Advertising

Sunday 5 June 2011

[wanita-muslimah] nyamannya berkereta di kota metropolitan JABODETABEK

 

From : androsa
Email : androsa@********.com

Sekedar cerita dan berbagi .............

Hari itu saya berangkat pagi hari dari Bogor ke daerah bisnis
Sudirman. Stasiun bersejarah di Bogor telah menjelma menjadi stasiun
yang bersih dari kaki lima, parkiran luas serta menyediakan satu museum
kecil tentang sejarah stasiun tua dan layanan kereta listrik bersejarah
di hindia belanda, tourist information center hingga bis trans pakuan
menuju terminal bus.

Kereta terasa nyaman bahkan beberapa orang berkursi roda dan ibu
dengan kereta bayi bisa leluasa naik turun kereta karena peron yang
sejajar dengan lantai krl. Setelah membeli tiket dan memasukkan tiket
di gerbang stasiun saya bebas memilih kereta ekspres intercity yang
dahulu bernama krl pakuan menuju jakarta dan berangkat setiap setengah
jam menuju jakarta kota dan setiap 1 jam menuju tanah abang. Intercity
atau ekspres jauh lebih cepat daripada krl biasa yang berhenti di tiap
stasiun.

Di kereta intercity yang penuh saya beruntung mendapat duduk dan
menikmati kemewahan angkutan umum; kesempatan membaca buku

Tepat waktu, saya tiba di Jakarta Central Station yang dulunya bernama
stasiun manggarai dan memilih untuk menyambung perjalanan dengan kereta
monorel manggarai - grogol menuju kawasan bisnis di segitiga emas.
Saya bisa melihat jelas beberapa orang yang leluasa menggeret bagasi
mereka bergegas naik kereta ekspres ke bandara sukarno hatta yang
berangkat setiap setengah jam. Kereta bandara sangat praktis dan cepat
karena dibangun di atas jalur khusus dan tidak bergabung dengan jalur
krl komuter lainnya.

Saya tersenyum melihat beberapa turis asing mengambil backpack raksasa
mereka dari locker besar yang bisa disewa oleh siapa saja di stasiun
sentral.

Beberapa orang asing tampak bertanya kepada petugas tourist
information center tentang arah tujuan mereka dengan menggunakan kereta
krl. Akhirnya.mereka putuskan membeli one-day-pass ticket untuk
berwisata seharian di jakarta dengan memakai kereta lingkar, metro
bawah tanah, monorel hingga busway. Cara ini lebih murah, cepat dan
nyaman meski taksi burung biru tersedia di parkiran stasiun sentral.

Di tengah stasiun sentral Jakarta saya sempat berbincang dengan teman
lama yang naik krl bekasi-cikarang-jakarta yang berangkat setiap 30
menit. Ia sudah lama meninggalkan mobilnya di parkiran yang nyaman di
stasiun cikarang karena macet yang menggila di tol bekasi-jakarta.
Pemda Cikarang bahkan telah membangun terminal bus dan angkot yang
bersebelahan persis dengan stasiun kereta cikarang yang makin sibuk
setelah double-double track selesai antara jatinegara-cikarang. Teman
saya transit di stasiun sentral untuk sambung kereta ke arah tangerang
karena pekerjaan mendadak. Rasanya reuni bisa lebih lama karena
banyaknya tempat nongkrong dan gaul bahkan belanja di stasiun.

Di atas monorel yang padat namun nyaman dan berangkat setiap 10 menit
pada jam sibuk beberapa orang termasuk saya bergegas turun di stasiun
senayan untuk menyambung perjalanan dengan kereta bawah tanah jakarta.

Sempat bingung dengan lokasi gedung yang saya tuju namun peta yang ada
di tiap stasiun membantu saya memahami lokasi dan menemukan gedung
tujuan saya tanpa perlu melihat peta mas gugel. Rasanya menyenangkan di
kawasan bisnis jakarta melihat brosur pusat belanja, museum, tempat
wisata dan tempat umum ibukota yang mencantumkan lokasi stasiun metro,
busway, monorel dan kereta komuter terdekat bagi mereka yang memilih
angkutan umum atau tidak mau terjebak kemacetan yang menggila di
ibukota

Hari itu saya tutup dengan reuni bersama teman hingga larut tapi
karena krl jabodetabek, monorel dan kereta bawah tanah beroperasi
hingga tengah malam saya tidak kuatir seperti juga para pekerja,
turis, pelajar yang harus pulang di malam hari

Sebelum terlelap di hari saya sempat menengok tanggal di hp saya,
terlihat tanggal di tahun 2015.

Mimpikah hal diatas? Saya yakin itu bisa terwujud karena semua hal
besar bisa dimulai dengan mimpi besar dan tidak menjadi utopia semata
dalam hal angkutan umum

Salam

Andre

Catatan :

- di negara lain terutama negara maju sistem Central Station adalah hal
yang jamak dan sangat umum tempat persinggungan berbagai jalur kereta di
tengah kota. Tidak jauh-jauh karena jiran kita malaysia punya stesyen
KL sentral Tengok halaman pak wiki :

Central Station <http://en.wikipedia.org/wiki/Central_station> dan KL
Central Station
<http://en.wikipedia.org/wiki/Kuala_Lumpur_Sentral_railway_station>

- Sebelum krismon, Manggarai sudah dipersiapkan jadi stasiun utama
(sentral) di Jakarta. Sayang, terlepas dari bau KKN karena didukung oleh
putri mantan presiden ke-2 RI rencana ini sangat bagus dan harus
didukung

- di negara lain sangat normal mendapati intercity train yang ekspres,
tidak berhenti tiap stasiun dan menghubungkan satu kota dengan
lainnya. Lihat apa kata pak wiki tentang intercity train

en.wikipedia.org/wiki/Inter-city_rail

- banyak sekali kekurangan krl jabodetabek yang harus diperbaiki dari
jadwal yang kurang, stasiun tidak nyaman dan rencana tiket yang aneh.
Di jakarta yang ada cuma tiket chip tanpa sentuh yang mahal padahal
negara lain juga.menerapkan tiket biasa yang dimasukkan dalam mesin
pembaca di gerbang stasiun

- adalah hal lumrah kalau angkutan umum disediakan hingga tengah malam,
masih untung sekarang ada krl malam tapi terbatas

- di negara lain stasiun kereta api menyatu dengan terminal bus atau
halte bus, jejaknya di jakarta bisa dilihat di terminal senen yang
menyatu dengan stasiun senen, bogor dahulu memiliki terminal bus di
samping stasiun kereta bogor. Bandara kemayoran juga dekat dengan
stasiun kereta kemayoran serta stasiun tawang yang dahulu dekat dengan
terminal bus yang sekarang dipindah jauuuh sekali.

- jangan pernah bosan mendorong pemerintah yang lamban untuk masalah
angkutan umum

- rasanya gak sabar melihat sistem.metro jalur utara-selatan serta
barat-timur dibangun segera.

- Tentang monorel herannya kenapa pemerintah tidak memakai aeromovel
yang sudah jelas bisa dipakai di Taman Mini. Sekali lagi meski proyek
itu dulu berbau KKN tapi aeromovel itu masih jalan bagus tuh rendah
polusi pula karena dengan angin dan biaya pembangunan yang lebih murah.
Seingat saya tiang pancang tidak perlu besar karena peralatan kereta
tidak terlalu berat karena bertenaga angin. Proyek aeromovel bahkan
diliput oleh berbagai stasiun TV asing karena teknologi yang unik

[Non-text portions of this message have been removed]

--
Aldo Desatura ® & ©
Twitter = @desatura
YM = desatura
Facebook = hanjakal@gmail.com

================
Kesadaran adalah matahari, Kesabaran adalah bumi
Keberanian menjadi cakrawala dan Perjuangan Adalah pelaksanaan kata kata

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment