Advertising

Sunday 29 July 2012

[wanita-muslimah] Kedelai Mahal, Produksi Tempe pun Dicampur Jagung

 

 
 
Kedelai Mahal, Produksi Tempe pun Dicampur Jagung
 
Minggu, 29 Juli 2012 21:00 WIB    
 
 
Kedelai Mahal Produksi Tempe pun Dicampur Jagung
MI/Dede Susianti/vg
CIREBON--MICOM: Harga kedelai mahal yang mencapai Rp8.500 per kilogram menyulitkan perajin dan untuk menyiasatinya produksi tempe di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, dicampur jagung sehingga kualitas rendah dan rasanya kurang gurih.

Kurnia pedagang tahu dan tempe di pasar Kanoman Kota Cirebon, Minggu (29/7) mengatakan perajin terpaksa mencampur dengan jagung  untuk menghindari kerugian.

Menurut dia produksi tempe yang dicapur jagung jarang diminati pembeli, karena kulitas yang rendah dan rasanya kurang gurih.

Menurut dia, jika harga kedelai bertahan tinggi perajin tempe diperkirakan tidak akan mampu bertahan, karena modal produksi mereka cukup tinggi sedangkan harga penjualan tempe tetap atau tidak dinaikan.

Sementara itu Karnie perajin tempe mengaku, harga kedelai yang mahal dapat menimbulkan kerugian dab diperkirakan ratusan perajin tempe dan tahu di Kabupaten Cirebon terancam gulung tikar.

Menko Kesra Agung Laksono saat mengunjungi pedagang tahu dan tempe di pasar Jambleng Cirebon, Sabtu menuturkan,  harga kedelai melonjak akan menjadi penghambat produksi tahu dan tempe. Namun dia yakin pemerintah cepat tanggap sehingga permasalahan harga tersebut bisa diselesaikan.

Ia menambahkan setelah bertemu dengan menteri pertanian dan membicarakan masalah kedelai, pemerintah sementara menurunkan bea masuk impor dari 5 persen menjadi 0 persen. (Ant/OL-2)

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment