Advertising

Friday 1 June 2012

[wanita-muslimah] Tak Siap, KPK Tunda Laporan Century ke DPR

 

Ref: Nama "century" atau abad sudah menyatakan lamanya waktu, jadi kalau laporan penyelidikan Bank Century bisa memakan waktu satu abad lamanya.
 
 
 
 
Tak Siap, KPK Tunda Laporan Century ke DPR
JAKARTA

DPR akan menggelar rapat secara maraton.

Tim Pengawas Kasus Century Dewan Perwakilan Rakyat menunda rapat kerja bersama Komisi Pemberantasan Korupsi. Sedianya, rapat membahas perkembangan pengusutan kasus bailout Rp 6,7 triliun kepada Bank Century itu digelar kemarin, namun ditunda hingga 13 Juni 2012 karena KPK mengaku belum siap memberi pemaparan.

Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso mengatakan penundaan rapat tersebut didasari permintaan dari KPK dengan alasan adanya rapat internal di sana. "Saya terima surat permintaan dari KPK itu dua hari

lalu,"kata Priyo kemarin.

Priyo mengaku yakin penundaan itu bukan kesengajaan KPK untuk mengulur waktu pembahasan mengenai Century. Begitu pun mengenai adanya dugaan intervensi dari pihak luar dalam penundaan tersebut. Ia yakin KPK serius melanjutkan penelusuran. "Sepertinya ada tanda-tanda perkembangan.

Kita tunggu saja,"ujar Priyo.

Anggota Tim Pengawas dari Fraksi PDI Perjuangan, Hendrawan Supratikno, mengatakan rapat batal karena pimpinan KPK tidak lengkap."(Wakil Ketua KPK) Busyro Muqqodas tidak bisa datang,"ujar Hendrawan.

Menurut dia, KPK membatalkan rapat bukan karena pimpinan KPK tak lengkap,

melainkan lantaran KPK tidak siap memaparkan perkembangan hasil penyelidikannya. Hendrawan juga curiga KPK masih harus merevisi kronologi kasus Century yang dibuat pimpinan sebelumnya.

Pasalnya, kata dia, Ketua KPK Abraham Samad mengatakan ada temuan baru soal kasus Century. "Kalau ada temuan baru, maka template kronologis itu kan harus direvisi agar sesuai,"ujarnya.

Menurut Priyo, selain dengan KPK, Tim Pengawas mengagendakan rapat dengan Kepala Kepolisian RI, Jaksa Agung, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Menteri Keuangan, serta Gubernur Bank Indonesia. Pada 6 Juni, DPR memanggil Kapolri, kemudian KPK, lalu disu

sul Jaksa Agung dan yang lainnya."Tim Pengawas akan secara maraton memanggil institusi terkait untuk melaporkan perkembangan kasus Century,"kata Priyo.

Priyo mengatakan ada indikasi Tim Pengawas kesulitan menelusuri aset-aset eks Century, terutama aset-aset di Bahama, Swiss, Hong Kong, dan Singapura. Ada kemungkinan Tim Pengawas akan memonitor langsung perburuan aset tersebut.
"(Perburuan aset) Ini mengkhawatirkan,"katanya.

Juru bicara KPK, Johan Budi S.P., mengakui pihaknya yang meminta pembatalan rapat tersebut. Alasannya, KPK masih perlu waktu untuk mematangkan laporan perkembangan pengusutan kasus tersebut. Ia menolak jika dikatakan lima pimpinan KPK tidak kompak soal materi laporan ke DPR.

Johan mengatakan ada perkembangan baru dari pengusutan kasus dalam hasil gelar perkara Senin lalu. Ia menolak mengungkapkan perkembangan baru itu dengan alasan masih dirahasiakan pimpinan KPK."Progress itu yang akan kami akan sampaikan ke Tim Pengawas,"kata Johan.

Menurut Johan, hingga 13 Juni mendatang pihaknya belum memutuskan apakah akan ada gelar perkara lagi atau tidak.Dalam penyelidikan kasus ini KPK melibatkan 25 penyidik, yaitu 11 penyidik KPK, 5 auditor dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, 4 jaksa penuntut umum, dan 5 auditor non-BPKP .

ANGGA SUKMA | ISTMAN | RUSMAN P | SYAILENDRA

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment