Advertising

Wednesday 29 September 2010

[wanita-muslimah] Tarakan Rusuh Lagi

 

http://www.sapos.co.id/index.php/berita/detail/Rubrik/9/7018

Rabu, 29 September 2010

Tarakan Rusuh Lagi
Ada Aksi Pembakaran, Terdengar Letusan Senjata Api

TARAKAN. Pasca kerusuhan Senin (27/9) lalu, sebenarnya, Kota Tarakan relatif kondusif pada Selasa (28/9) pagi hingga petang kemarin. Namun kondisi tersebut mendadak berubah malam tadi. Tarakan kembali mencekam. Bahkan dilaporkan, asap hitam membumbung tinggi dari arah pusat kota. Tak cuma itu, terdengar letusan senjata api beberapa kali.

Dari informasi yang diperoleh, kembali terjadi pembakaran. Namun belum jelas, apakah rumah warga yang dibakar atau lainnya. Bahkan konsentrasi massa terlihat di pusat kota. Banyak diantara mereka yang membawa senjata tajam. Sejumlah warga yang tinggal di kawasan rawan konflik, memilih mengungsi ke tempat yang lebih aman. Misalnya ke rumah sanak keluarga hingga ke masjid.

BAGAI KOTA MATI
Memang, pasa Selasa pagi hingga petang, kondisi Tarakan lebih baik. Namun Aktivitas warga lumpuh. Toko-toko, pusat belanja tutup, sekolah pun diliburkan. Praktis jalanan Tarakan lengang.
Polisi dan aparat keamanan lainnya siaga dan berjaga-jaga di setiap sudut kota. Sempat beredar isu warga akan melakukan sweeping. Juga sempat beredar ada lagi rumah yang dibakar. Walikota Tarakan H Udin Hianggio kembali mengatakan, pemerintah kota bersama aparat keamanan terkait tidak akan diam begitu saja dengan kondisi keamanan. Diakuinya, sejak kemarin pihak kepolisian sudah melakukan upaya preventif dengan melakukan penyitaan terhadap senjata tajam yang digunakan warga tidak pada tempatnya.

"Saya terus berupaya mendekati kelompok-kelompok masyarakat untuk memberikan rasa keamanan di Tarakan. Intinya, kami meminta agar semua bisa menahan diri," katanya. Ditemui terpisah, Kapolres Tarakan AKBP Dharu Siswanto membenarkan jika sejak kemarin pihaknya dan Brimob Polda Kaltim melakukan langkah preventif dengan melakukan penyitaan sajam. Itu dilakukan dengan tujuan jangan sampai salah satu kelompok masyarakat melakukan sweeping secara sepihak di jalan-jalan.Jika ditemukan, maka Kapolres berjanji sajam langsung disita. Untuk mendapati sajam ini, polisi rutin melakukan patroli di jalan-jalan dan lokasi-lokasi yang dianggap rawan.

"Supaya suasana yang sudah kondusif itu jangan diperkeruh dengan hal-hal yang demikian," kata Dharu.
Dirinya juga menghimbau kepada seluruh warga di Tarakan agar jangan terpengaruh dengan isu-isu yang tidak bertanggungjawab yang banyak beredar saat ini. Meski terus melakukan penyitaan, Polres Tarakan belum dapat memastikan sudah berapa banyak sajam yang diamankan. "Jumlah persisnya memang belum ada. Untuk itu kami juga mengimbau supaya warga tidak membawa sajam tidak pada tempatnya," ujarnya.
Dikatakan Kapolres, saat ini memang ada beberapa titik lokasi yang rawan dan berpotensi konflik. Seperti di Kelurahan Mamburungan, Juata Permai, Pasar Beringin dan wilayah kota.
Untuk memperkuat petugas keamanan di Tarakan, saat ini Polres Tarakan sudah dibantu dengan adanya penambahan personel baik dari Polres Bulungan, Polres Nunukan, Brimob Malinau dan beberapa personel dari Polda Kaltim.

Meski begitu, Kapolres enggan menyebutkan berapa jumlah polisi yang disiagakan.
Apakah polisi bisa memastikan Tarakan aman? "Yah, mudah-mudahanlah. Kita berharap saja," jawabnya.
Kepada warga, dirinya berpesan untuk tidak terlalu mudah mempercayai isu yang beredar cepat di masyarakat, baik yang didengar maupun yang melalui SMS. "Besar harapan kami, masyarakat bisa mencermati kondisi keamanan," ujarnya.

Terkait pelaku pembunuhan, Kapolres mengaku sudah menahan beberapa orang dan sedang dilakukan klarifikasi. "Mudah-mudahan bisa segera kita ungkap. Karena masih mengklarifikasi, ada harapan dari kita berbagai elemen memberikan informasi dan secepatnya kita akan tuntaskan kasus ini dan menemukan seluruh pelaku," pungkasnya.

Kemarin, di beberapa titik masih terlihat konsentrasi massa. Siang, warga juga sempat mendatangi Polres Tarakan. Ada isu, 3 pelaku pembunuhan warga Juata ditahan di Polres. "Mereka mau melihat tersangka," kata seorang warga. (dtc/tim/kpnn)


[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
MARKETPLACE

Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.


Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment