Advertising

Wednesday 30 November 2011

[wanita-muslimah] Indonesia Penderita Katarak Tertinggi

 

Refl: Bagaimana katarak bisa dicegah (langkah preventif) bagi yang tidak mempunyai duit untuk membayar biaya operasi?

http://www.pikiran-rakyat.com/node/167407
Indonesia Penderita Katarak Tertinggi
a.. b..
Selasa, 29/11/2011 - 21:25
JAKARTA, (PRLM).-Indonesia hingga saat ini masih merupakan penyandang penderita katarak terbesar di Asia Tenggara. Jumlah penderitanya mencapai 2 juta orang dengan pertumbuhan sekitar 240 ribu penderita per tahun.

"Karena itu kami berharap dari berbagai kalangan untuk bisa membantu mengurangi jumlah penderita katarak," kata Ketua Persatuan Dokter Ahli Mata Indonesia (Perdami) Prof. Dr. dr. Nila F Moeloek dalam acara operasi katarak ke-6.000, di Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo (RSCM) Kirana, Jakarta, Selasa (29/11).

Pada kesempatan itu Wapres Boediono ikut menyaksikan operasi katarak secara langsung. Hadir di anataranya Menteri Kesehatan Endang Rahayu Setyaningsih, Dirut PT Sidomuncul Irwan Hidayat, sejumlah donatur dari pengusaha dan para dokter di RS Mata Kirana RSCM.

"Insidensi katarak di Indonesia sudah mencapai angka memprihatinkan, dimana setiap tahun muncul kasus-kasus baru penyakit katarak. Tapi yang bisa direhabilitasi dengan operasi hanya lebih kurang 120 ribu orang per tahun dari 240 ribu penderita," papar Nila.

Tahun depan Perdami bersama kelompok peduli buta katarak mentargetkan program operasi karatak sebanyak 12 ribu penderita. "Karena itu kami membutuhkan kembali bantuan banyak pihak agar kegiatan tersebut dapat terealisasi," ujarnya.

Wapres Boediono menyampaikan, bahwa dirinya sangat mendukung kegiatan bakti sosial yang dilakukan Perdami dan para donatur, dimana pemerintah akan selalu memberikan apresiasi bagi upaya membantu masyarakat banyak.

"Jika perlu hubungi saya terus untuk bakti sosial seperti ini sebagai sarana promosi. Mumpung saya masih jadi wakil presiden. Karena memang tugas pemerintah memfasilitasi kegiatan sosial seperti ini, " katanya yang disambut tepuk tangan para undangan.

Menurutnya, pemerintah juga tidak akan mengintervensi atau mencampuri kegiatan bakti sosial masyarakat yang sudah baik. "Pemerintah tidak perlu mengambilalih kegiatan sosial masyarakat yang sudah baik. Kalau diambilalih justru bisa tidak sampai ke fokusnya. Pemerintah cukup memfasilitasi jika ada kendala," tutur Boediono.

Menkes Endang Rahayu mengatakan, pihaknya tahun depan akan lebih meningkatkan pemberian beasiswa kepada dokter umum yang mau mengambil spesialis mata.

"Syaratnya, setelah lulus spesialis mata dia harus mau kembali ke tempat asalnya. Dan kita akan strukturkan agar bisa ditempatkan ke daerah dengan jangka waktu tertentu," paparnya. (A-78/A-89)**

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment