Advertising

Sunday 29 May 2011

[wanita-muslimah] Menakertrans Sambut Hasil Pertemuan SOM RI-Arab Saudi

 

Ref. Insyaalloh masyarakat Arab Saudia tidak lagi menganggap tenaga buruh dari NKRI sebagai "bagar dan "hamal" dan mereka diperlakukan manusiawi.

http://www.pikiran-rakyat.com/node/146775

Mengurangi Tingkat Risiko
Menakertrans Sambut Hasil Pertemuan SOM RI-Arab Saudi

Minggu, 29/05/2011 - 08:45
JAKARTA, (PRLM).- Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar menyambut gembira hasil pertemuan tingkat pejabat tinggi (Senior Officer Meeting/SOM) pemerintah Indonesia dan Arab Saudi yang yang berlangsung di Wisma Tamu Kerajaan Arab Saudi, Jeddah.

"Pertemuan membuahkan hal penting bagi kedua pihak, yakni kesepakatan pembahasan Nota Kepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) terkait penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi, yang akan ditandatangani dalam enam bulan mendatang," kata muhaimin di Jakarta, Minggu (29/5).

Adanya kesepakatan pembahasan MoU dituangkan melalui penandatanganan bersama Statement of Intent -sejenis Letter of Intent (pernyataan kehendak bersama) -oleh Ketua Delegasi pemerintah RI, Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh Jumhur Hidayat dan Ketua Delegasi Arab Saudi, Menteri Tenaga Kerja Arab Saudi, Adel Mohammad Fakieh.

"Saya menyambut gembira hasil pertemuan SOM RI-Arab Saudi tadi. Ini langkah maju bagi kedua negara dalam upaya pembenahan penempatan dan perlindungan TKI di Arab Saudi," kata Muhaimin.

Dia mengatakan, pihaknya mendapat laporan dari Kepala BNP2TKI Moh. Jumhur Hidayat selaku pimpinan Delegasi RI dan Plt. Dirjen Binapenta Reyna Usman seusai pertemuan SOM RI- Arab Saudi.

"Berdasarkan laporan itu, pertemuan berjalan lancar. Berbagai permasalahan TKI di Arab Saudi akan sama-sama diperbaiki guna mengurangi tingkat risiko maupun jumlah permasalahannya. Sehingga pembenahan pelayanan TKI yang bermartabat dapat dicapai khususnya oleh kedua negara," katanya.

Dijelaskan, payung pembenahan atau perbaikan itu akan diwujudkan dalam kesepakatan dengan adanya MoU yang diselesaikan untuk ditandatangani pemerintah Indonesia dan Arab Saudi selambat-lambatnya enam bulan ke depan.

"Nantinya, selama masa waktu enam bulan itu masing-masing pihak akan membentuk tim kerja persiapan MoU, untuk kemudian membentuk pula Joint Working Group (tim kerja gabungan) mewakili kedua negara dengan tugas mendetilkan poin-poin yang perlu dimasukkan ke dalam naskah MoU," kata Muhaimin.

Sebagai bukti komitmen kedua negara, tambah Muhaimin, kedua pimpinan delegasi menandatangani Statement of Intent -sejenis Letter of Intent (pernyataan kehendak bersama)untuk membahas MoU Penempatan dan perlindungan TKI di Arab Saudi. (A-78/A-147)***

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscribe@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelismuda@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.
MARKETPLACE

Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

0 comments:

Post a Comment