

Penembak jarak dekat ke anggota polisi. Dapat dianalisa sebagai berikut : 4 tembakan langsung semua kena sasaran. Maka sang penembak pasti well skill alias berketrampilan baik. Senjata berfungsi dengan baik artinya terawat, kesimpulan pelaku mengerti dunia senjata. Melakukan penembakan lalu pergi dengan gerakan luwes bisa dipastikan ini bukan tindakan pertama. Adanya beragam jenis amunisi dari berbagai merek terutama CBC hollowpoint 9mm ini adalah amunisi dari special force dan pesanan khusus sehingga meng confirm pelaku adalah seorang warrior. Pernah bertempur atau seorang mafia atau penjahat kakap.


Analisa lain, melihat tindakanya yang ceroboh, mengulang di tempat dekat, melakukan dalam waktu yang dekat dan masih berada di tempat yang sama setelah melakukan tindakan criminal.ini adalah gaya seorang preman atau seorang yang sedang pamer kekuatan atau ngejago. Pakaian yang sama, kendaraan sama muter-muter di tempat yang sama. Lalu dimana taktik perangnya?!. Dia terlalu terbuka, terlalu jelas. Terlalu nantang. Ini bukan kebiasaan teroris bukan militarry act . Teroris biasa menghargai asset mereka, nyawa mereka bernilai tinggi. Disisakan sampai darah penghabisan. Bukan terbuka sepertii pelaku di Solo.

Benar Solo terteror namun bukan teroris. Kita harus benar menggunakan istilah teroris. Kita faham dengan label "teroris" manuver aparat keamanan menjadi lebih leluasa namun bisa membuat kesewenang-wenangan use of force yang kurang baik. Semoga ke depan kita lebih pelit menggunakan istilah teroris. Salah satu tujuannya, jangan membuat masyarakat yang awam menjadi ketakutan berlebihan. Aparat keamanan siaga adalah tugas kenegaraan dan merupakan kewajiban. Dalam kasus Solo, mari kita sudahi penggunaan senjata api illegal, cari akar jalur masuknya, cari para pemakainya, gunting tindakan criminal di logistiknya sehingga teroris atau bukan teroris tidak ada kesempatan menggunakan senjata api atau senjata pembunuh masal lainnya untuk menggangu NKRI.

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment