Advertising

Sunday 24 June 2012

[wanita-muslimah] Presiden Ajak Dunia Patahkan Mitos Pembangunan Merusak Lingkungan

 

Ref: Pembangunan apa pun harus ramah lingkungan, sebab kalau tidak ramah maka yang disebut pembangunan akan merusak lingkungan. Lambat atau cepat ongkos kerusakan lingkungan yang sangat mahal harus dibayar oleh masyarakat. Apakah di NKRI tdidak terjadi kerusakan lingkungan akibat yang disebut pembangunan??
 

Presiden Ajak Dunia Patahkan Mitos Pembangunan Merusak Lingkungan
Sabtu, 23 Juni 2012 | 13:54

Presiden SBY memberi sambutan [Foto: Rumah Tangga Kepresidenan] Presiden SBY memberi sambutan [Foto: Rumah Tangga Kepresidenan]

[RIO DE JANEIRO] Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengajak dunia internasional untuk mematahkan mitos bahwa pembangunan akan selalu merusak lingkungan.

Ajakan itu disampaikan Presiden dalam pidatonya di KTT PBB untuk Pembangunan Berkelanjutan atau KTT Rio+20, Rio de Janeiro, Brazil, Jumat (22/6).

"Sekarang waktunya kita mematahkan mitos yang mempertentangkan antara pembangunan dan lingkungan. Kita dapat mematahkan mitos bahwa pembangunan pasti akan mengarah pada deforestasi, ...meningkatkan emisi, ...menyebabkan kesenjangan, ...dan mitos bahwa kita hanya bisa memilih antara pembangunan dan demokrasi," katanya.

Presiden adalah kepala negara/pemerintahan ke-13 dari 33 kepala negara/pemerintahan yang menyampaikan pandangannya dalam konferensi itu.

Pada kesempatan itu, Presiden mengakui bahwa salah satu tantangan besar sekarang ini adalah memberantas kemiskinan dan kebijaksanaan konvensional menyebutkan bahwa untuk mengatasi kemiskinan maka diperlukan pertumbuhan ekonomi dan perluasan kue ekonomi.

Namun, tambah dia, pertumbuhan saja tidak cukup mengingat dalam beberapa hal pertumbuhan dapat meminggirkan dan menindas kelompok tertentu. "Itulah sebabnya kita perlu 'growth with equity'," katanya.

Menurut Presiden, Indonesia telah menerapkan kebijakan pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan demi kesejahteraan rakyat.

Namun, lanjut dia, ternyata pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan saja tidak cukup karena yang dituntut oleh dunia yang terus berubah kali ini adalah pertumbuhan ekonomi berkelanjutan yang adil.

"Ini adalah jenis pertumbuhan ekonomi yang akan memberikan manfaat kesejahteraan bagi seluruh rakyat, dan dengan cara yang berwawasan lingkungan," katanya.

Pada kesempatan itu Kepala Negara kemudian menjelaskan kebijakan pemerintahnya yang "pro-job, pro-poor dan pro-growth serta pro-environment". "Kami sekarang menempatkan isu lingkungan sebagai jantung dari semua rencana pembangunan kami," katanya.

Presiden Yudhoyono melakukan kunjungan kerja selama dua hari di Rio de Janeiro guna menghadiri KTT Rio+20.

Setelah menyelesaikan kunjungan kerjanya di Brazil, Presiden melanjutkan perjalanannya ke Ekuador untuk melakukan kunjungan kenegaraan. [Ant/L-8]

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment