Advertising

Saturday 25 June 2011

[wanita-muslimah] (OOT) The Untold Stories...

 

The Untold Stories

Saya yakin sudah banyak cerita tentang
kegagalan...kekalahan...dimana2...dan saya tak ingin membuat Anda
bosan untuk mendengarnya lagi.
Setiap hari di semua media yg tersedia (TV, Radio, Koran, Internet,
etc.) kisah2 itu terhampar menghiasi sebagian porsi beritanya.
Kadang kita jenuh dan bosan menerimanya. Seperti tak ada habis2nya dan
tak ada henti2nya...

Karena sebenarnya semua dari kita pasti pernah gagal...pernah kalah...
Dan setiap kegagalan ato kekalahan itu pasti
menyakitkan...memilukan...nelongso... Apapun bentuknya itu.
Besar kecil...Permanen ato sementara...
Bahkan kalo misalnya kita sering gagal dan kalah dalam menundukkan
"hawa nafsu" kita dan kemudian
terjerumus
melakukan maksiat...pasti ada rasa
"nyeri ato menyesal" setelahnya
kalo kita betul2 mau merasa.

Kita tidak bisa menafikan bahwa semua orang pernah gagal...semua orang
pernah
kalah...
Dimanapun...kapanpun...

Dari 2 kata itu, gagal & kalah, bisa muncul beribu2 lagu & puisi dan
beratus2 film...mulai dari dulu sampai sekarang.
Dan dari 2 kata itu bisa timbul segala perbuatan, tindakan dari yg
konyol sampai paling menyedihkan.
Kejadian2 di sekitar kita yg tragis, jahat bahkan hebat & amazing
banyak bermula dari 2 kata itu.

Ada beberapa cerita yg paling banyak di-quote tentang keberhasilan
setelah kegagalan ato kemenangan setelah kekalahan misalnya,
Abraham Lincoln dalam meraih kursi kepresidenan. Edison dengan
penemuan lampunya. Kolonel Sanders, pendiri KFC.
Bayi2 yg berusaha berjalan...jatuh bangun. Kata sebuah buku dan suatu
survei diperlukan 240 kegagalan, baru sang bayi sukses berjalan.
Atau Anda perhatikan saja anak2 Anda yg sedang belajar naek sepeda...
Apa yg terjadi ?

Dan yang jelas di setiap kegagalan ato kekalahan yg kita alami pasti
mempunyai
pengaruh terhadap diri kita selanjutnya.
Dibutuhkan "keberanian" dan mungkin "kerendahan dan kebesaran hati"
untuk mengakui dan menunjukkan kegagalan2 yg pernah kita alami.

Ada beberapa kegagalan & kekalahan yg mungkin masih diingat oleh
Bangsa Indonesia:
- Bangsa kita gagal menyelesaikan persoalan Lapindo secara fair & adil
bahkan sampai sekarang.
- Bangsa kita kehilangan 2 Pulau terluarnya yg memiliki kekayaan dan
kecantikan sbg salah satu tempat diving terbaik di dunia.
- Timnas kita kalah oleh Malaysia di final piala AFF. Ya, kekalahan yg
menyakitkan dg berbagai alasan.
- Bangsa kita gagal menyelamatkan seorang WNInya dari hukuman pancung
di Saudi Arabia.
- Dan masih banyak kegagalan dan kekalahan yg laen yang bisa Anda
tambahkan sendiri...

Berikut ijinkan saya ceritakan beberapa kegagalan dan kekalahan yg
terjadi dalam hidup saya.
Terutama kegagalan dan kekalahan yg hampir selalu
saya ingat.
Baik itu untuk melakukan introspeksi diri ato berusaha agar tidak
gagal untuk kedua kalinya dalam hal yg sama.

Pertama, ini pertama kalinya saya merasakan perasaaan gagal dan kalah
dalam hidup. Yang masih ada di memori saya.
Waktu SD dulu saya suka sekali berpartisipasi dalam lomba2 yg diadakan
di sekolah, lingkungan RT/RW, dll.
Pernah mengikuti lomba baca puisi dan mengarang sekota tempat saya dilahirkan.
Entah kenapa, waktu itu saya suka banget membaca puisi dan mengarang.
Kemudian saya "merasa" bahwa itulah bakat saya waktu kecil. Itulah
kelebihan saya, kata saya.
Hal itulah yg membuat saya menggebu2 waktu berlomba.
Dengan penuh keyakinan saya percaya minimal akan masuk 3 besar dari semua peserta.
Tapi hasil akhir membuyarkan rasa percaya diri saya. Nama saya tidak
tercantum di 3 besar.
Rasanya semua "hilang" begitu saja. Saya ingat, saya sampai merasa
terbebani dengan kegagalan tsb
selama beberapa waktu.
Dan hasilnya, sampai sekarang tidak ada prestasi apapun dalam kedua bidang tersebut.
Tidak ada piagam penghargaan dan tiada piala...

Kedua, sedari kecil ketika ditanya oleh guru2 saya dan temen2 sekitar saya.
Apa cita2 mu ? saya selalu jawab, jadi ABRI ato masuk AKABRI tepatnya.
Dan kedua orang tua saya gak ada yg keberatan dengan itu.
Dari kecil saya berusaha menjaga kondisi kesehatan saya. Saya ikut
beberapa olahraga bela diri semenjak SD-SMA.
Saya berusaha rawat gigi saya baek2. Alhamdulillaah sampai sekarang
saya jg belum perlu berkacamata.
Tapi saya mempunyai satu "penyakit" bawaan yg saya yakin akan
menggagalkan impian itu, yaitu wasir.
Berbagai cara pengobatan saya coba, tapi tetep tidak sembuh2.
Akhirnya waktu SMA kelas 3, saya beranikan diri untuk pergi ke dokter
di RSU untuk dioperasi.
Pengalaman yg mungkin tidak "berani" saya lakukan lagi...hehe
Karena apa, sakitnya
luar biasa setelah operasi, seperti "dikhitan" sekali lagi...:-)
Sampai lebih dari seminggu saya gak bisa kemana2 dan tergantung pada Ibu saya.
Singkat cerita, pengumuman pembukaan AKABRI tahun tersebut datang dan
dengan semangatnya saya siapkan semua dokumen yg diperlukan.
Tapi ada 1 syarat yg membuat saya kehilangan kesempatan tersebut.
Ternyata saya belum cukup umur dalam bulan itu untuk mendaftar sebagai Taruna.
Gagal-lah lagi satu impian kecil saya, karena saya tidak mencobanya di
tahun berikutnya dengan berbagai alasan.

Ketiga, menurut saya, saya orang yg gampang jatuh cinta ato merasa
kagum dg pasangan lain jenis.
Tapi kenyataannya, sangat sering sepertinya saya ditolak. Saya mulai
tertarik dengan cewek semenjak SMP.
Dan pertama kali saya "menembak" cewek itu, waktu SMP dengan sebuah
surat cinta. Tapi gagal karena tidak ada jawaban.
Kemudian seingat saya 2x kali saya suka cewek waktu SMA dan
sekali
waktu kuliah dan itupun tidak ada yg berhasil.
Akhirnya pacaran pertama saya terjadi ketika saya berumur 24 tahun dan
kandas beberapa tahun kemudian.
Saya sempat dinobatkan sebagai ketua PPKU (Perkumpulan Pemuda Kadit
Uyap) selama bertahun2 oleh kawan2 dekat saya...hehe

Keempat, saya bekerja hampir lebih dari 12 tahun di 9 perusahaan yg berbeda.
Mulai dari posisi dan gaji paling rendah sampai apa yg saya nikmati sekarang.
Bayangkan betapa oportunisnya saya...hehe..
Di beberapa perusahaan itu, saya memerlukan 2x kesempatan untuk
diterima di perusahaan yg saya lamar.
Seperti di perusahaan kedua. Saya gagal waktu interview dengan HRDnya
karena persoalan bahasa Inggris.
Ketika dia bertanya: "Please tell me about your self", saya gagap dan tersingkir.
Sekitar 6 bulan kemudian untuk kedua kalinya perusahaan itu melakukan
recruitment di kampus dan saya ikut lagi.
Di perusahaan ketiga, saya gagal waktu
interview dg user dari
Malaysia. Padahal saya merasa pertanyaan2 dia soal technical bisa terjawab semua.
Mungkin karena saya berambut gondrong sebahu waktu itu...pikir saya cari2 alasan soal kegagalan itu...hehe
Beberapa bulan kemudian mereka datang untuk recruitment lagi dan
saya
beruntung di-interview oleh seorang user yg
laen.
Ketika pulang dari Malaysia yg pertama saya sempat menganggur beberapa
bulan sebelum akhirnya diterima kerja lagi.
Bahkan sampai sekarang, sangat sering saya mengalami "ditolak" dari
perusahaan yg saya idam2kan.

Terakhir, Alhamdulillah project kali ini saya dapat tanpa melalui waktu menganggur...hehe
Tapi saya
sempat bimbang dan ragu untuk berangkat. Selain soal lokasi
dan beberapa poin kontrak yg kurang jelas diawal,
ada beberapa hal laen yg membuat saya sempat menimbang2. Di satu sisi
ada juga tantangan dan kebutuhan baru yang
akhirnya memutuskan saya untuk pergi dan
bergabung dg mereka.
Dan tantangan tersebut langsung terasa di hari pertama saya sampai di India.
Semua itu terlewati berbulan2 sampai minggu2 terakhir kemaren, ketika
saya merasa bahwa sepertinya saya gagal di project ato perusahaan ini.
Saya gagal bukan karena saya tidak perform tapi karena begitu parahnya
"politik" di perusahaan ini.
Tekanan tersebut sampai membuat saya "menyerah" dan memutuskan bahwa
ini bukan tempat yg tepat buat saya.
Ketidak-konsistenan management dalam memberi arahan dan mengambil keputusan.
Mungkin begitulah kalo sebuah perusahaan dipimpin oleh 3 owner yg
berbeda dan sama2 berkuasa.
Saya gagal...saya kalah dan saya mungkin harus segera pergi dari sini.

Itu semua ialah sedikit dari sekian banyak kegagalan2 dan kekalahan2
yg saya alami dalam hidup saya.
Mohon maaf kalo seperti curhat rasanya... Karena itu semua pengalaman pribadi.

Kata orang kegagalan adalah jalan menuju
kemenangan dan yang pasti
kegagalan bukan akhir sebuah perjalanan.
Pengalaman dari suatu kegagalan ato kekalahan adalah suatu yg sangat berharga.
Dan kegagalan itu adalah kesuksesan bila kita belajar dari kegagalan tersebut.
Juga yang pasti kegagalan menciptakan pilihan-pilihan baru di hari berikutnya.

Mungkin cerita ini sangat gak penting buat Anda...karena ini adalah
cerita kegagalan...bukan cerita keberhasilan  ato kemenangan...
Tapi setidaknya saya cuman ingin berbagi...bahwa ada banyak orang
dibelahan dunia sana yg mungkin lebih gagal ato lebih kalah dari kita semua.
Banyak sodara2 kita yg kurang beruntung yang lebih menderita dan
mempunyai masalah yg lebih berat dari kita.
Yang pasti dari semua cerita itu, Alhamdulillaah sampai saat ini saya
masih survive, bertahan dan berusaha terus berjuang dan bangkit kembali.
Bagi saya kegagalan ato kekalahan dan keberhasilan ato kemenangan
hanyalah sebuah
"piala bergilir" yang datang dan pergi...singgah dan beranjak...
menyapa kehidupan saya sedari kecil sampai akhir...

Sebagai bonus ijinkan saya cuplik 1 puisi yg membuat saya terinspirasi
sejak membacanya (saya tahu puisi ini mungkin dari SMA, dari kebiasaan saya
yg suka baca novel Indonesia). Puisi ini salah satu yg membuat saya
"tegar" sampai sekarang apapun yg terjadi pada diri saya.

menggeliatlah! menarilah!
sampai basah tubuh oleh peluh
biar saja senjakala jatuh
dan malam menyergapkan kelam
tak perlu menyumpah menyerapah
atau termangu atau tersedu pilu
menggeliatlah! menarilah!
seperti burung malam yang tak lelah
menyeru bulan. tak lelah-lelah!
(Toto ST Radik - Balada si Roy - Train 2)

Satu lagi "tombo" saya kalo sedang "gelisah, sedih, gundah kelana,
suntuk, dll", yaitu "ndremengan" yg diajarkan salah satu "guru" saya:
"Hanya kepadaMu
kuadukan segala
beban, duka derita dan kesunyian hidupku...." - versi bhs Indonesia.

Mari saling mendoakan.

Salam dari "negeri selimut debu",
~ilham ab

p.s.:
Katanya:
Orang yang hebat bukanlah mereka yang tak pernah jatuh dan gagal,
tapi orang yang setiap jatuh dan gagal, ia bangkit dan berjuang lagi. (Si Roy)

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment