Advertising

Saturday 23 June 2012

[wanita-muslimah] Pertamina Beli Perusahaan Minyak Venezuela

 

 
 
Pertamina Beli Perusahaan Minyak Venezuela
JAKARTA

Petrodelta mengua- sai cadangan 486 juta barel.

PT Pertamina (Persero) mengakuisisi 32 persen saham Petrodelta SA, perusahaan minyak dan gas milik pemerintah Venezuela.

Menurut Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan, aksi korporasi ini diharapkan bisa mempererat kerja sama pengembangan sektor Migas antara Indonesia dan Venezuela. "Sejalan dengan strategi untuk agresif dalam mengembangkan bisnis hulu di luar negeri," kata dia kemarin.

Akuisisi ini terjadi setelah Pertamina menandatangani persetujuan pembelian (share purchase agreement) dengan Harvest Natural Resources Inc, perusahaan Migas yang tercatat di Bursa Saham New York.

Karen mengatakan transaksi ini akan selesai setelah beberapa prasyarat (conditions precedent) terpenuhi, yakni persetujuan dari pemegang saham masingmasing, termasuk pemerintah Venezuela.

Setelah proses ini selesai, Pertamina menjadi pemilik Petrodelta bersama beberapa pemegang saham lain, yaitu Corporación Venezolana del Petróleo, S.A. (CVP), anak perusahaan Petroleos deVenezuela S.A. (PDVSA) serta Vinccler O&G Tech.

Saat ini CVP dan PDVSA menguasai 60 persen saham, sedangkan Vinccler O&G Tech memiliki 8 persen.

Petrodelta adalah operator dan pemegang hak konsesi dari pemerintah Venezuela untuk mengeksplorasi dan mengelola produksi blok migas seluas 1.000 kilometer persegi hingga 2027. Ladang migas yang dikuasai antara lain Blok Uracoa, Bombal, Tucupita, El Salto, El Inseno, dan Temblador. Berdasarkan sertifikasi Ryder Scott 2012 dengan pedoman US Securities and Exchange Commission, lapangan yang dikuasai Petrodelta memiliki cadangan 486 juta barel setara minyak. Kandungan hidrokarbon tersebut lebih besar dibanding Blok Cepu, ladang minyak terbesar di Indonesia yang ditemukan dalam 10 tahun terakhir dengan kandungan 250 juta barel.

Vice President Corporate Communication Pertamina Mochamad Harun mengatakan transaksi ini ditargetkan selesai pada Januari 2013. Namun, saat ditanya mengenai nilai akuisisinya, dia menolak menyebutkannya dengan alasan harus melalui persetujuan pemegang saham. "Nilainya akan kami sampaikan setelah closing deal," tuturnya.

Menurut Harun, Pertamina kebagian jatah kepemilikan atas ladang minyak dengan produksi 40 ribu barel per hari dari total output migas yang dihasilkan Petrodelta. Meski terhitung kecil, ia mengatakan akuisisi ini menjadi pembuka jalan bagi Pertamina untuk menggandeng perusahaan minyak lain dari Venezuela atau negaranegara lain di kawasan itu.

Harun juga mengatakan akuisisi Petrodelta ini minim risiko. Pemerintah Venezuela pun menjamin akan memberi perlakuan yang sama pada Indonesia seperti negara mitra bisnis mereka yang lain. "Karena itu, masih ada kemungkinan kami akan bekerja sama dengan produsen migas lainnya." ujarnya.

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment