Advertising

Monday 30 May 2011

[wanita-muslimah] 110601 Menghadapi kaum munafiq.

 

110601

Menghadapi kaum munafiq.

Bismi l-lahi r-rahmani r-rahiem.

"HAI NABI, BERJIHADLAH (MELAWAN) ORANG-ORANG KAFIR DAN ORANG-ORANG MUNAFIK ITU DAN BERSIKAP KERASLAH TERHADAP MEREKA. TEMPAT MEREKA IALAH NERAKA JAHANNAM. DAN ITULAH TEMPAT KEMBALI YANG SEBURUK-BURUKNYA." (QS 9: 73)

"DI ANTARA ORANG-ORANG ARAB BADUI YANG DI SEKELILINGMU ITU, ADA ORANG-ORANG MUNAFIK; DAN (JUGA) DI ANTARA PENDUDUK MADINAH. MEREKA KETERLALUAN DALAM KEMUNAFIKANNYA. KAMU (MUHAMMAD) TIDAK MENGETAHUI MEREKA, (TETAPI) KAMILAH YANG MENGETAHUI MEREKA. NANTI MEREKA AKAN KAMI SIKSA DUA KALI KEMUDIAN MEREKA AKAN DIKEMBALIKAN KEPADA AZAB YANG BESAR. (QS 9:101)

Adalah hal yang "wajar" jika di masa sekarang ini cukup banyak permasalahan yang muncul, yang dilakukan oleh "orang Islam" yang menjadikan munculnya citra buruk bagi ummat Islam secara umum. Hal itu harus kita fahami sebagai kenyataan yang juga tantangan, sebab yang kita anggap sebagai "orang Islam" itu kemungkinan besar hanyalah kaum munafiq saja, yang kita tidak dapat "berbuat banyak" karena tidak mudah mengenali mereka. Orang yang kita lihat bermasalah itu adalah juga orang-orang yang tampak melakukan shalat, maupun berpuasa, berderma, bahkan juga pergi berhajji yang mungkin bukan hanya sekali (dengan "kemudahan" ONH Plus, karena punya banyak uang meski tak jelas halal ataukah haram, yang kita tak tahu dari mana sumbernya). Kita dapat membayangkan bahwa di dalam zaman Rasulullah Muhammad SaW saja sudah banyak orang yang keterlaluan dalam kemunafikannya, padahal Rasul pasti tahu dari wahyu Ilahi, siapa-siapa mereka itu.

Allah akan menyiksa kaum munaafiq itu di dunia ini dua kali. Yang pertama adalah bahwa Allah akan menimpakan musibah-musibah yang langsung ditimpakan atas mereka di samping bahwa mereka akan selalu dirundung oleh kekhawatiran akan terbongkarnya kedok mereka. Yang ke dua adalah bahwa mereka akan ditimpa kepedihan di saat-saat kematian mereka maupun siksa yang dilakukan oleh malaikat-malaikat di dalam kubur mereka. Padahal sesudah itu mereka ini nantinya akan ditempatkan di neraka jahannam yang penuh penderitaan sebagai tempat buruk bagi kembalinya.

Walaupun kita yakin akan janji Allah bahwa kaum munafiq itu akan mendapat siksa dua kali di dunia di samping balasan kehidupan di nereka nantinya, namun kita masih perlu untuk memperkuat diri agar menggentarkan hati mereka juga, sebagaimana Allah perintahkan:

"DAN BERSIAPLAH UNTUK MENGHADAPI MEREKA KEKUATAN APA SAJA YANG KAMU MAMPU DAN DARI KUDA YANG TERTAMBAT SIAP UNTUK BERPERANG (YANG DENGAN PERSIAPAN ITU) KAMU MENGGENTARKAN MUSUH ALLAH, MUSUHMU DAN ORANG-ORANG SELAIN MEREKA (YAITU KAUM MINAFIQ) YANG KAMU TIDAK MENGETAHUINYA; SEDANG ALLAH MENGETAHUINYA...." (QS 8: 60)

Gambaran di atas secara menyeluruh mengingatkan kita sekalian bahwa keberadaan kaum munafik itu memang tidak mudah kita hadapi karena secara lahiriyah mereka itu sama dengan kita, namun Allah SwT tetap saja tahu apa yang ada di dalam hati mereka itu. Semoga sajalah mereka itu masih dapat menangkap petunjuk-petunjuk Allah, dan segera menyadari hakikat dirinya lalu bertaubat sebelum terlambat keburu mati; Allah Maha Pemaaf atas mereka yang bertaubat.

Wa l-Lahu a'lamu bi sh-shawwab

========================================
SwT. = subhanahu wa ta-'ala (Yang Maha Suci lagi Maha Tinggi kedudukanNya).
SaW. = shalla 'l-Lahu 'alaihi wa sallam (Semoga shalawat Allah dan salamNya terlimpahkan pada Rasulullah Muhammad).

*** Kutipan ayat-ayat diperoleh dari penelusuran menggunakan software sederhana: "Indeks Terjemah Qur'an" (2,5 MB).

========================================

Assalamu 'alaikum wr. wb.

Semoga sedikit uraian di atas bermanfaat.

Sebarkanlah pelita hikmah ini dengan forward langsung ataupun dengan mengajak bergabung di URL http://groups.yahoo.com/group/pelita-hikmah.
Jika Anda punya ataupun ingin kajian masalah tertentu untuk pegangan hidup silakan hubungi saya.

Wassalam,
dr. H.R.M. Tauhid-al-Amien, MSc., DipHPEd., AIF.
e-mail: tauhidhw@gmail.com

Jalan Kendangsari Lebar 48 Surabaya INDONESIA 60292

=====================
Dana aktivita/dakwah? Bergabunglah dalam http://www.asiakita.com/Pandu-HW
Untuk yang serius berbisnis, kunjungi http://www.esyariah.com/?id=tauhidhw.

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment