Advertising

Sunday 17 June 2012

[wanita-muslimah] 21 Koruptor Masih Berkeliaran di Luar Negeri

 

Ref: Kalau di luar negeri ada 21 koruptor yang masih berkeliaran, maka barangkali juga bisa dipertanyakan masih ada berapa banyak koruptor masih berkeliaran di kalangan rezim berkuasa di dalam negeri ?
 
 
 
 
21 Koruptor Masih Berkeliaran di Luar Negeri
JAKARTA
Kejaksaan Agung masih berkewajiban mencari 21 buron koruptor yang kabur ke luar negeri. Menurut Wakil Jaksa Agung Darmono, ke-21 buron itu berasal dari berbagai instansi. Ada yang sebelumnya pejabat negara, pekerja swasta, hingga pengusaha.

"Keseluruhannya tersangka dan terpidana kasus korupsi," kata Darmono seusai salat Jumat di kantornya kemarin.

Dia menjelaskan, sebelumnya, buron kejaksaan berjumlah 24 orang. Namun kini berkurang tiga orang. Mereka adalah terpidana kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI), yakni Sherny Kojongian, Direktur Kredit BHS Hendra Rahardja (mantan bos BHS yang meninggal dunia), dan Adrian Kiki Ariawan, terkait dengan kasus Bank Surya. "Untuk Adrian Kiki, tinggal menunggu keputusan ekstradisi Australia," kata Darmono.

Sherny, terpidana 20 tahun kasus BLBI, dideportasi pada Rabu lalu dari Amerika Serikat.

Melalui sidang in-absentia (tanpa kehadiran terdakwa), dia dinyatakan bersalah oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada 2002 dalam kasus yang diduga merugikan negara Rp 1,9 triliun itu. Namun Sherny keburu kabur sebelum sidang.

Setelah tertangkapnya Sherny, menurut Darmono, kejaksaan akan memanfaatkan keterangan dan informasi dari terpidana korupsi BLBI itu untuk mengejar buron koruptor lainnya. Darmono mengatakan, kejaksaan berharap Sherny mengetahui dan memberi informasi keberadaan Eko Putranto, bekas bos Sherny yang juga tersangka kasus BLBI.

Tapi Darmono mengatakan Sherny mengaku sudah berpisah puluhan tahun dengan Eko dan tak pernah melakukan kontak. Namun Kejaksaan tak menyerah. "Kami akan korek lagi informasi dari dia. Pokoknya, kami bujuk agar jangan sampai dia menjalani pidana sendiri," kata Darmono.

Afrian Bonjol, pengacara Sherny, sebelumnya mengatakan akan meminta Mahkamah Agung membuka kembali kasus kliennya. "Untuk menggali bukti-bukti materiil," kata Afrian.

Menurut dia, kliennya belum diberi kesempatan menyanggah tudingan. Selain itu, saksi-saksi yang meringankan belum memberikan keterangan. "Kami ingin membuktikan kebenaran materiil dari kasus ini," kata Afrian, Rabu lalu.

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment