Advertising

Sunday 30 October 2011

[wanita-muslimah] 111028 Pemerintah yang rabbani

 

111028

Pemerintah yang Rabbani.

Bismi l-lahi r-rahmani r-rahiem.

"ALIF LAM RA'. INI ADALAH KITAB YANG KAMI TURUNKAN KEPADAMU SUPAYA KAMU MENGELUARKAN MANUSIA DARI GELAP GULITA KEPADA CAHAYA TERANG BENDERANG DENGAN IZIN TUHAN YANG MAHA KUASA LAGI MAHA TERPUJI." (Surah Ibrahim [14] ayat 1)

Ayat pertama surat Ibrahim [14] menunjukkan kepada kita pada manfaat utama al-Qur'an diturunkan, yaitu sebagai pedoman untuk selamat dalam kehidupan di dunia ini, untuk sukses mencapai puncak kehidupan di akhirat nanti, yaitu kehidupan di surga. Untuk itu Allah juga menunjukkan ketentuan tambahannya: "DENGAN IZIN TUHAN YANG MAHA KUASA LAGI MAHA TERPUJI", yang berarti jika kita ingin sukses dunia-akhirat itu maka kita perlu lebih mendekatkan diri kepada Allah, antara lain dengan memahami sifat-sifat Allah dan menghayatinya. Salah satu sifat yang ditunjukkan oleh Allah adalah yang termaktub dalam ayat berikutnya:

Di ayat berikutnya Allah menyatakan kekuasaanNya dengan menyebut:

"DIALAH ALLAH YANG MEMILIKI SEGALA APA YANG ADA DI LANGIT DAN DI BUMI.." (Surah Ibrahim [14] ayat 2)

Lebih dari 15 ayat yang menyatakan pengertian seperti itu. Namun yang dapat kita jumpai juga adalah jauh lebih banyak ayat-ayat yang menunjukkan sifat kasih sayangnya, sehingga dapat kita simpulkan bahwa kekuasaan Allah itu bukan untuk berbuat semena-mena, tetapi dengan adanya sifat-sifat yang lainnya lagi justru memberi kesempatan kepada manusia untuk memilih apa yang akan dilakukannya dengan segala akibat tanggung jawabnya.

"....DAN CELAKALAH BAGI ORANG-ORANG KAFIR, KARENA (AKAN MENDAPAT) SIKSAAN YANG SANGAT PEDIH". (Surah Ibrahim [14] ayat 2)

Dalam menafsirkan pangkal ayat 2 itu, Ahmad Mushthafa al-Maraghi dalam kitab tafsirnya menggambarkannya sebagai berikut.

<Dialah Allah yang menguasai segala apa yang ada di langit dan di bumi, baik dalam hal penciptaan, pengubahan, maupun pengaturan. Kalimat itu menunjuk kepada keagungan Sang Pencipta alam, Yang Maha Esa dalam keagungan dan kekuasaanNya, kalimat yang banyak diulang di dalam surat-surat al-Qur'an. Hal ini menunjukkan bahwa di antara maksud terpenting agama ini ialah agar di dalam kaum muslimin terdapat pemerintah dengan pejabat yang Rabbani (berusaha mencontoh sifat-sifat Rabb), yang berusaha memahami dan menemukan hakikat serta rahasia alam ini; mereka mengeluarkan apa yang ada di dalam perut bumi dan memanfaatkan apa yang ada di atasnya itu untuk kepentingan manusia. Para pejabat itu juga merenungkan keindahan buatan Allah yang ada di langit dan di bumi, di samping untuk kebaikan umum yang disajikan kepada kita juga untuk dimanfaatkan oleh manusia serta hewan untuk makan, minum, tempat tinggal, dan segala kebutuhannya yang lain.

Di dalam surat Yusuf [12] terdapat firman Allah yang mencemooh orang-orang yang lengah, dan sebaliknyalah akan mendorong semangat orang-orang yang mau mencari tanda-tanda kekuasaanNya, yaitu:

"DAN BANYAK SEKALI TANDA-TANDA (KEKUASAAN ALLAH) DI LANGIT DAN DI BUMI YANG MEREKA MELALUINYA (yang mereka pasti tahu adanya), SEDANG MEREKA BERPALING DARI PADANYA. (Surah Yusuf [12] ayat 105)

Sayang, meski setiap pagi dan sore hari ayat ini banyak diperdengarkan kepada orang-orang Muslim, namun kita melihat banyak di antara mereka yang merasa cukup dengan membaca dan mangimaninya saja, tanpa berusaha mengkaji dan memahami intisari, maksud dan tujuan ayat itu. Seandainya anggapan yang demikian itu telah cukup, tentu mengingat roti di kala lapar akan cukup memberikan kekenyangan, dan melihat air akan cukup untuk menghilangkan dahaga!>

Semoga kita tergerak untuk lebih maju dalam "membaca" al-Qur'an.
Wa l-Lahu a'lamu bi sh-shawwab

SAW. = shalla 'l-Lahu 'alaihi wa sallam (Semoga shalawat Allah dan salamNya terlimpahkan pada Rasulullah Muhammad).

SWT. = subhanahu wa ta-'ala (Yang Maha Suci lagi Maha Tinggi kedudukanNya).

*** Kutipan ayat-ayat diperoleh dari penelusuran menggunakan software sederhana: "Indeks Terjemah Qur'an".

========================================

Assalamu 'alaikum wr. wb.

Semoga sedikit uraian di atas bermanfaat.

Sebarkanlah pelita hikmah ini dengan forward langsung ataupun dengan mengajak bergabung di URL http://groups.yahoo.com/group/pelita-hikmah.
Jika Anda punya ataupun ingin kajian masalah tertentu untuk pegangan hidup silakan hubungi saya.

Wassalam,
dr. H.R.M. Tauhid-al-Amien, MSc., DipHPEd., AIF.
e-mail: tauhidhw@gmail.com

Jalan Kendangsari Lebar 48 Surabaya INDONESIA 60292

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment