Advertising

Tuesday 5 June 2012

[wanita-muslimah] 33 Imigran Gelap Ancam Bunuh Diri Massal

 

 
 
33 Imigran Gelap Ancam Bunuh Diri Massal
Penulis : Rudi Kurniawansyah
Senin, 04 Juni 2012 19:10 WIB
33 Imigran Gelap Ancam Bunuh Diri Massal
ANTARA/Asep Fathulrahman/ip
PEKANBARU--MICOM: Sebanyak 33 Imigran gelap dari Palestina, Irak, dan Iran yang baru datang dari Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB) mengancam bunuh diri jika dipindahkan ke Rumah Tahanan Detensi Imigrasi (Rudenim) Pekanbaru.

Berdasarkan pantauan Media Indonesia, Senin (4/6), para imigran yang sebagian besar terdiri dari kaum perempuan dan anak-anak itu langsung mengamuk sesaat tiba di Rudenim Pekanbaru.

Mereka marah karena tidak terima dipindahkan ke tahanan di Rudenim. Apalagi, dari kesepakatan sebelumnya bersama petugas imigrasi di Mataram, mereka dijanjikan akan mendapat perlakuan baik selama menunggu proses pemberian status suaka pengungsi dari lembaga PBB untuk imigran UNHCR.

"Kami tak terima dipindahkan kesini (Rudenim). Tempat ini seperti tahanan. Indonesia tolong perlakukan kami sebagai sahabat. Kami ini pengungsi," tegas Hasan, kepala rombongan Imigran Palestina.

Sebelumnya, Hasan bersama para imigran lainnya melakukan aksi mencekik diri sendiri. Bahkan untuk membuktikan ancaman bunuh diri, Hasan sempat melempar anak laki-laki-nya yang baru berumur dua tahun ke tembok di depan Rudenim.

"Jika tak juga dipindahkan, kami akan bunuh diri bersama," tukasnya.

Hasan menjelaskan, Ia bersama rombongan tidak menduga ternyata dibawa ke Pekanbaru, Riau. Padahal dari kesepakatan bersama petugas imigrasi, mereka dijanjikan akan diperlakukan baik sembari menunggu keluarnya status suaka pengungsi dari UNHCR untuk ke Australia.

"Ada ratusan polisi yang mengawal kami mulai dari Mataram, di Jakarta, dan sekarang di Pekanbaru. Kami bukan kriminal," keluhnya.

Sementara itu, Kasubag Operasi Polda NTB Kompol Dewa Made Sidan yang mengawal pemindahan para imigran Palestina sejak dari Lombok, Mataram NTB hingga ke Pekanbaru mengakui para imigran palestina selama ini memang diperlakukan dengan baik. Selama di Mataram, mereka diinapkan di Hotel Wisata. (RK/X-13)

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment