Advertising

Friday 30 September 2011

[wanita-muslimah] Saya Tidak Peduli Alquran itu Palsu

 

http://forum.tempointeraktif.com/node/1332

Saya Tidak Peduli Alquran itu Palsu
Erianto Anas:
28 Sep | 23:25

Sejauh yang saya dengar dari banyak kotbah, diskusi, dan berbagai sumber wacana Alquran, umat Islam selalu mabuk kebanggaan akan keaslian Alquran. Mereka sibuk mengumpulkan bukti-bukti tertulis, klaim-klaim dan temuan-temuan ilmiah modern untuk mendukung klaim bahwa Alquran adalahkalam Tuhan yang asli. Tidak seperti kitab Injil yang ditulis oleh manusia pengikut Yesus setelah sekian Abad Yesus meninggal (baca: Kelemahan Mendasar Alquran Dibanding Injil) Tapi disisi lain, para pengamat, apresiator dan pengkritik Alquran, terutama kaum Orientalis, tidak sedikit gugatan mereka terhadap Alquran. Mulai dari yang menyatakan bahwa Alquran hanya rekaman budaya primitif masyarakat Arab, modifikasi dari kitab Injil, dan sampai dengan bahwasemua itu hanya ayat-ayat setan yang penuh dengan kebencian (baca: Alquran itu adalah Kitab Setan atau Alquran bukan untuk Orang yang Berpikir)

Lalu bagaimana sikap saya?

Apakah saya terusik dengan gonjang-ganjing seputar wacana otentifikasi Alquran?

Dulu, memang saya termasuk orang yang ikut merasa bangga akan klaim bahwa Alquran benar-benar asli dari Tuhan. Dan saya merasa bangga dalam berhadapan dengan umat agama lain, terutama umat Kristen, bahwa saya sedang memeluk agama yang sudah dijamin benar. Tidak kafir sepertin pengikut agama Kristen. Sehingga memegang Alquran saja, saya serasa menyentuh sebuah kitab ajaib yang penuh kharisma. Sakral dan misits.

Tapi sekarang, saya sudah tidak peduli.

Bahkan saya sudah malas untuk ikut berteriak lantang bahwa Alquran adalah satu-satunya kitab suci yang masih otentik dan asli sebagai kalam Tuhan, suci dari campur tangan manusia. Kenapa?
Karena secara kajian sejarah, semua klaim itu hanya omong kosong murahan. Karena untuk membuktikan originalitas sebuah dokumen sejarah, tidak bisa diteriakkan dengan slogan dan keyakinan buta. Tapi adalah dengan metodologi sejarah. Dan setelah saya baca beberapa buku sejarah Alquran, ternyata riwayat Alquran tidak segamblang imajinasi lugu saya semula. Ternyata persoalannya sangat kompleks.

Saya sudah muak dengan ayat-ayat yang bagi saya tergolong primitif dalam Alquran. Misalnya cerita-cerita tentang surga yang sangat placeboistis. Cerita-cerita yang terdengar bak dongeng untuk membujuk anak-anak. Tentang bidari surga, kereta kencana surga, buah-buahan, air sungai yang mengalir, dan seterusnya. Tentang nilai laki-laki yang begitu dipuja sebagai sosok utama dalam relasi gender. Sehingga secara metaforis digambarkan bahwa wanita adalah sawah ladangnya laki-laki. Dan seterusnya.

Sikap terakhir saya terhadap Alquran, setidaknya saat saya luncurkan tulisan ini, saya tidak pernah lagi memikirkan soal apakah Alquran itu masih asli dari Muhammad, atau otentik sebagai kalam Tuhan. Bagi saya, yang terpenting adalah hikmah dan inspirasi yang terkandung dalam Alquran. Bahkan pada semua kitab suci. Sepanjang sebuah teks, sebuah aforisme, sebuah ujaran, memberi inspirasi dan pencerahan hidup, maka itulah ALQURAN SEJATI bagi saya. Dari mana pun datangnya. Meski itu bukan dari kitab suci. Karena yang paling utama bagi saya adalah, kontribusi kongkrit sebuah pandangan dan ajaran hidup dalam kehidupan nyata. Bukan pada keaslian dan kemegahannya dalam sejar

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment