Advertising

Sunday 10 June 2012

[wanita-muslimah] SBY Puji Kerukunan Umat Beragama di Ambon

 

Buka MTQ Nasional XXIV

SBY Puji Kerukunan Umat Beragama di Ambon

Ambon - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memuji kerukunan antar umat beragama di Kota Ambon.

SBY mengaku pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Nasional XXIV/2012, yang berlangsung di Kota Ambon ini merupakan salah satu upaya gotong royong sekaligus menunjukan kehidupan antar umat beragama di Kota Ambon berlangsung semakin baik dan sangat harmonis.

"Dari laporan yang saya terima disebutkan pelaksanaan MTQ ini merupakan salah satu upaya gotong royong seluruh umat beragama, sehingga terimalah ucapan terima kasih dan penghargaan saya karena telah menunjukan jika kehidupan antar umat beragama di Kota Ambon ini berlangsung semakin baik dan sangat harmonis," ungkap SBY, dalam sambutannya, saat membuka MTQ Tingkat Nasional XXIV/2012, yang berlangsung di Lapangan Merdeka, Jumat (8/6).

Ketika mendengarkan laporan dari Gubernur Maluku KA Ralahalu bahwa pelaksanaan MTQ di Kota Ambon ini juga didukung oleh semua umat beragama di Maluku, SBY mengaku dirinya merasa bangga dan terharu serta berdoa semoga niat baik masyarakat Maluku mendapatakan ridho Allah.

"Sungguh merupakan suatu kebanggaan bagi saya, malam ini dapat kembali silahturahmi dan bertatap muka dengan para peserta MTQ Tingkat Nasional XXIV/2012 yang datang dari seluruh tanah air di Kota Ambon. Dan saya sangat bersyukur dapat berkumpul di kota yang indah ini, kota yang merupakan salah satu pusat peradaban dan pertumbuhan ekonomi di kawasan timur Indonesia," ungkapnya.

Dikatakan, tema pelaksanaan MTQ yaitu "Dengan MTQ Tingkat Nasional XXIV/2012 Kita Tingkatkan Kualitas Kehidupan Beragama Di Indonesia", sangat sejalan dengan upaya bersama untuk terus meningkatkan kualitas kehidupan beragama sekaligus kehidupan kebangsaan dan bernegara.

"Kita ingin mewujudkan kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara yang ditopang oleh nilai-nilai agama terutama nilai-nilai kesalehan sosial dan toleransi. Kita juga ingin memperkokoh nilai-nilai universial demi mewujudkan negara kita sebagai model dari semangat toleransi di kalangan umat beragama," katanya.

Ia menjelaskan, toleransi antar umat beragama yang ditunjukan oleh masyarakat Kota Ambon yang majemuk telah menunjukan kerukunan, kebersamaan dan kearifan lokal dari hubungan pela gandong yang menjadi perekat perdamaian masyarakat Ambon bahkan dari itu perdamaian telah menjadi simbol internasional yang terpancar dari kota ini yang ditandai dengan terpancangnya Monumen Gong Perdamaian Dunia yang telah diresmikan pada peringatan Hari Perdamaian Dunia tahun 2009 lalu.

"Kita bersyukur dalam rentang waktu yang amat panjang, negara kita telah menjadi pelabuhan peradaban baik itu peradaban barat, peradaban timur bahkan negara kita telah menjadi perhatian dunia dimana sistem demokrasi kita diakui dimata dunia dan Indonesia mendapatkan pengakuan dalam memberlakukan keharmonisan di tengah-tengah peradaban dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika," jelasnya.

Menurutnya, sejalan dengan tema pelaksanaan MTQ Tingkat Nasional XXIV/2012 ini maka peningkatan kualitas kehidupan umat beragama sangatlah penting.

"Dengan peningkatan umat beragama yang baik, kita dapat mewujudkan masyarakat yang berakhlak mulia, bermoral, beretika dan beradab. Kita juga dapat memperkuat jati diri antara berbangsa melalui nilai-nilai keagamaan, dapat memelihara nilai-nilai keagamaan serta menerapkan nilai-nilai univesial sesuai dengan ajaran agamanya masing-masing,"ujarnya.

SBY juga mengajak para alim ulama dan tokoh agama untuk lebih memberikan pemahaman agar saling menghargai dan hidup dalam bertoleransi, dengan membangun tatanan kehidupan bermasyarakat termasuk membangun kehidupan kerukunan antar umat beragama.

Menyertai SBY saat membuka MTQ tersebut yaitu Ibu Negara Ani Yudhoyono, Menteri Agama Suryadharma Ali, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, Menteri Perhubungan EE Mangindaan, Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono dan Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo. Hadir pula sejumlah duta besar Negara sahabat.

MTQ Tingkat Nasional XXIV/2012 diikuti oleh 1.980 kafilah dari 33 provinsi dan akan berlangsung hingga 15 Juni. (S-16)

++++

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment