Advertising

Wednesday 15 June 2011

[wanita-muslimah] Globalisasi Tak Sejahterakan Nelayan

 

Refleksi : Kalau nelayan tidak sejahtera, berarti penduduk pesisir pantai pun miskin melarat dan kekurangan gizi. Ikan di laut habis lantas mau ambil dari mana?

http://www.suarakarya-online.com/news.html?id=280806

PERDAGANGAN BEBAS
Globalisasi Tak Sejahterakan Nelayan

Rabu, 15 Juni 2011

JAKARTA (Suara Karya): Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (Kiara) menginginkan agar Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum/ WEF) tidak memaksakan untuk melanjutkan kebijakan terkait perdagangan global. Ini dikarenakan hampir bisa dipastikan tidak menyejahterakan masyarakat, khususnya nelayan tradisional.

"Perdagangan dunia terbukti tidak memberi manfaat nyata bagi nelayan tradisional," kata Sekretaris Jenderal Kiara M Riza Damanik di Jakarta, Selasa (14/6).

Riza Damanik mengatakan, sistem perdagangan global yang tidak memiliki manfaat seperti konsep perdagangan bebas. Konsep ini didukung oleh lembaga internasional seperti WEF. Dalam prosesnya, WEF mendorong globalisasi baru yang dipimpin oleh Asia guna merespons tekanan, antara lain dengan menyadari bahwa regulasi dan pungutan pajak merupakan solusi usang hingga pentingnya pengadaan infrastruktur energi.

Selain itu, WEF juga berkeinginan memperoleh dukungan negara-negara Asia untuk dapat mendorong perundingan Agenda Doha Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Riza Damanik menjelaskan, selama ini putaran-putaran perundingan WTO tidak kunjung membuahkan hasil, bahkan membuat perekonomian global menjadi tidak seimbang.

Sedangkan terkait dengan nelayan, Riza menjelaskan, banyak nelayan kecil dan masyarakat adat di daerah pesisir yang menggantungkan hidupnya pada kegiatan perikanan. Namun sekitar 50 persen hasil tangkapan ikan di negara-negara berkembang ternyata diekspor. Dengan konsentrasi tujuan tertinggi terdapat di tiga pasar dunia, yaitu Uni Eropa, Jepang, dan Amerika Serikat.

Karena itu, lanjut Riza Damanik, WTO yang mendukung perdagangan bebas telah gagal, terutama dalam memberikan keadilan dalam kesejahteraan bagi para nelayan tradisional di dunia, sehingga perlu untuk dihentikan.

"Sistem perekonomian hari ini menghasilkan kemiskinan dan krisis pangan di negara berkembang. Penyelesaian krisis pangan sebagai dampak globalisasi memerlukan tindakan koreksi," katanya. Untuk itu, perlu adanya upaya perundingan dengan mengedepankan perlindungan terhadap kelompok nelayan/petani dan kewajiban memenuhi kebutuhan pangan domestik. (Bayu)

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Find useful articles and helpful tips on living with Fibromyalgia. Visit the Fibromyalgia Zone today!

.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment