Advertising

Tuesday 12 October 2010

Re: Bls: [wanita-muslimah] Tanya: Terjemahan "syubbiha lahum" dalam QS4:157

 

Lina,

Dengan cara yang sama juga bisa dikatakan, bukanlah hal yang mustahil bagi Allah Ta'ala untuk mengelabui mata kaum Yahudi seolah-olah Yesus (Isa) terlihat telah mati di atas salib, dan kemudian Dia menyembuhkan Nabi Isa a.s. dari luka parahnya akibat penyaliban.

Sebenarnya, teori "menyerupakan" adalah teori substitusi.

Beberapa golongan di dalam Islam bahkan tidak percaya kalau Nabi Isa a.s. pernah disalib, dan sebagai gantinya yang disalib oleh kaum Yahudi adalah orang yang menyerupai dan dianggap sebagai Nabi Isa a.s., sedangkan Nabi Isa a.s. sendiri diselamatkan dari sengsara dan kematian, kemudian diangkat ke langit oleh Tuhan. Konsep ini dikenal dengan nama teori substitusi (teori penggantian).

Adanya teori subtitusi dan kenaikan Nabi Isa a.s. secara jasmani (dengan jasad kasarnya) ke langit/sorga tidaklah bersumber dari Al-Qur'an dan Hadits. Sebaliknya, Al-Qur'an dan Hadits dengan jelas menerangkan bahwa Nabi Isa a.s. telah meninggal secara alamiah. Teori substitusi ini dibawa kepada Islam melalui konversinya para ahlul kitab (People of the Book) menjadi Islam yang sebelumnya menganut ajaran sekte Kristen Gnostik tertentu, dan belakangan dalam perkembangannya pengaruh ajaran Gnostik mengenai substitusi perlahan diadopsi dalam tafsir dan literatur Islam.

Kepercayaan bahwa seseorang telah menggantikan Yesus di atas salib telah dikemukakan oleh banyak penafsir Qur'an berabad-abad yang lalu.

Ada beberapa versi mengenai teori substitusi yang muncul dalam literatur Islam. Tabari dalam tafsirnya merujuk kepada Wahb (seorang Yahudi yang masuk Islam) meriwayatkan ketika kaum Yahudi mencari Yesus untuk disalibkan, Tuhan kemudian merubah penampilan 17 orang murid Yesus seperti diri Yesus. Kaum Yahudi mengancam untuk membunuh mereka semua, namun hanya seorang yang dieksekusi mati di atas salib, karena yang seorang itu dianggap sebagai Yesus.

Tahap perkembangan selanjutnya dari teori substitusi menampilkan bahwa satu dari murid-murid Yesus dengan sukarela menawarkan dirinya untuk mati di atas salib demi menyelamatkan gurunya. Sangat dimungkinkan kisah seperti itu terbentuk untuk menghindari pertanyaan besar yang muncul mengenai gagasan substitusi, yaitu: Mengapa Tuhan memaksa seseorang yang tak berdosa untuk menderita dan mati demi menyelamatkan nyawa Nabi Isa a.s.? Juga Ibnu Ishaq senada dalam tafsirnya mengambil riwayat yang bersumber dari seorang Kristen tanpa nama yang masuk Islam, menyebutkan bahwa seseorang yang bernama Sergus telah menawarkan dirinya untuk menggantikan Nabi Isa a.s. bukanlah salah seorang di antara murid-murid Nabi Isa a.s.

Versi lainnya menyebutkan bahwa terjadinya perubahan fisik seseorang yang menyerupai dan menggantikan Nabi Isa a.s. di atas salib merupakan suatu bentuk hukuman Tuhan atas pengkianatan dan kejahatan yang dilakukan orang itu kepada Nabi Isa a.s. Sebagai contoh diriwayatkan, bahwa para penentang Nabi Isa a.s. mengirim seseorang bernama Tityanus untuk membunuh Nabi Isa a.s., namun Tuhan menggagalkan rencana itu dengan mengangkat Nabi Isa a.s. kepada-Nya, dan sebagai hukumannya Tuhan hanya mengganti wajah Tityanus dengan wajah Nabi Isa a.s. sehingga masyarakat menjadi penuh keraguan (bingung) atas identitas orang yang mati terbunuh di atas salib.

Lihat Tahir Ijaz, Prophet Jesus as Has Died: The Connection to Christianity,
(http://www.alislam.org/library/links/Jesus_death/4_Christianity.html

Salam,
MAS

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Lina" <linadahlan@...> wrote:
>
> Oooh gitu ya? Udah pernah di diskusikan disini. So I missed it.
>
> Tentu ada hal awal yang membuat ane bertanya soal ini. Hal awal tsb adalah karena seorang teman bertanya bukankah hal impossible kalau Allah menolong kekasihnya dengan memilih cara mengelabui (menyerupakan/menyamarkan wajah=mengelabui).
>
> wassalam,

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment